Home Otomotif Modifikasi Modifikasi Toyota Corolla Levin GT Apex Coupe 1983: Mimpi Menjadi Kenyataan

Modifikasi Toyota Corolla Levin GT Apex Coupe 1983: Mimpi Menjadi Kenyataan

6 min read

Semuanya berawal dari mimpi ingin memiliki spesies Corolla langka yang diidamkan para penggemarnya.  Tak dinyana, mimpinya pun menjadi kenyataan. Sang Corolla Levin Coupe kini menjadi bagian cerita hidup yang indah bagi pemiliknya. 

Drive and Hype – Sama sekali tidak terbersit sedikitpun bagi Uce untuk bisa memiliki sebuah mobil langka seperti  Toyota Corolla Levin GT Apex Coupe. Corolla dua-pintu yang lazim disebut Toyota AE86 itu pun menjadi mimpi berkepanjangan dan tak berkesudahan bagi dirinya. “Bisa memiliki AE86 Coupe saat itu bagai mimpi yang tak akan terbeli,” kenang Uce.

Namun, namanya roda kehidupan yang terus berputar, mimpi pun bisa menjadi kenyataan. “Awalnya pada 2008 mobil ini pernah dipegang sama teman lama saya, Beni yang juga Ketua komunitas Corolla Retro Club. Melihat sosoknya saat itu, saya hanya berangan; kapan ya bisa punya AE86 Coupe. Gak akan kebeli . Jarang dan mahal,” kenang Uce saat itu.

Sekian lamanya, Uce mendengar kabar kalau AE86 tersebut sudah dijual dan menghilang dari peredaran. Namun, seperti suratan takdir, tidak disangka, Uce mendapat kabar luar dugaan.”Awalnya saat mobil saya Corolla DX sudah laku dibeli pemain mobil lama, tiba-tiba ada kabar kalau Corolla bekas Beni sudah dijual dan sekarang ngejogrok di parkiran basement sebuah gedung di kawasan Sudirman. Istri pemiliknya sekarang yang megang, ternyata gak suka lantaran trasmisinya manual. Akhirnya saya coba  tawar, eh ternyata dapet deh tuh mobil!” seru Uce dengan riang.

Usai didapat, kondisi mobil langsung disegarkan. Performa mesin dioptimalkan  oleh rekannya, Doni , dari Dons Autoworks di bilangan Ragunan, Jakarta Selatan.  Usai direhab sektor mesinnya, Uce langsung membawanya touring luar kota. “Langsung saya pakai touring keliling Jawa dan lulus bebas masalah sama sekali,” tukasnya. Adapun sentuhan yang diberikan pada mesinnya mencakup penggantian header FGK, open filter K&N, kabel busi TRD, dan muffler Borla. “Saya pasang LSD TRD dan ganti final gear 4,3 biar makin joss,” ujar Uce sambil tersenyum.

Oiya sepulangnya dari touring, AE86 sengaja ditinggal di Semarang untuk proses perapihan kolong dan engine bay supaya mirip baru lagi di bengkel JT Performance milik Indy. “Mobil dipretelin dan digulingin, bodi luar untuk sementara disiram dulu karena mepet buat touring Yogyakarta berikutnya,” jelas Uce. Di JT Performance ini, Uce sekaligus membuat lips depan bawah agar tampil lebih sporty.

Agar makin gagah, sekeluarnya dari bengkel bodi, sektor kaki-kaki juga diperhatikan Uce. Karenanya, saat dirinya ditawari untuk mengganti pelek standar dengan produk RS Watanabe F8 ukuran 15×7+8 inci dengan ban Toyo R1R 195/55R15 depan dan Achilles ATR-K Sport 215/50R15 belakang, ia langsung meresponnya cepat. “Gak pakai pikir panjang, langsung saya bayarin, ha ha ha,” gelaknya.

Menurut Uce, tampilan AE86-nya kini jauh lebih segar dan sesuai ekspektasi mimpinya. “Sejauh ini mobil tersebut sudah mewakili suara hati dan keinginan saya. Coba bayangkan; ceper pake pelek RS Watanabe, jok pakai Recaro spectrum orange orisinal, setir Nardi deep corn, dan front lips. Sementara ini cukup dulu. Hanya satu lagi keinginan yang belum terwujud, engine swap pakai 4A-GE blacktop 20 valve seperti Corolla DX saya dulu,” tutupnya.

Spesifikasi :

Mesin : Stock 4A-GE 16E blue top, porting polish by Dons Autoworks, open filter K&N, header FGK, muffler Borla, radiator Carbing, kabel busi TRD, LSD TRD, final gear 4,3, engine bay restore by JT performance.

Interior : Setir Nardi red stich deep corn, jok Recaro LX spectrum orange, shift knob TRD, Alpine double-din, Blaupunkt speaker set

Pelek dan kaki-kaki : RS Watanabe F8 15×7+8 inck by Autosynch, ban Toyo R1R 195/55R15 depan dan Achilles ATR-K sport 215/50R15 belakang, repaint rims and set up by Rally Wheels Cinere.

Eksterior : Ducktail Kouki Trueno Coupe, front lips custom JT performance, repaint Carmibe Red Sikkens by JT performance – Semarang

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *