Home News Mesin Turbo, Fitur Komplit, Harga Kompetitif: Tiga Jurus Wuling Cortez CT Type S Singgung Pasar LMPV

Mesin Turbo, Fitur Komplit, Harga Kompetitif: Tiga Jurus Wuling Cortez CT Type S Singgung Pasar LMPV

8 min read

Harga kompetitif, fitur canggih dan komplit, serta kepraktisan yang ditawarkan varian terbawah Wuling Cortez CT Type S ini menyinggung eksistensi kendaraan di segmen LMPV. Bisa dibandingkan per sektor untuk bisa memilih yang terbaik.  

Drive and Hype – Wuling Motors kembali melengkapi jajaran produk Cortez CT dengan menghadirkan Type S yang diluncurkan pada pertengahan Juli 2020. Sebelumnya, lini produk Cortez CT diisi oleh varian tipe C dan Luxury (L) pada April 2019. Cortez CT Tipe S ini memposisikan diri sebagai varian termurah di segmen Medium MPV, hingga harganya menyentuh di kategori Low-MPV yang diisi Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan lainnya.

Layaknya mobil dengan varian terendah untuk mengejar harga lebih murah, biasanya akan minim fitur. Pasalnya, agar bisa memangkas optimal biaya produksi sehingga harga jualnya tetap kompetitif. Harga Cortez Type S yang dibanderol mirip dengan harga kendaraan LMPV, tentunya bisa menggoyang narasi dan keinginan konsumen yang ingin membeli LMPV.

Terlebih lagi, kendati dijual dengan harga setara LMPV, namun bukan berarti Cortez CT Tipe S ini jadi ikutan minim fitur. Pemangkasan seperti peranti AC tanpa double-blower, power steering, power window dan fitur lainnya yang mudah ditemui pada varian terendah, justru tidak ditemukan pada Cortez Tipe S ini. Malah sebaliknya, banyak mengusung fitur modern.

Sebagai varian terbawah Wuling Cortez, tentunya pemangkasan beberapa fitur guna mengejar harga jual lebih murah. “Namun langkah pengurangan fitur ini tidak berimplikasi atau berpengaruh ke faktor keselamatan dan kenyamanan. Pengurangan fitur ini lebih ke aspek aksesori dan tampilan saja,” papar Danang Wiratmoko, Product Planning PT SGMW Wuling Indonesia saat ‘On-Site Media Preview Wuling Cortez CT Type S’ di Jakarta pada Rabu (22/7/2020).

Dengan rentang harga yang kompetitif, yakni dijual mulai Rp 209 juta, Wuling Cortez CT tipe S ini dihadirkan dalam dua pilihan transmisi manual dan CVT yang harganya mencapai Rp 233 juta. Seperti diketahui, di rentang harga ini, Cortez Tipe S bisa berjumpa dengan rajanya LMPV Jepang seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Mitsubishi Xpander. 

Selain harganya bersaing, dari sisi fitur, Wuling Cortez CT tipe S ini punya fitur andalan yang bisa menjawab kedigdayaan para LMPV Jepang ini. Seperti fitur Start-Stop Button yang masih ada di varian Cortez CT S CVT. Juga tombol audio di setir dan Keyless Entry. Sepintas Cortez CT S ini bukan seperti mobil tipe terendah. 

Berbagai fitur modern lain juga disematkan Wuling Motors ke varian Cortez CT S CVT. Sebagai mobil keluarga, Cortez CT S CVT ini juga dilengkapi layar hiburan touchscreen 8 inci yang bisa memutar berbagai format audio dan video. Plus, head unit ini tersambung ke kamera belakang yang membantu saat parkir.

Untuk piranti keselamatan, sudah dibekali dua airbag dan emergency stop signal serta ISOFIX di baris kedua. Adapun fitur Electronic Stability Control (ESC) yang hadir di varian C dan L, ditiadakan pada Cortez CT S CVT. Namun, fitur ini juga tidak ada di mobil LMPV apalagi di varian paling bawah.

Untuk fitur keselamatan, Tipe S ini tidak dilengkapi ECS (Electronic Control System) dan TCS (Traction Control System) seperti tipe C dan L. Namun fitur rem cakram di keempat rodanya dipertahankan termasuk fitur pengaturan ABS dan EBD. Fitur ini biasanya ditemui pada LMPV varian menengah dan tertinggi. 

Untuk eksterior, pada tipe terbawah biasanya velg berubah menjadi velg standar kaleng, pada Cortes CT-S ini tetap mengusung velg alloy 16 inci, namun berbeda motif dengan varian di atasnya. Menurut Danang, beberapa perbedaan dengan varian di atasnya, salah satunya hilangnya fitur ESC dan juga Traction Control System (TCS).

“Harga fitur ini cukup mahal dan sengaja ditiadakan pada versi Cortez CT tipe S. Namun fitur keamanan lainnya tetap ada guna menjamin keselamatan. Pemangkasan biaya produksi ini guna menekan harga jualnya,” jelas Danang.

Selain fitur hiburan yang memadai untuk versi terbawah, untuk kenyamanan kabin konsumen masih bisa memilih untuk pengaturan baris kedua. Wuling menawarkan kombinasi dengan Captain Seat dan jok kulit untuk tipe S CVT.

Menurut Danang, konsumen yang tidak suka jok model Captain Seat bisa meminta jok biasa. “Karena captain seat ini sifatnya opsional. Harga Rp 233 juta itu dapatnya captain seat dan jok kulit. Kalau tidak mau bisa minta versi biasa. Harganya disesuaikan di diler,” tambahnya.

Satu hal layak dipertimbangkan sebelum memutuskan membeli LMPV, keberadaan Cortez CT-S yang sudah mengusung mesin Turbo. Jelas, mesin ini dengan kapasitas sama pada LMPV punya banyak keunggulan, yakni bertenaga besar namun efisien konsumsi bahan bakarnya.

Mesin Cortez CT-S ini persis sama yang digunakan SUV Wuling Almaz, mesin bensin Untuk mesinnya, tidak ada perbedaan varian lain, tapi jika dibandingkan sekelas LMPV pastinya Cortez CT-S lebih unggul. Cortez CT-S mengusung mesin bensin 4-silinder 1.500cc dengan Turbocharger. Hasilnya, Medium MPV ini mampu menyemburkan daya maksimal 140 hp dan torsi 250 Nm. Menarik bukan?

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *