Home Gears Oakley Luncurkan Koleksi Terbaru KOKORO Collection dan Salurkan Donasi ke WHO

Oakley Luncurkan Koleksi Terbaru KOKORO Collection dan Salurkan Donasi ke WHO

8 min read

Untuk menandai peluncuran koleksi terbaru KOKORO Collection dan kepedulian terhadap pandemi COVID-19 yang mendera berbagai belahan dunia, Oakley memberi donasi senilai US$$ 200.000 kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Drive and Hype – Oakley® meluncurkan koleksi terbarunya – KOKORO Collection – di Foothill Ranch, California, Amerika Serikat, hari Rabu (22/7/2020) waktu setempat. Model terbaru yang didesain seniman kondang kelahiran Tokyo, Jepang – dan kini tinggal di Brooklyn, Amerika Serikat – Meguru Yamaguchi itu, diciptakan untuk menginspirasi dan menyatukan para atlet dari berbagai cabang olah raga melalui semangat Love of Sport.

Bahkan, untuk menandai peluncuran dan menyampaikan kepedulian terhadap pandemi COVID-19 yang mendera berbagai belahan dunia, Oakley memberikan donasi senilai US$$ 200.000 kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dana yang diberikan sebagai bagian dari Covid-19 Solidarity Response Fund tersebut untuk membantu negara-negara di dunia dalam mencegah, mendeteksi, dan menanggapi pandemi COVID-19.

“Saya berterima kasih kepada Oakley atas kontribusi dermawan dan kreatif ini kepada Dana Respons Solidaritas COVID-19,” kata Elizabeth Cousens, Presiden dan CEO dari Yayasan PBB. “Koleksi Kokoro mempromosikan semangat solidaritas global yang akan diperlukan untuk mengalahkan virus ini. Kami akan semakin benar-benar kuat ketika kami bekerja bersama, sebagai satu tim,” imbuhnya.

Pebalap motor Doni Tata dengan kacamata sport Oakley kesukaannya

Semangat solidaritas itu pula yang mencerminkan dari karakter dan jiwa dari KOKORO Collection. KOKORO – yang merupakan kosakata di Bahasa Jepang memiliki “hati, pikiran, dan semangat – untuk menyatukan atlet dari berbagai cabang, kemampuan maupun profesional, dalam kegiatan sehari-hari.

Semangat tersebut diwujudkan secara riil oleh Meguru Yamaghuci yang merupakan seni lukis, dalam keindahan dan pahatan. Lukisan pahatan yang ditorehkan pada bagian bingkai kacamata Oakley KOKORO Collection tersebut sebagai wujud dari setiap gerak para atlet yang berlaga dalam rangka meraih prestasi tertinggi di pesta olah raga paling bergengsi di dunia tersebut.

Lukisan itu seindah sapuan kuas Meguru kala menyapukannya di kanvas untuk menghasilkan sebuah lukisan bernilai tinggi. Hasilnya, bukan saja sebuah mahakarya yang eksklusif, namun juga memiliki cita rasa seni yang tinggi tetapi tetap fungsional.

Meguru sendiri mengaku merasa tertantang dan sangat antusias untuk mengerjakannya. Bukan semata-mata karena mengekpresikan kemampuannya dalam mengolah rasa seni dalam sebuah lukisan, namun karena Oakley adalah produk kacamata favoritnya.

Bahkan, dia mengaku menyukai Oakley sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). “Saya sangat senang ketika Oakley mengajak saya untuk berkolaborasi. Karena saya telah menjadi penggemar merek ini sejak masa SMA,” kata Meguru.

“Ketika saya terhubung dengan para atlet sebagai bagian dari fase penemuan inspirasi, yang terlintas di benak saya adalah semangat kebersamaan mereka untuk olahraga. Merancang koleksi yang melambangkan hasrat bersama ini menjadi inti dari proses saya (dalam menciptakan KOKORO Collection) dan saya sangat senang dengan hasilnya,” papar seniman beraliran abstrak itu.

Direktur Pemasaran Global Oakley, Ben Goss, sangat mengapresiasi hasil kerja keras Meguru yang merefleksikannya di produk KOKORO Collection, yang bukan saja menjadi produk berkualitas tetapi juga bercita rasa seni yang tinggi. “Koleksi Kokoro mengekspresikan bagaimana kecintaan universal terhadap olahraga yang dapat menyatukan komunitas kami,” kata Goss.

Terlebih dengan peluncuran koleksi terbaru tersebut, Oakley juga ikut berkontribusi dalam upaya memberantas pandemic COVID-19 di dunia. “Kami dengan bangga menawarkan dukungan kami kepada Organisasi Kesehatan Dunia yang menangani pandemi global dengan penuh semangat dan presisi,” ujar Goss.

Muhammad Fadly, pebalap cyclist paralympic juga dikenal penyuka Oakley

Sekadar catatan, Meguru Yamaguchi adalah seniman yang lahir di Shibuya, Tokyo, dan saat ini tinggal di Brooklyn, New York. Dia dikenal karena kepiawaiannya dalam mengekspresikan seni abstrak unik yang semrawut dan kuat dalam wujud visual melalui teknik yang disebutnya “Cut & Paste”.

Metode ini merupakan cara melukis dengan meletakkan cat pada lembaran plastik untuk dikeringkan. Kemudian sang seniman memotong, mengelupas dan menempelkannya ke permukaan lain, seolah-olah menyatukan sapuan kuas tiga dimensi.

Sehingga, melalui proses pelapisan dan penataan ini, pola-pola yang tampaknya tidak berhubungan kembali menyatu menjadi bentuk yang sangat rumit, plus memadukan warna, bentuk, dan tekstur yang unik dan menarik.

Di Indonesia, kacamata Oakley edisi spesial dan terbatas ini juga sudah diterima para brand ambassador. Para atlit professional tersebut terdiri dari atlit atletik, sepeda hingga balap motor. Diantaranya adalah Agus Prayogo, Emilia Nova, Andhina Ayuningtyas, Jauhari Johan, Maria Natalia, Aiman Cahyadi, Liontin Evangelina, Dedeh Erawati, Muhammad Fadly, Doni Tata, hingga Dimas Ekky Pratama, pembalap Moto2 asal Indonesia.

“Tanggal 23 Juli ini, perwakilan Oakley Brand Ambassador Global (seluruh dunia) merayakan koleksi KOKORO ini dengan memposting di social media para perwakilan brand ambassador masing-masing sambil menyerukan semangat kebersamaan dan sportivitas. Responnya luar biasa baik, mayoritas menyukai motif dan warnanya yang unik dan terlukis di model model best seller Oakley, dan mereka tidak sabar untuk mendapatkan koleksi edisi terbatas ini”, ujar Ricky M. Safir, Oakley Sport Marketing Manager Indonesia.

Di Indonesia, Ricky menyebutkan KOKORO collection ini akan segera dipasarkan dalam waktu dekat di beberapa toko terpilih.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Gears

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *