Home Otomotif Modifikasi Modifikasi Toyota Innova Reborn: Family Car Stylin’ ala Juragan Katering

Modifikasi Toyota Innova Reborn: Family Car Stylin’ ala Juragan Katering

9 min read

Kesibukan harian yang padat, membuat si pemiliknya menjadikan Toyota All-new Kijang Innova Venture menjadi sarana pelepas stress-nya. Kendati bertema elegan dan mengejar tampilan serendah mungkin, Innova face-lift Venturer ini menjalani proses modifikasinya hingga sampai coak sasis!

Drive and Hype – Trend perkembangan dunia modifikasi kini semakin massif melanda mobil keluarga. Geliat kendaraan van, station wagon, hingga jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) semakin banyak dilirik sebagai basis modifikasi. Selain ingin memberikan warna baru pada kendaraan untuk kebutuhan keluarga ini, modifikasi yang dilakukan pada family car ini menunjukkan kalau kendaraan keluarga juga representatif untuk menghadirkan personalisasi selera pemiliknya.

Kali ini, giliran Toyota All-New Kijang Innova (ANKI) Venturer yang dioptimalkan tampilannya bergaya elegan. Sang pemilik, Mulyanto yang akrab disapa Nanda, yang belakangan ini memang sedang gandrung dengan modifikasi mobil. Pemilik MPV terlaris di Tanah Air produksi Toyota ini memilih tema elegan untuk Innova-nya.

Niatnya memodifikasi, sebagai penyaluran keluar dari zona stress yang melanda karena padatnya  rutinitas harian. Maklum, juragan katering Dwi Tunggal Citra di Jaksel ini memang sibuk jadwalnya. “Saya butuh sarana pelepas stress. Ternyata modifikasi mobil ini salah satu cara paling pas untuk menghilangkan stress itu,” senyum Nanda. Tak heran, demi mewujudkan seleranya itu, Nanda rela sang ANKI-nya tersebut sampai dicoak sasisnya.

Karena kesibukannya menghalanginya tidak bisa setiap saat ke bengkel, Nanda menyerahkan proses pengerjaan ANKI-nya ke sang teman, Kamil, yang kerap diminta bantuannya datang ke bengkel guna mengikuti detail modifikasi yang dilakukan.  “Kebetulan saya dapat mobil ini dari Kamil. Jadilah kita modif bareng. Karena paham modif juga dan lebih banyak waktu luangnya, Kamil yang urus ke bengkelnya,” sebut Nanda.

Roof box Thule, salah satu ciri modifikasi fcs – Family Car Stylin

Berikut langkah modifikasi All New Toyota Kijang Innova (ANKI) Venturer yang dilakukan Nanda:

Modifikasi Undercarriage:
Langkah pertama yang dilakukan dan yang akan menentukan tahap modifikasi selanjutnya, Nanda inginkan tampilan ANKI-nya seceper mungkin. Aplikasi air-suspension menurutnya belum seratus persen mengakomodir keinginannya itu. Karenanya, Kamil membawa Innova-nya ini ke LA Custom di Lenteng Agung untuk perombakan sasis dan kaki-kaki.

Air Suspension produk Airforce 2-channel

Oleh punggawa LA Custom, Sony, melakukan coak sasis agar gardan bisa lebih ‘masuk’ lagi ke sasis. “Kalau gak di coak, sasis mentok di gardan. Terus saya buatkan 2 C-Beam di sasis dari kiri ke kanan sebagai pengganti C-Beam sasis yang dipotong juga,” jelasnya. Ternyata langkah ini baru tahap awal. “Ingin riset lagi karena Nanda maunya bener-bener ‘0’ alias kandas puol dengan permukaan jalan, ditunggu ya!”, sebut Sony.

Pasang Air Suspension dan Pelek:
Sebelum bertandang ke LA Custom, ANKI Nanda sudah dipasang suspensi udara (airsus) Airforce. “Nanda maunya simpel dan gak mau repot, makanya langsung pasang airsus,” ujar Kamil. Airsus produk Airforce 2-channel ini dikombinasi sokbreker OEM Toyota Land Cruiser yang sudah di-custom agar lebih ceper namun tetap enak bantingannya.

Tabung udara dan kompresor air suspension diletakkan berdampingan dengan subwoofer di bagasi belakang jok baris ketiga
Pelek Work VSX ukuran 19×9,5+10,5 inci, dianggap paling pas dengan tampilan Innova Reborn
Peranti rem depan juga diganti produk BBK AP Racing 320mm 4 pot agar pengereman lebih aman

Untuk pelek, Kamil memilih Work VSX ukuran 19×9,5+10,5 inci. “Pelek ini paling pas dengan kontur bodi ANKI. Sudah beberapa kali pernah coba pelek lain, tapi kurang pas,” ujarnya. Untuk ban, memakai Accelera PHI 235/30R19 di depan dan belakang ukuran 265/35R19. Peranti rem depan juga diganti produk BBK AP Racing 320mm 4 pot agar pengereman lebih aman.

Aplikasi Bodykit Thailand
Seiring pengerjaan sektor sasis dan kaki-kaki, Nanda juga sudah memesan bodykit Crystal dari Thailand. Bodykit ini langsungdicat dan dipasang sewaktu proses pengecatan berlangsung di bengkel Sony. “Saya pilih Crystal bodykit ini karena suka dengan modelnya, cocok dengan gaya elegan ANKI yang saya mau,” bilang Nanda.

Bodykit Crystal dari Thailand, cocok dengan gaya ANKI yang ingin tampil elegan

Tampang depan dan belakang sudah mengadopsi tampilan versi Venturer

Selain itu. Kamil, juga mempermak tampang depan ANKI ini menjadi versi Venturer yang lebih mewah. “Proses penggantiannya hanya Grille serta lampu diganti semua menjadi tipe Q,” ucapnya.

Interior Andalkan Audio
Urusan interior, seluruh tampilan jok dibiarkan standar. Namun, Kamil tetap melakukan beberapa perubahan agar berbeda tampilannya. “Setir dan lampu plafon diganti pakai ANKI tipe Q. Wood panel diambil dari tipe Q. Kesan elegannya kuat,” jelas Kamil.

Head unit standar diganti Pioneer AVH5150BT

Untuk sistem audio, head unit Pioneer AVH5150BT disandingkan speaker 3way Vox Research SDT3 untuk menguatkan staging suara depan. Agar suara lebih jernih, ditambahkan sound processor Vox Research Pro 6 dengan power Vox Research VK 100.4S MKII. Terakhir subwoofer Vox Research VS 11 10.4P berikut capacitor bank Vox Research C2F juga dipasang.

Maraknya tren modifikasi mobil keluarga di kalangan penggemarnya ini, yang selanjutnya menginspirasi kami memunculkan istilah khusus; Family Car Stylin‘..! Siapa lagi berikutnya? Ayo mainkan Bro and Sis!

Spesifikasi Toyota All New Kijang Innova
Eksterior : Facelift ke ANKI Venturer, bodykit Crystal Thailand
Interior dan audio : Setir ANKI tipe Q, lampu plafon ANKI tipe Q, headunit Pioneer AVH5150BT, speaker 3way Vox Research SDT3, power Vox Research VK 100.4S MKII, subwoofer Vox Research VS II 10.4P, sound processor Vox Research Prosix, capasitor bank Vox Research C2F
Pelek dan kaki-kaki : Pelek Kranze LXZ 19×9+10 inci, ban Accelera Phi 225/40R19 depan, Nankang 235/40R19 belakang, airsus Airforce 2 channel, sokbreker OEM Toyota Land Cruiser, coak sasis, C-Beam custom

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *