Home News Raih Respon Positif, Astra Peugeot Genjot Penjualan SUV New Peugeot 3008

Raih Respon Positif, Astra Peugeot Genjot Penjualan SUV New Peugeot 3008

5 min read

New Peugeot 3008 saat ini menjadi backbone penjualan Peugeot di Tanah Air. Di kelasnya, SUV berlabel ‘Singa Jingkrak’ ini unggul dalam hal kelengkapan fitur, desain modern, kenyamanan, dan harga bersaing.

Drive and Hype –  Pada akhir Maret 2018 lalu, PT Astra International Tbk – Peugeot Sales Operation selaku Agen Pemegang Merek (APM) Peugeot di Indonesia, meluncurkan New Peugeot 3008. New Peugeot 3008 merupakan modernitas dari 3008 generasi sebelumnya, yang mengalami pengembangan pada penggabungan daya tarik Peugeot dan kenyamanan berkendara.

Dalam kesempatan berbuka puasa bersama media di Jakarta, Kamis (23/5/2019), Fredy Jeo, Head of Sales PT Astra International – Peugeot (AI-P) menjelaskan, New 3008 yang sudah hadir setahun lamanya cukup mendapat repon positif publik otomotif Tanah Air. “Penjualan model Peugeot selama 2018 total sekitar 150-an unit. Dari jumlah tersebut, sekitar 80 persen didominasi New Peugeot 3008. Respon peminatnya cukup besar untuk SUV Crossover ini,” ujar Fredy.

Produk terbaru SUV New Peugeot 3008

Mengandalkan fitur lengkap dan desain modern, New Peugeot 3008 di kelasnya menghadapi kompetitor yang cukup berat, yakni BMW X1 dan Mercedes-Benz GLA. Namun secara harga, New Peugeot 3008 dibanderol lebih kompetitif. Apalagi dengan sematan fitur lebih komplit dan desain menarik. Kalau harga kompetitor sudah di kisaran Rp 800 juta ke atas, maka New Peugeot 3008 dilabeli harga Rp 730 juta on the road Jabodetabek,” jelas Fredy.

Optimisme penjualan Peugeot tahun ini akan bertambah, menurut Fredy, karena pada bulan depan pihaknya juga akan melansir model terbaru SUV 7-seater New Peugeot 5008, yang diakui performa dan kualitasnya serta mendapat berbagai penghargaan di Eropa. “Dengan kehadiran model baru ini, kami berharap bisa mencetak penjualan sekitar 300 unit dari semua model Peugeot'” ujar Fredy.

Sementara menurut Fredy, pasar terbesar Peugeot masih di seputaran Jabodetabek, yakni mencapai sekitar 60% dari total penjualan Peugeot di Indonesia. Berikutnya wilayah Jawa Timur sekitar 30% yang terpusat di Surabaya. Sisa penjualan yang 10% datang dari berbagai kota besar di Indonesia.

“Strategi kami saat ini untuk meningkatkan penjualan yakni memprioritaskan brand awarness, sosialisasi produk di sosial media, dan bekerja sama dengan media online ataupun program offline lainnya,” lanjut Fredy. Astra Peugeot juga sedang membenahi dan menyempurnakan layanan purna jual sebagai pendukung utama penjualan.

New Peugeot 208

Keberadaan diler atau outlet Peugeot di Indonesia memang masih gampang dihitung jari. Untuk seluruh Indonesia, total baru ada 5 outlet resmi. Di seputaran Jabodetabek, berada di Sunter, Cilandak, dan Serpong, Tangerang. Sedangkan sisanya berada di Solo dan Surabaya. Outlet Astra Peugeot di Solo merupakan diler terbaru yang baru saja diresmikan, yang beralamat di Jl. Adi Sucipto No. 135 C, Jajar, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah.

Untuk ke depannya, Astra Peugeot menurut Fredy, selain mempersiapkan Peugeot 5008, juga sedang mempelajari 208 Hatchback. “Kalau 5008 lebih mengisi ke kendaraan fungsional untuk keluarga, maka 208 menyasar mereka yang mencari kendaraan perkotaan yang simpel, praktis, dan hemat BBM,” papar Fredy.

New Peugeot 3008 mulai diperkenalkan oleh PSA Groupe – Peugeot ke publik dunia pada 2016 lalu di ajang Paris Motor Show. Selama kehadirannya di pasar SUV dunia, berbagai penghargaan berhasil diraih Peugeot 3008, antara lain: European Car Of The Year 2017, Reddot Award 2017, juara di Rally Dakkar tiga kali berturut-turut (2016, 2017, 2018) dan dua kali meraih Best SUV – Car BUYER 2018. Di Indonesia, New 3008 bakal menghadapi Mercedes-Benz GLA, BMW X1, Audi Q3, dan VW Tiguan.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *