Home News Mobil Buatan Lokal ESEMKA Akhirnya Resmi Meluncur!

Mobil Buatan Lokal ESEMKA Akhirnya Resmi Meluncur!

3 min read

Setelah lama menunggu, akhirnya mobil buatan anak bangsa ESEMKA Bima resmi diluncurkan dan diresmikan hari ini (6/9) langsung oleh Presiden RI Joko Widodo di pabriknya di Boyolali, Jawa Tengah.

Drive and Hype – Nama mobil ESEMKA tentu sudah tidak asing di industri otomotif tanah air. Pasalnya, namanya telah terdengar sejak beberapa tahun lalu karena mobil ini merupakan hasil karya anak bangsa. PT Solo Manufaktur Kreasi , pada hari ini Jumat 6 September 2019 secara resmi meluncurkan produk mobil lokal ESEMKA yang berupa mobil pikap ESEMKA Bima. Acara peresmian ini berlangsung di pabrik ESEMKA di Boyolali, Jawa Tengah serta diresmikan secara langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Presiden RI Joko Widodo juga sempat memberikan pidato singkat terkait peluncuran perdana mobil buatan anak bangsa ini. Setelah sambutannya selesai, Presiden Jokowi ikut menjajal kendaraan tersebut di pabriknya secara langsung didampingi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Dilansir dari Warta Ekonomi, Dalam acara peresmian tersebut, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto mengatakan bahwa pembukaan pabrik ESEMKA di Boyolali ini merupakan langkah strategis untuk mewujudkan kemandirian nasional, terutama dalam industri otomotif. Dalam rangka mendukung persiapan produksi massal mobil ESEMKA ini, PT SMK telah bekerja sama dengan lebih dari 30 industri penyedia komponen otomotif lokal.

PT Solo Manufaktur Kreasi meluncurkan mobil niaga ESEMKA Bima dengan mesin yang berkapasitas 1.200 cc dan 1.300 cc. Mobil ini merupakan produk pembuka yang akan memulai sepak terjang ESEMKA dalam pasar otomotif tanah air sebelum PT SMK meluncurkan model mobil penumpang di masa depan. Mobil pikap ESEMKA Bima ini rencananya akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 95 jutaan.

Dikutip dari viva news, Tak hanya memperlihatkan produk ESEMKA Bima saja, sosok sebuah SUV berwarna hitam juga menjadi pusat perhatian para tamu undangan yang hadir dalam acara peresmian tersebut. SUV berwarna hitam itu tampak bergaya seperti mobil-mobil Eropa dengan didukung tampilan yang gagah dengan velg besar dengan tanda pengenal emblem berbentuk perisai yang merupakan identitas dari ESEMKA. Namun untuk mobil SUV warna hitam ini, belum diketahui lebih lanjut apakah mobil ini akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat.

Load More Related Articles
Load More By octo budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *