Home Otomotif Modifikasi Modifikasi Audi ABT RS6-R 740 HP Avant: Mobil Keluarga, Performa Supercar!

Modifikasi Audi ABT RS6-R 740 HP Avant: Mobil Keluarga, Performa Supercar!

6 min read

Dibuat hanya 125 unit untuk seluruh dunia, rumah modifikasi ABT Sportsline meracik kembali mobil station wagon kasta tertinggi Audi menjadi mobil keluarga yang performanya sungguh kuat, 740 Hp dan torsi 920 Nm, setara supercar ! Dilengkapi berbagai fitur kestabilan dan teknologi yang menjadikannya sebagai mobil keluarga terkuat, terkencang, stabil, namun tetap aman.

Drive and Hype – Sejak 2002, Audi RS6 Avant telah menjadi varian performa tertinggi di rentang model Audi. Sekarang, RS6 Avant hanya tersaji dalam model mobil keluarga, station wagon. Ya, Audi RS6 Avant standar pabrikan merupakan kendaraan eksentrik. Lantaran berwujud mobil keluarga namun memiliki performa tenaga supercar 600 hp yang dipadu transmisi Titronic 8-percepatan, sistem penggerak all-wheel-drive Quattro full time, kepraktisan dan kegunaan khas mobil keluarga yang mampu memuat orang banyak, plus binatang peliharaan di bagasi belakang.

Seolah tak puas dengan performanya yang sudah beringas tersebut, rumah modifikasi ABT Sportsline Jerman sebagai mitra Audi untuk peningkatan kinerja performa, memodifikasi Audi RS6 Avant tersebut sesuai selera dan karakter ABT; full performance! Hasilnya, ABT meracik kembali mesin V8 4.0000cc twin-turbo TFSI milik RS6 Avant yang menghasilkan tenaga lebih dahsyat; 740 hp dengan torsi maksimum 920 Nm, dari standarnya yang 800 Nm.

Hebatnya, meski mampu meraih akselerasi 100 kpj dari dalam 3,2 detik dari posisi berhenti, station wagon ini masih dibekali garansi pabrikan 4 tahun atau 160.000 km. Peningkatan output mesin RS6 standar yang 600 hp menjadi 740 hp yang menjadi ciri spesifikasi RS6-R, dihasilkan lewat unit kontrol mesin ABT terbaru, sistem pembuangan baru, dan perubahan manajemen mesin. ABT mengklaim, serangkaian modifikasi ini mampu meningkatkan kecepatan maksimum RS6 dari 280 kpj menjadi 320 kpj!

Peningkatan tenaga hingga 750 HP tersebut menurut pihak ABT Sportsline bisa dilakukan pemilik Audi RS6 Avant dengan menambahkan kocek sebesar USD 76.000. Harga Audi RS6 Avant standar sendiri senilai USD 120.000. Selanjutnya sebagai pembeda, ABT Sportsline memberi nama racikannya tersebut dengan ‘Audi ABT RS6-R Avant’. Bahkan sebagai bentuk eksklusivitasnya, ABT hanya membuat 125 unit tersebut untuk pasar seluruh dunia.

ABT RS6-R memanfaatkan sepenuhnya sistem kemudi all-wheel yang tersedia sebagai opsional pada RS6. Ini berarti menggabungkan kemudi dinamis di axle depan dengan roda belakang yang bisa ikut bergerak mengikuti pergerakan setir. Pada kecepatan rendah, roda belakang ikut berputar sebanyak lima derajat ke arah yang berlawanan dengan roda depan.

Kondisi ini memangkas putaran balik kendaraan hingga satu meter. Hasilnya, membuat RS6 Avant lebih gesit bermanuver dalam lalu-lintas kota yang padat. Nah, pada kecepatan menengah dan tinggi, roda belakang berputar sebanyak dua derajat ke arah yang sama, meningkatkan stabilitas, terutama ketika mengubah arah dengan cepat.

Dalam kondisi standar pabrikan saja, Audi RS6 banyak dipuji media otomotif lantaran karakteristik handling-nya yang luar biasa. Namun, denga pengalamannya, ABT masih  mengembangkan lebih lanjut sistem kemudi dan suspensi RS6 tersebut. Optimalisasi kaki-kaki berupa aplikasi suspensi coilover khusus, sports anti-roll bars, dan velg ABT Hi-Performance HR Wheels 22 inci. roda HR Kinerja Tinggi ABT 22 inci. Tak heran, kalau banyak media otomotif menyebutnya sebagai “Special Limited Edition ABT RS6-R – super agile with 740 hp.”

Peningkatan drastis pada tenaga mesin, tentunya diikuti dengan aplikasi bodykit ABT yang memperkuat downforce dan alur aerodinamika kendaraan di kecepatan tinggi yang menghasilkan stabilitas sempurna. Secara visual, Audi ABT RS6-R berbeda dengan model RS6, lantaran aplikasi body kit serat karbon lengkap di eksteriornya. Yakni mencakup ABT front-lip, front grille frame add-on, rear skirt add-on, side skirt, dan penambahan over fender.

Namun, calon konsumen Audi RS-6 yang tidak ingin tampil sesangar RS6-R, ABT menyediakan paket lain yang disebut paket ABT RS6+, yang posisinya berada di antara RS6 Avant Standar dan RS6-R. Paket ABT RS6+ ini menawarkan daya mesin 700 hp dan torsi maksimum 880 Nm. Paket medium ini juga hanya dibuat untuk 50 kendaraan dan menawarkan kecepatan tertinggi 320 kpj. Biaya tambahan paket ini sebesar USD 53.500, atau sepaket dengan mobilnya (terima jadi) sebesar USD 198.000.

Sumber & Foto: ABT Sportsline

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *