Home News NMAA Trending Workshop Pekanbaru Jadi Pembuka Sarana Edukasi Modifikator Indonesia 2020

NMAA Trending Workshop Pekanbaru Jadi Pembuka Sarana Edukasi Modifikator Indonesia 2020

6 min read

Rangkaian edukasi modifikasi versi NMAA seri perdana dimulai di kota Pekanbaru. Kali ini diperdalam dengan sosialisasi standar kompetensi kerja nasional dari Kemenperin RI untuk modifikator, serta dukungan penuh Tokopedia.

Drive and Hype – Trending Workshop National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) 2020 dimulai dari kota Pekanbaru tepatnya di SKA Convention and Exhibition Center, Sabtu (14/3/2020). Kegiatan dalam rangka road to event Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 ini didukung penuh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Republik Indonesia, Tokopedia sebagai main sponsor IMX 2020, serta Suzuki Indonesia.

“Kami senang bisa menggelar edukasi melalui Trending Workshop di Pekanbaru, apalagi bersamaan kegiatan modifikasi lokal, CarFest#3. Harus diakui, di pulau Sumatera, geliat modifikasi di kota Pekanbaru ini termasuk besar dan sudah makin terarah kualitasnya. Maka Pekanbaru rasanya tepat untuk dijadikan lokasi awal dimulainya rangkaian Trending Workshop tahun ini,” sambut Andre Mulyadi, selaku pendiri dari asosiasi aftermarket NMAA.

 

Diikuti 100-an orang undangan yang terdiri dari komunitas mobil, pecinta otomotif, serta modifikator, Trending Workshop NMAA 2020 Pekanbaru diisi berbagai informasi dan trend modifikasi yang dibagikan oleh para creative leaders, di antaranya adalah Andre Mulyadi, Aris Harvenda selaku NMAA Steering Committee, juga Yomin Sugianto yang merupakan pendiri Yoong Motor Group.

Selain itu, Trending Workshop 2020 Pekanbaru menjadi lebih sarat makna karena dihadiri pula oleh Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin RI. Dalam kesempatan tersebut beliau memberikan sosialisasi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) untuk modifikator, hal ini merupakan bentuk dukungan nyata dari Pemerintah Indonesia, melalui Kemenperin RI untuk industri otomotif, khususnya modifikasi yang digerakan oleh generasi milenial.

Kementerian Perindustrian sangat mengapresiasi progress Indonesia Modification Expo (IMX) yang diselenggarakan oleh teman teman Nasional Modificator and Aftermarket Association (NMAA) pada tahun 2019 dengan jumlah visitors yang mencapai kurang lebih 22 ribu pengunjung dan pada tahun 2020 ini main event IMX akan diadakan di Jakarta Conventional Center (JCC). Hal ini menandakan antusiasme masyarakat di sektor industri modifikasi setiap tahun semakin bertambah.

Untuk mendukung sektor industri modifikasi yang sedang berkembang, Kementerian Perindustrian sedang menyusun rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Modifikasi yang merupakan acuan atau standar dalam hubungannya dengan kemampuan kerja yang meliputi aspek keterampilan, pengetahuan dan sikap kerja yang sesuai dengan pelaksanaan tugasnya serta sesuai dengan persyaratan dari pekerjaan yang sudah ditetapkan. SKKNI Modifikasi nantinya dapat mencetak tenaga kerja terutama di sektor industri modifikasi yang bersertifikat dan berkompetensi yang diakui di nasional.

Dengan adanya tenaga kerja yang bersertifikasi dan berkompetensi melalui SKKNI Modifikasi diharapkan adanya perubahan ekosistem modifikasi dan tumbuhnya kreatifitas untuk dan membuat produk produk modifikasi berkualiats yang berstandar nasional.

Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, menyambut baik kolaborasi kedua kalinya dengan NMAA  untuk mendukung masyarakat, dalam hal ini pelaku industri modifikasi otomotif, dalam menciptakan peluang bisnis lewat pemanfaatan teknologi.

Dalam hal ini, AVP of Business Tokopedia, David Kartono, mengatakan, “Dukungan kami terhadap Trending Workshop National Modificator and Aftermarket Association (NMAA) 2020 dan acara Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 mendatang merupakan komitmen Tokopedia untuk terus bertransformasi menjadi Super Ecosytem yang selalu berkolaborasi dengan para mitra strategis, termasuk pemerintah.

Kami juga terus berupaya memberikan panggung lebih luas untuk masyarakat, termasuk pelaku industri modifikasi otomotif, dalam menyalurkan kreativitas mereka melalui karya modifikasi kendaraan bermotor yang mampu memajukan industri modifikasi kendaraan bermotor dan aftermarket di Indonesia.”

Antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan otomotif cukup signifikan. Hal ini terlihat dari kenaikan nilai transaksi kategori Otomotif di Tokopedia dari 2019 ke 2020 menjadi lebih dari 2 kali lipat. “Kami berharap lebih banyak pegiat otomotif yang terlibat dan bekerja sama untuk membesarkan industri modifikasi Indonesia hingga mendunia,” ujar David.

Seperti diketahui, gelaran ini juga merupakan ajang pemanasan dari IMX 2020  dimana tahun ketiga ini akan dihelat di Hall B, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada 10-11 Oktober mendatang. Dengan lokasi yang lebih luas dibanding sebelumnya, IMX 2020 juga menawarkan lebih banyak tenant booth baik lokal maupun internasional, mata acara, program promosi, dan juga giveaway spektakuler untuk para pengunjung.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *