Home News Pabrik di Italia Mulai Aktif Lagi, Lamborghini Luncurkan Huracan Evo RWD Spyder

Pabrik di Italia Mulai Aktif Lagi, Lamborghini Luncurkan Huracan Evo RWD Spyder

4 min read

Automobili Lamborghini resmi luncurkan supercar terbarunya, yakni Huracan Evo RWD Spyder, dengan dipersenjatai mesin V10, namun tenaganya lebih rendah sedikit dibanding pendahulunya yang berpenggerak All-Wheel-Drive.

Drive and Hype – Setelah kabar penutupan pabriknya sementara akibat pandemi COVID-19, pada hari Kamis (7/5) lalu waktu setempat, Lamborghini menggebrak dengan meluncurkan produk anyarnya, yakni Huracan Evo Rear-Wheel-Drive Spyder. Tentunya sesuai dengan mobil berjenis ini sebelumnya yang memiliki atap soft top convertible, alias dapat terlipat secara elektrik walau kecepatan mobil di 40 Kpj dan melipat sempurna dengan waktu 17 detik saja.

Lamborghini Huracan Evo RWD Spyder ini memperoleh tenaganya dari mesin V10 berkapasitas 5.2 liter, yang mampu hasilkan power sebesar 610HP dengan torsi maksimum 559 Nm. Walau memang tenaga maksimalnya tak sebesar pendahulunya, yakni Huracan Evo penggerak All-Wheel-Drive dengan selisih 29HP.

Tenaga yang cukup besar itu diselaraskan dengan adanya gearbox otomatis dual-clutch tujuh kecepatan, yang mampu menembus kecepatan dari 0 hingga 100 Kpj cukup memakan waktu sekitar 3,5 detik saja. Desain eksterior pun lebih agresif dengan bagian front splitter telah dilengkapi intake udara yang lebih besar.

Jendela belakang kendaraan yang dapat diturunkan secara elektrik, sehingga memiliki jeda dari bagian atap  agar pengemudi dapat merasakan sensasi lebih suara dari mesin buas V10 yang menembus kabin. infotainment bagi pengemudi dikendalikan melalui layar sentuh 8,4 inci yang dipasang di konsol tengah.

Fitur Apple CarPlay sebagai standar, seperti halnya fungsi pengenalan suara Amazon Alexa yang diperkenalkan pihak Automobili Lamborghini di awal tahun ini. Lamborghini mengatakan kinerja dinamis RWD Spyder juga setara dengan RWD Coupe, dengan Sistem Kontrol Traksi Kinerja (P-TCS) yang secara khusus disetel untuk pendistribusian torsi dan traksi yang konsisten walau saat menikung sekalipun.

Supercar ini memiliki tiga mode berkendara, yaitu Strada, Sport dan Corsa yang menawarkan sensasi berkendara berbeda-beda sesuai keinginan pengemudi. Material ringan seperti termoplastik, aluminium dan serat karbon pada RWD Spyder memiliki rasio kekuatan terhadap berat 404HP per ton dengan distribusi berat 40/60 depan ke belakang.

Untuk bagian pengereman, mobil ini hanya memiliki teknologi  cross-drilled steel disc brake, walau konsumen pun dapat meng-upgrade-nya ke bahan carbon-ceramics. Pelek yang digunakan berdiameter 19 inci, dan dapat diubah menjadi 20 inci atas permintaan khusus pengguna.

“Mobil ini dapat menambah kenikmatan berkendara, memberikan sensasi berkendara yang diinginkan penggila mobil-mobil berperforma tinggi,” jelas Stefano Domenicali selaku CEO Automobili Lamborghini. Supercar ini dibanderol dengan harga mulai dari 188.800 Euro atau setara dengan Rp. 3 Miliar.

Sumber : Autocar

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *