Home Otomotif First Impression MINI John Cooper Works GP, Si Mini Bertenaga Maksi Paling Buas yang Pernah Dibuat

MINI John Cooper Works GP, Si Mini Bertenaga Maksi Paling Buas yang Pernah Dibuat

16 min read

New Mini John Cooper Works GP Edition menghadirkan performa paling gahar yang pernah dibuat Mini yang datang dari mesin 4-silinder dengan TwinPower Turbo. 

Drivenhype – Diproduksi hanya 3.000 unit untuk pasar seluruh dunia, New Mini John Cooper Works GP Edition menghadirkan performa paling gahar yang pernah dibuat Mini. Mesin 4-silinder, yang dirancang dengan kinerja maksimum berdasarkan pengalaman di dunia motorsport, menjadi ciri khas yang kuat dari sebuah MINI John Cooper Works GP baru.

Pengalaman berkendara yang intens dan murni diwujudkan MINI berkat mesin terkuat yang pernah digunakan di varian MINI 3-Doors. Sportscar mini ini juga dilengkapi teknologi suspensi yang dirancang khusus oleh John Cooper Works di dunia Motorsport, serta bodi yang mengoptimalkan konstruksi ringan, body stiffness, dan aerodinamika.

MINI John Cooper Works GP menawarkan kedinamisan tak tertandingi dan ketangkasan luar biasa. Model ini juga bagian tradisi menarik yang terkait erat nama perancang legendaris Formula 1, John Cooper, sejak debut Mini klasik 60 tahun lalu. Baik di jalan maupun di trek balap, kombinasi tersebut menjadi inspirasi dunia motorsport.

Dimulai pada kelahiran Mini Cooper pertama, kemenangannya di British Car Touring Championship, tiga kali menjuarai Monte Carlo Rally, seri balap MINI Challenge, dan banyak prestasi di Dakar Rally. Selain itu juga terus hadirkan generasi terbaru dari model-model John Cooper Works.

Mesin 2.0 liter merupakan generasi terbaru teknologi MINI TwinPower Turbo dengan sederet fine-tuning yang membedakannya dengan mesin varian MINI John Cooper Works lainnya. Model spesifik pembeda tersebut berupa crankshaft yang diperkuat diameter bantalan utama yang diperbesar, piston kompresi tinggi pengembangan khusus, batang penghubung bushless, serta peredam vibrasi torsional baru dengan pendinginan dioptimalkan.

Kinerja ekstrim mesin 4-silinder dicapai berkat aplikasi turbocharger terbaru yang dikembangkan dan mengadopsi divert-air valve generasi terbaru untuk respon tenaga spontan. Adanya multi-hole injectors, yang diatur presisi di antara katup, mampu mengatasi laju aliran udara yang meningkat, membawa bahan bakar ke ruang bakar pada tekanan injeksi hingga 350 bar.

MINI John Cooper Works GP baru memiliki sump oli mesin khusus dengan volume yang meningkat dan geometri khusus. Ini memastikan suplai oli stabil setiap saat, bahkan selama menggunakan gaya berkendara ekstrem yang melibatkan akselerasi tingkat tinggi secara longitudinal dan lateral.

Mesin 4-silinder MINI TwinPower Turbo ini menghasilkan tenaga secara simultan dari rmp rendah hingga tinggi. Output daya yang dihasilkan mencapai 306hp dengan torsi maksimum mencapai 450 Nm. Di atas kertas, dengan power to weight ratio yang dihasilkan, Mini JCW GP mampu mengimbangi Sportscar yang setingkat di atasnya bila diadu cepat sprint jarak menengah.

Suara yang dihasilkan sistem exhaust, dikembangkan khusus untuk model ini guna memperkuat ‘power delivery’ spontan dan revving tinggi yang menderu dan kuat secara emosional. Akustik berkendara secara autentik mencerminkan buasnya mesin MINI John Cooper Works GP terbaru. Saat mengemudi santai di rentang putaran mesin rendah, sports car premium kompak ini mengeluarkan suara merdu dan dalam.

Dengan beban penuh, pengembangan daya tersebut didukung tekanan balik catalytic dan disertai olahan suara yang terinspirasi sportscar. Karakter sportscar yang sangat sporty dimunculkan oleh sistem akustik ini sehingga berkontribusi pada memunculkan pengalaman berkendara seru bagi pengemudi dan penumpangnya.

 

Karakter kinerja mesin dengan performa luar biasa ini tentunya harus didukung dengan sistem pendinginan mesin yang sempurna. Hal ini menciptakan sistem pendinginan khusus yang dikembangkan khusus untuk MINI John Cooper Works GP, berdasarkan keahlian dan pengalaman di dunia motorsport.

Dua pendingin eksternal untuk performa maksimal di suhu tinggi, tangki bervolume meningkat, sistem penyimpanan modul pendingin yang dirancang khusus, dan kipas listrik dengan output meningkat memastikan, bahwa mesin mampu mempertahankan suhu pengoperasian optimal pada setiap saat – bahkan dengan beban tinggi dan gaya mengemudi sporty.

MINI John Cooper Works GP dilengkapi transmisi Steptronic 8-percepatan lengkap dengan kunci diferensial terintegrasi dan sesuai dengan karakteristik kinerja mesin dan torsi tinggi. Generasi terbaru transmisi ini memiliki efisiensi internal yang meningkat serta penghantaran torsional yang diperpanjang. Respon tenaga mesin spontan tersalur ke roda berkat sistem kopling dengan konverter torsi yang beroperasi begitu kendaraan berjalan.

Sistem kontrol transmisi baru ini memungkinkan strategi pemindahan gigi yang sangat sporty. Transmisi Steptronic 8-percepatan dioperasikan melalui sakelar pemilih gigi elektronik model-spesifik. Pengoperasian perpindahan gigi bergaya manual dimungkinkan berkat aplikasi paddle shift di roda kemudi.

Dengan kinematika dan elastokinematika model-spesifik, teknologi suspensi MINI John Cooper Works GP membuka dimensi baru pengalaman berkendara go-kart yang khas. Dalam program pengujian intensif di Nürburgring Nordschleife dan trek balap lainnya, suspensinya disetel secara tepat sesuai besaran output mesin dan konsep kendaraan sport dalam segmen kompak.

Versi model-spesifik dari single-joint spring strut untuk roda depan dan gandar belakang multilink juga dioptimalkan. Untuk tingkatkan kelincahan, lebar track meningkat dan bodi lebih rendah 10 mm dibanding MINI John Cooper Works lainnya. Pegas suspensi racikan khusus ini merupakan bagian suspensi model-spesifik yang mengadopsi auxiliary springs, dampers dan stabilisers.

Swivel bearings yang baru memungkinkan peningkatan level camber di roda depan. Bersama peningkatan level camber pada roda belakang, kondisi ini meningkatkan potensi memindahkan gaya lateral saat menikung dinamis. Stabiliser bearings pada gandar depan dan belakang dengan preload tinggi mengoptimalkan body-roll selama pergerakan kemudi yang spontan.

Sistem rem sports di MINI John Cooper Works GP baru memastikan kinerja deselerasi tinggi yang konsisten, bahkan saat digunakan intensif. Sistem ini mencakup rem cakram kaliper 4-piston di roda depan dan rem kaliper 1-piston di roda belakang.Kaliper depan terbuat dari aluminium dan dikombinasikan cakram berventilasi 360 × 30 mm. Kaliper ini berwarna Chili Red dan berlogo John Cooper Works.

MINI John Cooper Works GP baru hadir dengan velg forged wheels 8,0 J × 18, dengan berat kurang dari 9 kg dan dilengkapi ban performa tinggi yang khusus dikembangkan untuk sports car. Dop velg eksklusif ini berlogo GP. Struktur dan profil ban 225/35-R18 memastikan presisi kemudi maksimum, transmisi optimal gaya lateral saat menikung, dan peningkatan traksi selama akselerasi dan deselerasi.

MINI John Cooper Works GP baru memiliki fitur desain model-spesifik yang membuatnya menonjol. Fitur ini memberikan kontribusi signifikan terhadap karakteristik mengemudi; yakni stabilitas dan kemampuan kontrol presisi dalam situasi dinamis. Bodi yang telah dimodifikasi secara rinci optimalkan keseimbangan aerodinamis dan suplai udara pendingin yang ditargetkan ke mesin dan sistem rem.

Spoiler-wing besar berkontur double-wing, desain apron surround depan model-spesifik yang dikenal sebagai Blackband dan spoiler lip depan dari MINI John Cooper Works GP membentuk paket terkoordinasi yang dirancang khusus untuk mengurangi gaya angkat. Hasilnya, nilai coefisien drag semakin baik secara signifikan dibandingkan MINI John Cooper Works.

Fitur paling terlihat secara visual yang penting dalam karakteristik aerodinamis mobil ini juga mencakup fender besar dan melebar. Panel lengkungan roda tersebut diproduksi melalui proses khusus dan kombinasi bahan yang digunakan pertama kali oleh BMW Group yang terdiri dari substruktur termoplastik dan shell luar terbuat dari plastik yang diperkuat serat karbon (CFRP).

Penutup lengkungan roda dengan struktur CFRP yang dijahit secara heksagon, double matt finish, dan penomoran berurutan memberi masing-masing 3.000 kendaraan yang diproduksi sorotan visual yang unik. MINI John Cooper Works GP baru adalah kendaraan produksi pertama BMW Group dengan lapisan exposed matt CFRP.

Penomoran individual dengan angka “0001” hingga “3000” ditempel pada permukaan panel lengkungan roda depan melalui proses transfer cat yang baru dikembangkan. Diluncurkan di tahun 2020 ini, MINI Indonesia menyimpan penomoran “0075” untuk konsumen di Indonesia untuk memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia tahun ini.

Karakter murni MINI John Cooper Works GP yang diarahkan pada kinerja maksimum, diperkuat aksentuasi yang dirancang sempurna. Untuk eksterior hanya warna eksklusif Racing Grey metallic yang tersedia. Untuk atap dan tutup cermin eksterior dibuat warna kontras yaitu Melting Silver metallic. Sama seperti apron depan, apron belakang dengan lampu kabut belakang terintegrasi memiliki bentuk yang khas.

Cross-member pada gril radiator heksagonal, sisipan pada intake udara rendah, dan bagian dalam spoiler atap dicat warna Chili Red mengilap. Sementara itu, logo GP di bagian depan dan belakang, sisi luar dari spoiler atap dan sill finishers pintu, serta foil di atas skirt samping, menyandang huruf “GP” dalam Rosso Red metallic matt.

Dua kursi dan isolasi akustik yang dikurangi, bertujuan optimasi bobot juga memberi interior MINI John Cooper Works GP baru nuansa mobil sport otentik. Peralatan standar termasuk kursi sports John Cooper Works dalam kombinasi Dinamica/leather dengan tepi sisi perak, jahitan aksentuasi merah, lencana GP di bawah sandaran kepala terintegrasi dan tali sabuk merah. Trim interior pada 3.000 atlet ekstrim dalam bentuk MINI GP diterapkan melalui pencetakan 3D.

Roda kemudi leather model-spesifik John Cooper Works juga memperoleh karakter eksklusif dari aksentuasi menggunakan proses pencetakan 3D. Lapisan aksentuasi merah pada roda kemudi terbuat leather nappa lembut, menampilkan tanda logam untuk posisi jam 12, dibuat menggunakan proses manufaktur tambahan.

Paddle shift pada roda kemudi juga dicetak 3D dalam logam. Selain logo GP, struktur hexagonal yang khas dapat dilihat pada permukaan paddle. Aksentuasi warna di kokpit yang mayoritas gelap disediakan logo GP merah di tikar lantai, garis ganda serasi pada selektor gigi dan batang pelindung beban aluminium bercat Chili Red yang dicat di belakang kursi. Ini berfungsi sebagai pelindung mencegah barang bawaan tergelincir ke depan jika terjadi pengereman mendadak.

MINI John Cooper Works GP baru hadir dengan kontrol AC otomatis dan disematkan layar 8.8” MINI Navigation System yang mencakup fitur wireless-charging. Juga mencakup kluster instrumen digital pada kolom kemudi. Layar warna 5-inci beresolusi tinggi menunjukkan kecepatan kendaraan secara numerik maupun skala. Logo GP ditampilkan permanen di atas layar. Animasi grafis sebelum kendaraan mulai berjalan menampilkan sebuah logo GP.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *