Home News PLN Kembangkan Mobil SUV dan MPV Bertenaga Listrik

PLN Kembangkan Mobil SUV dan MPV Bertenaga Listrik

2 min read

Seiring dengan wacana mengenai kebijakan kendaraan elektrifikasi di Indonesia, PLN kabarnya sedang mengembangkan sebuah mobil listrik masa depan untuk masyarakat Indonesia.

Drive and Hype – Menyambut era kendaraan listrik yang nampaknya sebentar lagi akan diterapkan di Indonesia. PT PLN kabarnya sedang mengembangkan mobil listrik oleh anak perusahaannya yakni PT Pembangkit Jawa Bali (PJB). PLN mengembangkan dua jenis mobil yakni model SUV dan MPV yang ditenagai listrik.

Dilansir dari CNN Indonesia, Manajer Pengembangan Energi Baru Terbarukan PJB Dimas Kaharudin  juga menjelaskan tak hanya mengembangkan mobil yang bertenaga listrik saja, PLN juga kabarnya mengembangkan mobil tersebut untuk bisa menjadi genset untuk menyuplai listrik rumah tangga. Pengembangan mobil listrik ini baru memasuki tahap desain konsep saja, belum sampai membuat prototipe.

image source: CNN Indonesia

Nantinya, mobil yang dikembangkan PLN adalah SUV bernama S series 5-penumpang, sementara MPV E series 7-penumpang. Kabarnya, pengembangan mobil listrik buatan PLN ini diperkirakan selesai 3 tahun lagi dan akan dipamerkan dalam bentuk prototipe terlebih dahulu. Kedua mobil yang akan dikembangkan PLN tersebut nantinya akan menggunakan berbahan carbon fiber guna menekan bobotnya. Material tersebut adalah material yang sering digunakan oleh perusahaan produsen kendaraan pada umumnya.

Bocorannya, PLN mengklaim bahwa mobil buatannya tersebut akan dilengkapi dua motor listrik yang masing-masing punya tenaga setara 268 tenaga kuda dan torsi 750 Nm. Pengisian daya baterai dirancang sesuai dengan sistem fast charging 800 volt.

Load More Related Articles
Load More By octo budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *