Home News Pengembangan New Suzuki Ignis ke Konsep Urban SUV Berkat Masukan Konsumennya

Pengembangan New Suzuki Ignis ke Konsep Urban SUV Berkat Masukan Konsumennya

6 min read

New Suzuki Ignis hadir dengan konsep terbaru yang mengusung karakter dan tampilan sebuah Urban SUV yang kompak. Tampilan terbarunya ini diharapkan bisa kembali menjadikannya sebagai volume maker seperti di awal kehadirannya pada 2017.

Drive and Hype – Baru-baru ini New Suzuki meluncurkan New Suzuki Ignis dengan tagline The New Breed of Urban SUV”. Peluncuran yang dilakukan secara virtual di akun media sosial Youtube milik Suzuki Indonesia pada Kamis (9/4) lalu, merupakan pengenalan New Ignis dengan tampilan terbaru yang mengusung karakter Urban SUV. Pada pemunculan perdananya di 2017, Suzuki Ignis cenderung bermain di segmen City Car, yang mendapat respon positif dengan meraih penjualan terbanyak selama 2 tahun usai kehadirannya.

Sesuai tagline terbarunya “The New Breed of Urban SUV”, tampilan terbaru New Ignis kini diberi sentuhan lebih maskulin, sesuai beberapa perubahan  tampilan eksterior dan interior yang mendukung karakter terbarunya, Urban SUV. Uniknya, langkah penyegaran yang dilakukan terhadap New Ignis merupakan buah dari hasil interaksi dan masukan para konsumen Suzuki lewat berbagai survei sebelumnya.

 

Dalam sesi “Ngobrol Bareng Mobil123” di kanal media sosial Facebook Mobil123 yang disiarkan langsung pada Kamis, 23 April 2020 mulai pukul 16.30 WIB, Harold Donnel selaku Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkapkan, langkah penyegaran New Ignis dikembangkan berdasarkan input konsumen dari survei pasar yang dilakukan pihaknya. 

“Perubahan New Ignis banyak dari sisi eksterior. Hal ini berkat survei pasar, banyak orang tertarik sama Ignis karena faktor eksteriornya. Mereka banyak bicarakan, Ignis lebih pas bergaya SUV dan tampil macho. Saat pengembangan produknya, aspek eksterior menjadi salah satu fokus penyegaran produk. Kita ubah komposisi gril, lower bumper, rear bumper, dan beberapa tambahan lain seperti diffuser angin di buritan. Sepintas tampilannya berubah, karena sebenarnya apa yang dibutuhkan konsumen saat membeli mobil adalah sebuah kebaruan,” papar Harold.

 

Menurut Harold, sentuhan kebaruan itu yang dimunculkan pada New Ignis model 2020 ini tidak hanya menyentuh masalah eksterior. “Secara interior New Ignis juga mengalami perubahan dan beberapa adjusment. Mulai ‘seat cusion’-nya yang berubah hingga kombinasi warna interiornya juga kita ubah. Ada kombinasi warna silver dan sejalan warna mobil. Itu yang bikin menjadi ciamik. Tidak hanya menarik dari luar tapi juga matching di dalam,” lanjut Harold.

Diungkapkan Harold, penguatan segmen Urban SUV merupakan reposisi atas segmen awal yang lebih mengarah ke City Car lantaran pihak GAIKINDO memasukkannya di kategori City Car. “Pada 2017, lalu ketika Ignis diluncurkan, memang diposisikan oleh GAIKINDO sebagai city car. Namun di internal kami, melihat Ignis tidak hanya murni city car karena ada beberapa sudut pandang yang membuatnya terlihat sebagai SUV berukuran kecil yang kita sebut menjadi Urban SUV,” imbuh Harold.

Menurut Harold, penguatan di segmen Urban SUV, karena New Ignis memiliki ‘modal kuat’ di segmen tersebut. Indikatornya, hadir dengan ground clearance lebih tinggi, model lebih mengotak dan maskulin, plus beberapa eksterior dan interior yang mengedepankan visi SUV perkotaan ini. “Kita sepakat menyebutnya ‘New Breed Urban SUV’. Saat peluncuran kedua, kita pertahankan New Breed Urban SUV sebagai tagline-nya. Kami yakin New Ignis lebih fleksibel tidak hanya di segmen citycar tapi juga bisa masuk ke segmen Urban SUV,” imbuh penyuka olahraga lari ini.

Dibeberkan Harold, memang Urban SUV ini menyasar konsumen lebih muda. “Ide dasarnya anak muda. Silakan yang berminat, umur bisa berapa saja, namun intinya bakalan bisa berbeda dengan tampilan yang dipersegar. Begitu pula New Ignis, berapapun usianya yang membeli, saat membawa Ignis jadi berjiwa muda dan merasa muda,” senyum Harold..

Terkait stok New Ignis dari India yang kini masih menjalani proses Lockdown akibat pandemi virus Covid-19, pihaknya  menjamin stok ketersediaan Ignis tetap ada. “Karena bisnis ini juga internasional, ada ‘buffer stock’ dengan pabrik India, sehingga meski kondisi pandemi, tidak perlu kawatir soal stok. Pasti ada dan bakal terlayani bagi yang ingin membelinya sekarang,” tegas Harold.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *