Home Hobby Mobil Stationwagon Masih Menjadi Idola Pengunjung

Mobil Stationwagon Masih Menjadi Idola Pengunjung

3 min read

Kehadiran mobil stationwagon masih menarik minat pengunjung Thamrin City yang didominasi keluarga. Sudah masuk kategori hobi dan koleksi.

Drive and Hype – Sebelum maraknya kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) sekarang ini yang menjamur dan menjadi pilihan banyak keluarga di Indonesia, keberadaan kendaraan jenis  stationwagon khususnya di Tanah Air, sempat menjadi pilihan para keluarga Indonesia di era sekitar 1980 hingga pertengahan 1995-an.

Bahkan beberapa APM di Tanah Air, terutama merek Eropa, sempat ada yang memasarkannya. Pasalnya, di beberapa negara asalnya seperti di Eropa, Amerika, dan beberapa negara Asia seperti Jepang, kendaraan berformat stationwagon memang menjadi favorit dan banyak dipilih keluarga yang senang bepergian bersama.

Terkait lokasi acara “4Boost Limited Car Show Charity 2018” yang berlokasi di Mall Thamrin City dengan segmen penjualan kebutuhan keluarga, maka salah satu model kendaraan koleksi yang ditampilkan adalah jenis Stationwagon. “Stationwagon punya penggemar loyal cukup banyak dan apik. Tidak heran kalau mobil stationwagon milik mereka rata-rata kondisinya ciamik,” sebut Helmi Sarosa, salah satu panitia dari Kedai Built Up yang menggawangi acara ini.

Dalam pemantauan kami, hadir belasan stationwagon yang tampil dalam kondisi rapih dan nyaris seperti baru, kendati usianya sudah belasan hingga puluhan tahun. Masa kejayaan stationwagon nampaknya masih ingin mereka pertahankan hingga harga jual mobil jenis inipun juga tidak mengikuti mekanisme pasar lazimnya kendaraan jenis lain.

Berikut penampilan belasan stationwagon yang turut meramaikan ajang 4Boost Limited Car Show 2018:

Opel Olympia Rekord Caravan 1956
Fiat 1100 D Stationwagon 1962
Renault 12 TS Stationwagon
Mercedes-Benz 200TE
Toyota Mark II Stationwagon
Toyota Cressida Stationwagon
Toyota Corolla DX Stationwagon
Toyota Corolla GTi 1.6 Stationwagon
Toyota Great Corolla Stationwagon
Volvo V70 2.5 Estate
BMW Seri 5 Touring
Volvo V70 T5 Estate

Karena jumlah populasinya cenderung terbatas, maka bisa memiliki stationwagon yang datang ke Tanah Air dengan kondisi Built Up tentu punya rasa bangga tersendiri. “Harga pasarnya gelap, bergantung keinginan pemilik, rasa bosan, dan butuh atau tidaknya dengan uang, hahaha,” sebut seorang pemilik dan kolektor stationwagon yang enggan disebut namanya.

OctoVB, Foto: Octo

 

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Hobby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *