Home Otomotif Modifikasi Modifikasi Livina Kolaborasi Nissan X Bapak2ID di IMX 2020: Hitung Budget, Hobi Lancar Dapat Ijin Istri

Modifikasi Livina Kolaborasi Nissan X Bapak2ID di IMX 2020: Hitung Budget, Hobi Lancar Dapat Ijin Istri

7 min read

Di perhelatan IMX 2020, Nissan Indonesia mencoba berkolaborasi dengan pemilik akun @Bapak2ID untuk mengakomodir selera bapak-bapak muda dalam memodifikasi Nissan Livina.

Drivenhype – Turut meramaikan konten Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 pada 10 Oktober 2020 lalu yang berlangsung virtual, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan MPV terbarunya, All New Nissan Livina lansiran 2020 untuk digarap dengan tampilan ‘anak muda’ yang layak dibawa harian. Uniknya, modifikasi ini mengacu pada selera bapak-bapak muda yang diwakili akun @Bapak2ID di Instagram.

“Salah satu target segmen potensial All New Nissan Livina ini adalah para bapak muda yang punya tanggung jawab penuh ke keluarganya. Termasuk urusan menghadirkan kendaraan apa yang paling cocok untuk kebutuhan keluarganya. Karena itu, saya terima kolaborasi dengan akun @Bapak2ID untuk menghadirkan tampilan Livina lebih personal, sesuai selera bapak muda,” jelas Christian Abraham Gandawinata, Head of Marketing PT Nissan Motor Distributor Indonesia, yang akrab disapa Age ini.

Kolaborasi Nissan X Bapak2ID ini menargetkan bagiaman tampilan eksterior Nissan Livina bisa membawa ubahan signifikan yang lebih sporty dan berbeda dengan versi standarnya. Syarat yang diberikan Nissan dalam bekerjasama dengan Bapak2ID tersebut, menghasilkan kreasi modifikasi All New Livina yang cocok dipakai harian yang cocok dan bisa dilakoni bapak-bapak ‘nanggung’ yang baru berkeluarga.

“Kami (Nissan x Bapak2. id) memberi rekomendasi modifikasi mobil MPV terbaik All New Nissan Livina yang layak di IMX 2020 ini. Jadi jangan khawatir, buat Anda bapak-bapak nanggung masih bisa kok menyalurkan hobi modifikasi namun tetap memenuhi keperluan keluarga,” sambung Age.

“All New Nissan Livina generasi terbaru punya fitur cocok untuk mobilitas sehari-hari. Mulai Traction Control System (TCS) dan Vehicle Dinamic Control (VDC) untuk mengendalikan mobil di jalan, hingga kabin kedap suara, 3 baris kursi, audio control, dan model baru speedometer. Tentunya cocok dipakai bapak-bapak muda, thats why kita kasih deh ,” lanjut Age.

Agar layak dipakai harian dan membawa keluarga, langkah modifikasi hasil kolaborasi keduanya cenderung yang mudah dilakukan dan tidak terlalu rumit diaplikasikan. Tentunya dengan memperhitungkan realitas harian yang kerap terjadi pada bapak-bapak muda ketika memodifikasi mobil.

Kolaborasi Nissan dan Bapak2ID akhirnya menyepakati tampilan eksterior yang simpel dan tidak terlalu ekstrim. “Kita tukar ide bersama bapak2id dan NMAA, gimana sih model yang cocok buat bapak-bapak. Paling penting-kan, bisa menyalurkan hobi sekaligus bisa memfasilitasi kebutuhan keluarga. Jangan terlalu ekstrim tapi bagus diliatnya,” imbuh Age.

Proses instalasi dimulai dengan penyematan add-on Body Kit yang mencakup komponen lips bumper depan, lips side skirts, dan bumper belakang. Mengejar posisi ground clearance yang lebih rendah dan eye catching, dilakukan kustomisasi sektor per. Untuk velg dan ban, dipilih model dan ukuran yang masih relevan dipakai harian.

Untuk velg, dipilih produk aftermarket berlabel Project D Race 3 berukuran 17 inci dari Lenso, lalu dipadu serasi dengan ban semi slick Accelera 651 Sport berukuran 225/55-17. Fitment kaki-kaki ini ditopang dengan kuat oleh coilover custom. Hasilnya, tampak sesuai dengan penyematan add-on body kit-nya.

“Nissan Livina merupakan mobil keluarga atau MPV. Kolaborasi dengan Bapak2.ID ini membuat karakter modifikasi All New Livina kini terlihat eksklusif. Cocok untuk bapak-bapak muda yang ingin tampil beda,” jelas Age. Trik modifikasi ringan ini menurutnya, juga atas pertimbangan budget tidak terlalu mahal, dan sebagai solusi bagi Bapak-bapak yang ingin memodifikasi namun dicegah istrinya lantaran menyedot biaya cukup besar.

Hal senada dikatakan Aditya Marsani, salah satu pengelola laman edukasi Instagram @bapak2.id. Menurutnya, para netizen yang akrab disapa “Warga” didominasi bapak-bapak milenial di kisaran umur relatif muda. “Pemilihan unit kendaraan Nissan Livina juga erat kaitannya dengan bapak-bapak. Desain modern dan sporty membedakan All New Nissan Livina dengan MPV pesaingnya,” ujar Aditya.

Ia mengaku awalnya cukup mengejutkan ketika pihaknya diajak beekerja sama oleh Nissan. “Begitu diajak collabs, langsung kita elaborasikan dengan kutipan still boys with other toys. Apalagi Bapak2id merupakan komunitas yang dihuni bapak-bapak nanggung yang harus memenuhi kebutuhan hidup keluarga,” tambahnya.

Aditya juga menceritakan kesamaannya  yang juga menggunakan Nissan. Terutama untuk kolaborasi IMX 2020, yang mana menurutnya, banyak warga di Bapak2id juga memiliki mobil Nissan. “Saya sendiri waktu pertama kali berkeluarga punya Nissan, jadi merek Nissan ini sudah di hati para member kami,” pungkasnya.

Foto: IMX 2020

 

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *