Home Gadget Pengalaman AI Huawei Seri P40 Berjalan Mulus Berkat Peningkatan EMUI 10.1

Pengalaman AI Huawei Seri P40 Berjalan Mulus Berkat Peningkatan EMUI 10.1

9 min read

Teknologi EMUI 10.1 memberikan pengalaman cerdas bagi para pengguna Huawei Seri P40 dengan memanfaatkan Artificial Intelligence atau AI yang mulus tanpa hambatan.

Drive and Hype – Seluruh model ponsel cerdas flagship Huawei Seri P40 telah resmi memasuki Indonesia, yang ditandai kehadiran seri lanjutannya, Huawei P40 dan P40 Pro+ di Indonesia pada 9 Juni 2020 lalu. Ketiga produk Huawei Seri P40 kini hadir dengan pengalaman cerdas dan strategi Artificial Intelligence atau AI yang lancar.

Dengan kedatangan era semua-skenario, konsumen mampu merasakan uniknya pengalaman revolusioner baru dalam berponsel ria. Huawei percaya, AI adalah akselerator unggul untuk membangun dunia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas.

Perkembangan teknologi AI kini telah mencapai era baru, di mana Huawei sendiri punya tujuan menciptakan gaya hidup cerdas untuk semua-skenario yang diinginkan konsumen berdasarkan teknologi AI, dan tentunya menciptakan ekosistem industri cerdas berdasarkan platform terbuka.

Teknologi EMUI 10.1 pada Huawei Seri P40 dipercaya memperkaya pengalaman pengguna. “Dengan EMUI 10.1 yang dibangun berdasarkan pendahulunya, kini memperkenalkan berbagai fitur terbaru seperti Huawei MeeTime, Huawei Share, dan lebih banyak kemampuan Multi-screen Collaboration untuk memungkinkan pengguna mengambil manfaat lebih baik dari beberapa perangkat sekaligus,” papar Lo Khing Seng, Deputy Country Director HUAWEI Consumer Business Group Indonesia.

“Huawei juga bekerja sama dengan berbagai mitra untuk memperluas ekosistem yang terhubung, memungkinkan lebih banyak perangkat bekerja bersama dengan pengalaman yang mulus dan memberi manfaat bagi konsumen Indonesia dalam lebih banyak skenario,” lanjut Lo Khing Seng.

EMUI, yang sebelumnya dikenal sebagai Emotion UI, adalah interface khusus pengguna berbasis Android yang dikembangkan Huawei untuk perangkat selulernya. EMUI 10.1 adalah versi perangkat lunak terbaru berbasis Android 10, diluncurkan pra-instal dengan Huawei Seri P40, dan dilengkapi fitur baru, perubahan, dan peningkatan untuk memberi pengalaman pengguna yang lebih baik.

EMUI 10.1 didasarkan pada teknologi terdistribusi dari Huawei dan dilengkapi berbagai fitur baru seperti Huawei MeeTime, Huawei Share, dan lebih banyak kemampuan Multi-Screen Collaboration untuk memberi pengguna keuntungan penuh beberapa perangkat sekaligus, galeri foto lintas-perangkat, 3D AoD, Multi-Device Control Panel untuk multitasking lebih baik dan lebih banyak lagi.

HUAWEI – Multi Screen Collaboration

 

Peningkatan UI (User Interface)

Dalam melakukan scrolling, sekarang berjalan lebih baik berdasarkan input pengguna dengan efek  friction-slide atau gesekan berdasarkan inspirasi fisika. Seperti bagaimana obyek bergerak secara bertahap melambat karena kehilangan momentum untuk gesekan, dan animasi scrolling yang melambat sebelum berhenti secara alami. Model percepatan dikembangkan berdasarkan penelitian faktor manusia, memastikan animasi berperilaku seperti yang diharapkan para pengguna.

Sekarang, pengguna dapat menggeser ke bagian dalam dari berbagai sisi untuk mengeluarkan sidebar. Aplikasi di sisi samping atau sidebar dapat muncul pada layar untuk memulai fitur Multi-Window. Gambar, teks, dan bahkan file dapat dipindahkan dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Floating Window memungkinkan pengguna melakukan tugas dasar seperti merespons pesan teks tanpa keluar dari aplikasi layar penuh yang aktif, sehingga pengguna tetap fokus mengerjakan berbagai tugas mereka.

Huawei MeeTime

EMUI 10.1 pada Huawei Seri P40 memperkenalkan Huawei MeeTime, yakni aplikasi panggilan video semua-skenario pertama di dunia, MeeTime hadir dengan panggilan video berkualitas tinggi yang mendukung hingga 1080p Full HD di antara perangkat Huawei.

Peningkatan kecerahan dan algoritma kecantikan diperlengkapi ke Huawei MeeTime untuk mengoptimalkan kualitas video dalam kondisi cahaya rendah. Optimalisasi juga dilakukan untuk memungkinkan Huawei MeeTime memberi pengalaman panggilan video yang lancar bahkan dalam kondisi jaringan kurang optimal. Pengguna juga dapat berbagi layar dengan mudah selama panggilan dengan peserta lain.

Huawei Share

Huawei Share pada EMUI 10.1 mendukung transfer data berkecepatan tinggi antara dua perangkat Huawei mulai smartphone, tablet, dan PC. Data besar dan beberapa foto dapat ditransfer dengan cepat tanpa  paket data apa pun.

HUAWEI – Multi-Device Control Panel

Multi-Device Control Panel

Multi-Device Control Panel menyediakan platform terpadu yang memungkinkan pengguna melihat setiap perangkat yang terhubung dalam jarak dekat secara sekilas. Menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya semudah mengetuk tombol yang sesuai pada menu.

Semuanya dapat dilakukan dengan sangat mudah, panel yang tersedia di Huawei P40 series ini dapat digunakan untuk menghidupkan atau mematikan perangkat IoT, mengatur proyeksi layar smartphone, mengaktivasi penggunaan multi-screen dan banyak lagi.

Multi-Device Control Panel juga secara cerdas merekomendasikan perangkat terdekat yang dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat ini. Misalnya, ketika pengguna mendengarkan musik di Huawei Music dengan Huawei Sound X di dekatnya, Multi-Device Control Panel akan menyarankan pengalihan output audio ke speaker pintar untuk mendapatkan kualitas suara lebih baik.

Multi-Screen Collaboration

Huawei Seri P40 juga memiliki Multi-Screen Collaboration dengan teknologi terdistribusi, memungkinkan pengguna memanfaatkan lebih banyak perangkat Huawei seperti smartphone untuk menggunakan kamera dan mikrofon PC yang seolah terhubung ke smartphone. Jadi pengguna dapat dengan mudah menjawab semua panggilan tanpa mengangkat telepon mereka.

Huawei Seri P40 juga didukung Huawei Mobile System (HMS) dan AppGallery. Telah hadir beragam aplikasi top lokal yang dapat dinikmati dan mempermudah keseharian pengguna. Aplikasi bank dan pembayaran digital seperti BTN Mobile Banking, BCA Mobile, Permata X Mobile, GoMobile CIMB Niaga, DANA, dan aplikasi navigasi Huawei Here WeGo.

Terdapat pula aplikasi hiburan seperti Vidio, Joox, Hago, aplikasi E-commerce Tokopedia, Shopee, BliBli, JD.id, Bukalapak, Lazada, aplikasi telekomunikasi My Telkomsel, My IM3, My XL, Bima+, dan aplikasi lainnya seperti 10RumahAman (dari  Kemenkominfo), BPJSTKU, FORE Coffee,dan masih banyak lagi.

Huawei memiliki beragam kemampuan terintegrasi di seluruh chip, perangkat, layanan cloud, dan jaringan yang akan menghadirkan pengalaman cerdas yang menginspirasi bagi konsumen Indonesia dalam setiap aspek kehidupan mereka.

“Kami berharap dapat menghadirkan lebih banyak produktivitas dan kegembiraan dalam kehidupan sehari-hari pengguna dengan menghubungkan semua perangkat Huawei bersama-sama dengan ekosistem terintegrasi yang dapat ditemukan di Seri Huawei P40 terbaru,” tutup Khing Seng.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *