Home News Perpanjang STNK? Sekarang Harus Uji Emisi Dulu!

Perpanjang STNK? Sekarang Harus Uji Emisi Dulu!

1 min read

Berkaitan dengan kebijakan baru yang diterapkan pemerintah, Pemilik kendaraan wajib uji emisi sebelum perpanjang pajak STNKnya.

Drive and Hype – Baru-baru ini, pemerintah baru saja memberlakukan aturan baru mengenai pajak kendaraan bermotor. Pertauran tersebut dibuat dalam ranga untuk mengurangi tingkat polusi udara di Indonesia. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan bahwa pemilik kendaraan wajib melakukan uji emisi untuk bisa mempepanjang pajak Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka pemilik kendaraan tidak bisa memperpanjang pajak kendaraannya. DIlansir dari Kompas.com, Direktorat Jenderal (Dirjen) Pengendalian Pencemaran Udara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan bahwa aturan tersebut memang masih berbentuk draft, belum diresmikan. Namun rencananya, pertauran tersebut akan mulai diberlakukan tahun ini, sehingga bisa direalisasikan.

Kebijakan ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara. Pada pasal 19 disebutkan bahwa uji emisi merupakan salah satu kewajiban dari persyaratan pembayaran pajak kendaraan bermotor. Uji emisi sendiri dilakukan dengan tujuan agar tingkat polusi Ibukota bisa dikontrol seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan setiap tahunnya.
Load More Related Articles
Load More By Titis Wasilia
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *