Home News Pertama di Indonesia, Citroen Mehari Disulap Jadi Mobil Listrik!

Pertama di Indonesia, Citroen Mehari Disulap Jadi Mobil Listrik!

3 min read

Selain VW Beetle yang dimodifikasi menjadi mobil listrik, Citroen Mehari versi listrik juga pamer unjuk gigi dihadpaan masyarakat Indonesia dalam ajang IEMS 2019.

Drive and Hype – Dalam ajang pameran Indonesia Electric Motor Show 2019 yang digelar pada 4-5 September 2019 kemarin di Balai Kartini, tak hanya diramaikan dengan kehadiran mobil-mobil listrik modern saja, tapi juga tampak sosok mobil klasik yang cukup menarik perhatian para pengunjung. Selain keberadaan VW Beetle alias VW Kodok yang telah dimodifikasi menjadi mobil listrik, ada satu lagi mobil klasik yang juga dimodifikasi menjadi mobil listrik.

Citroen Mehari, dengan balutan warna ungu yan mencolok nampak sangat menarik dan memikat perhatian para pengunjung Balai Kartini di ajang pameran IEMS 2019 kemarin. Bukan Citroen Mehari biasa, sama halnya dengan VW Kodok mobil ini juga sudah dimodifikasi menjadi mobil bermesin listrik oleh anak negeri. Mobil klasik pabrikan Perancis tersebut adalah milik Marius Pratiknjo, salah satu anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang memang peduli pada isu-isu lingkungan.

Memiliki alasan yang sama dengan Rudi sebagai pemilik VW Beetle yang dimodifikasi menjadi listrik, Marius pun mengatakan bahwa tujuan dimodifikasinya Citroen Mehari ini adalah agar mobil klasik tetap bertahan meski telah berpindah era ke era mobil listrik. Menurut Marius sebagai penggemar mobil klasik, langkah-langkah modifikasi mobil klasik menjadi bermesin listrik ini harus mulai dilakukan agar di masa depan, eksistensi mobil klasik tetap bisa dinikmati oleh para pecintanya, tanpa mencemari lingkungan karena mesinnya sudah beralih ke mesin listrik. Proses modifikasi ini menurut Marius membutuhkan waktu sekitar 2 bulan dengan biaya modifikasi dibawah Rp 100 juta.

Awalnya, mobil ini menggunakan mesin 600 cc 2 silinder. Setelah dimodifikasi, mesin 600cc pun digusur dan diganti dengan dinamo tipe DC berdaya 5 kWH. Kemudian, motor listriknya juga dikawinkan dengan girboks standar sebagai penggerak. Mobil ini juga dibekali dengan baterai lithium yang memiliki daya 120 Ampere. Untuk memenuhi daya baterai, diperlukan waktu sekitar 5 jam jika sumber listrik yang digunakan berasal dari tempat umum seperti rumah yang membutuhkan daya 2000 watt.

 

Load More Related Articles
Load More By octo budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *