Home News Mercedes-Benz Siap Produksi Peralatan Medis Bantu Penanggulangan Pandemi Covid-19

Mercedes-Benz Siap Produksi Peralatan Medis Bantu Penanggulangan Pandemi Covid-19

3 min read

Tidak hanya piawai menggarap model kendaraan, mesin printer 3D milik Mercedes-Benz juga mampu merancang berbagai alat kesehatan yang dibutuhkan untuk penanggulangan pandemi COVID-19. Alat tersebut siap digunakan untuk ikut memerangi mewabahnya virus ini.

Drive and Hype – Pandemi COVID-19 telah mempengaruhi kehidupan semua kalangan masyarakat. Di saat seperti ini, Mercedes-Benz siap untuk menjalankan tanggung jawab sosialnya dengan memberikan dukungannya terhadap produksi peralatan medis. Mercedes-Benz akan menawarkan bantuan berupa alat cetak tiga dimensi atau 3D, di mana komponen alat kesehatan yang dibutuhkan dapat diproduksi di tengah pandemi global COVID-19. 

“Dengan tim kami yang sangat kompeten dan pengalaman bertahun-tahun dalam teknologi pencetakan 3D, kami siap memberikan kontribusi untuk memproduksi perangkat medis,” ujar Jörg Burzer, anggota Dewan Manajemen Mercedes-Benz AG, Production and Supply Chain.

Menurut Burzer, untuk tujuan ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah negara bagian Baden-Württemberg. “Keahlian dan pengetahuan khusus kami siap dan tersedia untuk produksi. Sekarang terserah sektor teknologi medis untuk menghubungi kami. Alat cetak 3D kami selalu siap pasti tersedia,” lanjut Burzer.

Mercedes-Benz telah mengumpulkan pengalaman dalam penelitian dan penerapan manufaktur untuk komponen dummy atau barang contoh dari aslinya selama sekitar 30 tahun. Di sektor mobil penumpang, pencetakan 3D yang hasilnya berupa dummy, biasanya digunakan dalam konstruksi prototipe dan produksi komponen kecil. 

Dalam pembuatan dummy, komponen yang dikembangkan secara digital dibangun lapis demi lapis dalam sebuah alat cetak. Bahan baku yang digunakan termasuk serbuk plastik, logam, atau resin yang disatukan oleh satu atau lebih sinar laser. Setelah lapisan selesai, lapisan baru diterapkan secara otomatis dan proses pemadatan dimulai lagi. Proses ini diulangi hingga komponen tiga dimensi menjadi sebuah bentuk barang yang diinginkan.

Mercedes-Benz sudah menggunakan mesin cetak 3D untuk memproduksi hingga 150.000 komponen plastik dan logam setiap tahun. Kapasitas ini sekarang dapat sepenuhnya digunakan untuk keperluan medis. Semua proses pencetakan 3D umum dapat digunakan – mulai dari stereolithography (SLA), Selective Laser Sintering (SLS) dan Fused Deposition Modeling (FDM) hingga Selective Laser Melting (SLM).

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *