Home News Mobil Sering Menerjang Banjir, Waspada Rem Blong

Mobil Sering Menerjang Banjir, Waspada Rem Blong

2 min read

Jangan sepelekan kondisi hujan bagi kendaraan anda, karena hal sepele pun dapat mengakibatkan terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti masalah pada bagian rem mobil.

Drive and Hype – Sistem pengereman pada mobil merupakan bagian penting dalam sistematis kendaraan sepenuhnya. Berfungsi penghambat kecepatan dan juga dapat mengatur laju kendaraan agar tetap terkontrol oleh pengemudi, untuk itu perlu beberapa penanganan tepat di musim hujan.

Seperti kita pahami bahwa faktor banjir dan genangan air tak dapat dihindari di cuaca hujan ibukota, pastinya rawan kendala hingga kerusakan bagian atau sistem pengoperasian kendaraan. Rem mobil sangat terpengaruh akan kondisi semacam ini, karena sistem pengeraman pada umumnya tebagi 2 jenis, yakni  tromol dan kaliper.

Kedua jenis sistem pengereman ini memiliki cara perawatan berbeda apabila terkena banjir dan genangan air. Untuk tromol, karena bentuknya sehingga mudah kemasukan air sehingga komponen yang ada di dalamnya rawan karat dan kampas rem mudah basah, sehingga berakibat rem bagel atau bermasalah.

Solusinya adalah hindari genangan air atau banjir, dan rutinkan perawatan seperti membersihkan bagian dalam tromol beberapa waktu sekali agar kondisi tetap berfungsi normal dan aman. Sedangkan jenis yang kedua yaitu kaliper, sudah pasti sistem pengereman yang menggunakan piringan cakram.

Permasalahan pada sistem sepeti ini adalah kabel-kabel atau selang pada rem yang berpotensi mengalami masalah apabila tidak dirawat setelah menerjang banjir dan genangan air. Bersihkan bagian dalam roda yang dekat dengan rem dari sampah-sampah yang tersangkut saat melewati banjir, dan usahakan cek rutin kondisi selang, kabel dan tentunya kampas rem itu sendiri saat musim penghujan seperti sekarang.

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *