Home Otomotif Modifikasi Modifikasi VW Kombi 1972 Konversi Kendaraan Listrik: Wujudkan Produk Lawas Sejalan Trend Kekinian

Modifikasi VW Kombi 1972 Konversi Kendaraan Listrik: Wujudkan Produk Lawas Sejalan Trend Kekinian

5 min read

Tidak ingin model klasiknya hilang tertelan kemajuan teknologi, Volkswagen of America merestorasi VW Kombi klasik tahun 1972 dengan mengonversikannya ke konsep kendaraan listrik masa depan. Sebagai andalan sumber penggerak, mengusung motor listrik milik VW e-Golf 2017.

Drive and Hype – Komitmen dan apresiasi terhadap pelestarian terhadap model klasik yang pernah mencetak penjualan luar biasa di seluruh dunia, ditunjukkan Volkswagen of America. Salah satu cabang pabrikan Volkswagen ini mengembangkan proyek mobil klasik Volkswagen yang bisa beradaptasi dengan kebutuhan konsumen masa depan; mengusung teknologi motor listrik atau Electric Vehicle (EV).

Guna mewujudkannya, Volkswagen of Amerika menggunakan model VW Klasik yakni VW Kombi produksi 1972, yang punya sejarah besar di masanya selain sosok VW Beetle. Untuk proyek besar tersebut, VW Amerika menggandeng rumah modifikasi terkenal di wilayah West Coast Amerika, EV West, yang biasa mengubah kendaraan konvensional produksi tahun lawas menjadi kendaraan berpenggerak listrik.

“Kami melihat ada kemungkinan yang bisa dicapai kalau salah satu kendaraan listrik kami yakni VW e-Golf tahun 2017 bisa dimanfaatkan teknologi motor listriknya untuk diterapkan ke VW Kombi ini,” ujar Mathew Renna, VP G4, Volkswagen North American Region. Menurut Mathew, agar proyeknya berjalan mulus, pihaknya menyerahkan pengerjaannya pada EV West yang sudah rutin men-custom kendaraan klasik menjadi electric vehicle. 

“Semangat inovasi mengembangkan budaya mobil klasik yang dipadu komitmen terhadap energi terbarukan, menjadikan EV West pilihan ideal untuk proyek ini,” lanjut Mathew. “Mereka bisa memperhitungkan secara tepat dan lebih baik apakah powertrain e-Golf cocok diterapkan pada kendaraan tua kami yang lebih tua. Ini sungguh menyenangkan melihat semangat ‘hot-rod’ terus hidup sampai ke jamannya listrik.” 

Powertrain yang dicangkok dari stok motor listrik e-Golf 2017, dibenamkan ke ruang mesin VW Kombi menggantikan mesin bensin konvensional 4-silinder model boxer 60 hp berpendingin udara. Adapun motor listrik e-Golf 2017 ini tipe permanen AC 100kW berikut sekaligus sistem baterainya yang berkekuatan 35,8 kWh. Kombinasi motor listrik dan baterai ini memberi performa Kombi 1972 yang disebut e-Bus menempuh jarak hingga 206 Km. 

Konstruksi suspensi belakang independen dari Tipe 2 Bay Window (Kombi) ini juga mendukung dan mengakomodir penempatan baru motor listrik, transmisi satu percepatan dan sistem pengisian baterainya. Dengan sedikit modifikasi, posisi girboks satu percepatan bisa klop dengan as lobro asli VW yang menggerakkan roda belakang Kombi. 

Karena mengedepankan orisinalitas, sebagian besar fitur dan rupa eksterior dan interior e-Bus ini tidak berubah, masih seperti aslinya. Secara cerdas, unit baterai ditempatkan di bawah jok depan di dalam selubung khusus yang direkayasa sedemikian rupa, diperkuat, dan tahan api. Paket baterai lainnya juga ditempatkan pada ruang yang ditinggalkan tangki bensin yang terletak di antara dek belakang kabin dengan ruang mesin.

Untuk girboks, tuas transmisi stok Kombi yang panjang masih diterapkan. Namun sekarang hanya untuk mengaktifkan posisi park (P/parkir), reverse (R/mundur), neutral (N), drive (D/mode jalan), dan mode pengereman regeneratif (PRNDB) yang semuanya juga mengadopsi dari e-Golf.

Untuk mempertahankan nuansa otentiknya, e-Bus dilengkapi pengukur EV digital multifungsi bergaya klasik di dasbor. Panel indikator tambahan ini memudahkan pengemudi memantau kinerja motor listrik dan performa tenaga baterai selama

“Kami senang menjadi bagian proyek ini. Menggabungkan model bersejarah merek ikonik dengan teknologi terkini. Modifikasi ini merupakan salah satu dari banyak cara yang dapat dilakukan untuk menyambut masa depan yang berkelanjutan tanpa harus meninggalkan warisan produk sejarah otomotif kita yang kaya,” tutup Michael Bream, Pendiri dan CEO EV West.

Foto: VW of America/netcarshow

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *