Home Otomotif Modifikasi Modifikasi Toyota Voxy Ini Diklaim Paling Gokil Se-Indonesia!

Modifikasi Toyota Voxy Ini Diklaim Paling Gokil Se-Indonesia!

6 min read

Toyota Voxy lansiran 2017 ini diklaim pemiliknya hanya satu-satunya yang dimodifikasi seperti ini. Bahkan belum sebulan di tangan pemiliknya, sang Voxy langsung digarap sesuai selera. 

Drive and Hype – Adalah Dian Wahyu, seorang penyuka modifikasi yang tak pernah habis idenya dalam mendandani mobilnya. Sebelum mempermak tampilan si Voxy, sebelumnya ia dikenal sebagai pemilik Mercy C230T yang juga sudah dimodifikasi maksimal dengan mengusung air suspension (airsus), pelek MAE, dan jok Recaro legendaris.

Setelah melepas Mercy-nya, terbersit keinginannya untuk mendandani kembali sebuah mobil yang bisa dibilang jarang dimodifikasi. Tidak nanggung, ia lantas mengincar mobil van keluarga untuk ‘mainan’ baru yang bisa dimodifikasi sesuai seleranya. “Gue awalnya mau nyari Alphard seken, pas lagi nyari, eh si Voxy ini baru launching model terbarunya. Ya sudah saya langsung pesan ini saja,” beber pria yang akrab disapa Kojek ini.

Sambil menunggu mobil datang, sebagai langkah permulaan, ia mulai mencari referensi modifikasi yang cocok untuk mobil barunya nanti. Setelah mendapat referensi, sederet langkah modifikasi dipersiapkan untuk Voxy-nya. “Baru saja nikmatin dan belum sebulan saat itu, langsung saya modif. Asli, perjuangan modifnya luar biasa, hahaha,” gelaknya.

Langkah pertama, Kojek mengaplikasikan suspensi udara atau lazim disebut airsus guna mengejar tampilan seceper mungkin sesuai keinginan. “Pemasangannya saya bawa ke Akasia Motor, yang biasa main airsus,” ujar Kojek. Di sana ia memilih airsus Airlift 3P Pressure Control, sedangkan balonnya pakai Airpride. Keunggulan airsus 4 titik ini lantaran bisa dimemori. “Kalau saya jalan sendiri, setting memorinya berbeda saat jalan dengan keluarga,” imbuhnya. Untuk sokbreker depan, aslinya dikustom pakai pillowball dan dudukannya dinaikin keatas untuk mengejar tampilan ceper lebih membumi.

Beres urusan airsus, Kojek yang bermukim di Bogor ini beralih ganti pelek. Soal pelek, dalam waktu singkat ia sempat berganti dua kali. Awalnya pelek SSR SP3 20 inci dipasang. Selanjutnya diganti Southern Ways Glits Magnesium Forged 20×8,5+9,5 inci dengan ban Nitto Info 235/30R20 depan dan Hankook 245/30R20 buat belakang. Pelek 2-pieces construction model mesh ini berwarna gold yang kontras dengan bodi mobil berkelir putih.

Selanjutnya tampilan luar dipercantik dengan bodykit bikinan Kuhl Racing Custom
yang dilakukan sekalian di Akasia. Kenapa model Kuhl Racing Custom yang dipilih? “Saya naksir berat modelnya, sporty banget!” ujar pria 38 tahun ini. Kelebihan lain, desain bodykit ini juga dibuat lebih ‘gondrong’ untuk mengejar tampilan cepernya. “Masih kurang ceper, saya tambah lagi splitter. Aslinya Kuhl Racing memang ada splitternya ini,” jelasnya. Tak lupa, kaca spion diganti Voxy versi JDM bernuansa kebiruan yang juga berfungsi sebagai rain clearing blue mirror.

Puas tampilan luar, saatnya menggarap sektor interior. Acuannya, ia ingin mewujudkan model interior minimalis. Karena konsepnya mobil keluarga, interior dibikin lebih nyaman untuk istri dan ketiga anaknya. Tombol start/stop button Gazoo Racing dipasang. Headunit 2-din Pioneer AVH-X595BT dipadu headrest monitor 7 inci Casca terpasang rapi berikut speaker 2-way Morel Maxximo. Agar bass lebih berdentum, di bawah jok belakang ditambahkan subwoofer aktif Soundstream.

Tampilan keren bagi Kojek harus diimbangi dengan performa mesin. Memperlancar isapan udara ke ruang bakar, filter udara standar diganti produk K&N. “Belum ada part aftermarket peningkat performa buat mesin Voxy,” ucapnya.

Spesifikasi Toyota Voxy 2017
Eksterior : Bodykit Kuhl Racing custom, garnis chrome lapis stiker matte black
Interior dan audio : Start/stop button Gazoo Racing, head unit Pioneer AVH-X595BT, headrest monitor Casca, speaker 2-way Morel Maxximo, subwoofer aktif Soundstream
Mesin : Filter udara K&N
Pelek dan kaki-kaki : Air suspension Airlift 3P Pressure Control, balon Airpride, sokbreker depan custom pillowball, pelek Southern Ways Glits Magnesium Forged 2 piece construction 20×8,5+9,5 inci, ban Nitto Info 235/30R20 depan dan Hankook 245/30R20

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *