Home News Nissan Cedric/Gloria Model 430, Inisiator Mesin Turbo Pertama di Industri Otomotif Jepang

Nissan Cedric/Gloria Model 430, Inisiator Mesin Turbo Pertama di Industri Otomotif Jepang

2 min read

Berani melakukan apa yang tidak dilakukan orang lain dengan menantang kemustahilan menjadi hal yang terwujud, menjadi filosofi para insinyur Nissan untuk melakukan inovasi teknologi.

Drive and Hype – Pada era 1970-an, diawali dengan krisis energi yang melanda dunia, industri otomotif dunia lantas berhadapan dengan tantangan baru untuk memenuhi tuntutan regulasi gas buang dan efisiensi bahan bakar. Dalam konteks isu dunia seperti inilah Nissan secara cepat menghadirkan tren mesin turbo di industri otomotif Jepang.

Sebagai realisasinya, pada 1979 Nissan meluncurkan model terbarunya`Cedric/Gloria model 430,’ sebuah sdan mewah pertama di Jepang yang dilengkapi mesin turbo. Langkah inovatif dan unik ini berupa mesin berperangkat turbo yang tak hanya menghasilkan tenaga besar dari ukurannya yang kecil, tetapi juga menjadi terobosan teknologi hemat bahan bakar. Berkat inovasi tersebut, Nissan berhasil mendapat sertifikasi pemerintah Jepang di bawah regulasi ketat di masanya.

Nissan Cedric Model 430

Mesin turbo L20ET 2,0-liter pertama kali disematkan pada Nissan Cedric dan Nissan Gloria pada Desember 1979, sebagai kendaraan pertama pengusung perangkat induksi atau turbo di pasar Jepang. Berbagai inovasi perdana ini membuat Cedric/Gloria seri 430 dinobatkan sebagai Car of The Year di Jepang pada tahun 1979.

Penghargaan yang didapat ini merupakan hasil kerja tanpa lelah yang dilakukan team Nissan. Awalnya memang penemuan seperti ini terlihat mustahil, namun hal tersebut justru menjadi pemicu para karyawan Nissan untuk berinovasi dan berhasil mewujudkannya.

Semangat untuk berinovasi terus dalam hidup hingga hari ini, tercermin dari terobosan di babak baru Nissan NEXT dalam keseruan berkendara. Nissan telah memulai babak baru tersebut pada 15 Juli 2020 lalu.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *