Home News Mini Cooper SE, Mobil Listrik yang Mampu Melaju Sejauh 270 Km

Mini Cooper SE, Mobil Listrik yang Mampu Melaju Sejauh 270 Km

3 min read

Mini Cooper kabarnya akan meluncurkan mobil elektriknya yang ditenagai mesin listrik 181 ph yang mampu melaju sejauh 270 km.

Drive and Hype – Teknologi elektrifikasi kendaraan memang sedang menjadi fokus utama di industri otomotif dunia. Munculnya kendaraan yang ditenagai listrik seakan menjadi sebuah tren baru yang dikembangkan untuk menciptakan industri yang lebih ramah lingkungan. Kini, giliran Mini Cooper yang menghadirkan kendaraan versi elektrifikasinya yakni Mini Cooper SE.

Sebenarnya, Mini sudah mulau mengembangkan teknologi elektrifikasi kendaraannya sejak tahun 2009 silam. Namun, teknologi tersebut masih belum sempurna dan mengalami perkembangan. Hingga akhirnya, Mini meluncurkan Mini Cooper SE yang direncanakan meluncur pada tahun 2019 ini. Mini Cooper SE ini sendiri sebelumnya telah diperkenalkan di ajang Frankfurt Auto Show pada 2017 lalu. Namun dari versi pertama yang diperkenalkan tersebut, Mini Cooper SE mengalami beberapa perubahan dan penyempurnaan baik secara desain maupun fitur.

Dilansir dari AutoCar.UK, powertrain yang digunakan pada Mini Cooper SE ini sama dengan yang ada di BMW i3 dan baterainya dipasang di kompartemen penumpang yang sebelumnya menjadi tempat bahan bakar. Kemudian, dikutip dari CarBuzz, mobil listrik ini juga ditenagai listrik yang menghasilkan 181 hp dan torsi instan 199 lb-ft. Dengan pengaturan ini, Mini Cooper SE berakselerasi ke 37 mph dari berhenti hanya dalam 3,9 detik. 0-62 mph membutuhkan 7,3 detik, sedangkan kecepatan tertinggi dibatasi hingga 93,2 mph.Dengan kemampuan mesin tersebut, Mini Cooper SE ini mampu melaju sejauh 270 km dalam satu kali pengisian daya.

Baterai yang digunakan pun merupakan baterai lithium ion yang dipasang di lantar mobil. Untuk pengisian daya sebesar 32,6 Kwh ini dapat siisi hingga 80% dalam waktu 2,5 jam. Sedangkan untuk memenuhinya hingg 100% diperlukan waktu tambahan sekitar 1 jam pengisian. Sedangkan bila menggunakan fasilitas pengisian daya fast-charging, daya baterai akan terisi 85% dalam waktu 35 menit saja.

Load More Related Articles
Load More By octo budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *