Home Otomotif Modifikasi Rangkaian Kontes Modifikasi IAM MBtech 2019 Kembali Digelar

Rangkaian Kontes Modifikasi IAM MBtech 2019 Kembali Digelar

6 min read

Seri pameran modifikasi mobil terbesar di Asia Tenggara berlabel Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019 kembali digelar tahun ini. Harapannya, menghadirkan kreasi dan inovasi modifikasi yang berbeda dengan sebelumnya.

Drive and Hype – Ajang pameran dan kontes modifikasi “Indonesia Automodified” (IAM) 2019 akan digelar di 14 kota besar di Indonesia. Seperti sebelumnya, IAM diselenggarakan PT HIN Promosindo yang biasa menggelar event modifikasi serupa. Seri pembuka IAM 2019 akan dimulai di kota Surabaya pada 23 – 24 Maret 2019 yang mengambil lokasi di Tunjungan Plaza Surabaya.

Sebelumnya HIN Promosindo telah menggelar acara serupa berskala internasional di International Automodified Bangkok, Thailand, pada 15 – 17 Februari 2019 lalu. Untuk acara internasional lainnya, IAM berikutnya akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan penyelenggaraan sebanyak 14 kota plus Bangkok dan Kuala Lumpur, Automodified diharapkan menjadi event pameran modifikasi otomotif terbesar dan terluas yang diselenggarakan di Tanah Air dan regional ASEAN.

Penjelasan tentang jalannya kontes modifikasi IAM MBtech 2019

Untuk seri 2019 ini, IAM didukung MBtech, sebagai salah satu merek kulit sintetis otomotif terbesar yang produknya sering diaplikasikan dalam modifikasi interior. Dukungan lain juga ditunjukkan Astra Daihatsu Motor (ADM) yang terus mendukung IAM sejak pertama diadakan pada 2014, bersamaan diadakannya Sirion Dress-up Challenge (2014-2016) dan Daihatsu Dress-up Challenge (2017-sekarang).

Baca Juga : MBtech Ada Kelas Khusus Modifikasi Interior Di Kontes IAM MBtech

Di setiap seri IAM MBtech 2019 tersebut, ada sekitar 150 award atau tropi yang diperebutkan. Tropi ini sebagai apresiasi terhadap mobil modifikasi yang berkompetisi dengan berbagai aliran untuk menjadi yang terbaik. Aliran modifikasi yang sering muncul di kontes IAM biasanya menganut paham stace/fitment, street racing, racing, rally, off-road, VIP, elegant, JDM, Classic, Retro, Exotics, Performance, hingga Extreme.

Untuk penilaian, IAM 2019 mengandalkan team juri sebanyak 10 orang, yang melakukan penilaian secara bergiliran di tiap seri secara berbeda. “Biasanya per seri dilakukan sekitar 3-4 orang juri yang melakukannya secara bergantian. Selain juri lokal, kami juga datangkan juri mancanegara yang ahli dan pemain modifikasi di negerinya masing-masing. Terlebih untuk seri Final Battle di Jakarta,” jelas Reza Aliwarga, Chief Executive Officer PT HIN Promosindo.

Penilaian atas modifikasi didasarkan kualitas dan kelengkapan modifikasi pada 8 sektor yang meliputi Overall Build, Exterior, Paint, Engine, Undercarriage, Interior, Car Audio & Video, serta Presentation.

Jadwal IAM MBtech 2019 di 14 kota besar di Indonesia

Untuk seri 2019, ada perubahan regulasi demi penyempurnaan jalannya kontes. Di tahun ini, sebagian besar awards utama, termasuk gelar King of Automodified, akan dibagi kelas Players dan Tuners.

Kelas Players dimaksudkan bagi mobil yang dimodifikasi lebih ekstensif dan mayoritas diperuntukkan hanya untuk kontes ketimbang dipakai harian. Di kelas ini, tidak ada batasan sektor mana yang boleh dimodifikasi kecuali batasan dalam peraturan umum IAM MBtech tahun ini. Seperti, tidak diperbolehkannya mengubah jumlah maupun jarak sumbu roda.

Sementara kelas Tuners dimaksudkan bagi mobil modifikasi non-ekstrim dan masih fungsional dipakai harian. Terdapat beberapa batasan teknis yang tidak boleh dilewati bila kompetitor ingin berkompetisi di kelas ini. Di antaranya, tidak diperbolehkannya body conversion alias mengubah bentuk asli mobil, menghilangkan pilar struktur mobil, modifikasi bukaan engsel pintu dan bagasi, serta penggunaan sistem motorized.

Baca juga: Daihatsu Dress-up Challenge, Salah Satu Program Modifikasi Menarik di IAM MBtech 2019

Seperti pada tahun sebelumnya, mobil yang berhasil meraih awards akan meraih poin ELITE, yang merupakan pengumpulan poin bersistem klasemen (championship). ELITE point bersifat akumulatif dari 14 seri penyelenggaraan IAM MBtech di Indonesia.

IAM MBtech tahun ini juga akan kembali menghadirkan kompetisi audio mobil HIN Sound&Style, yang akan melombakan sejumlah kelas yakni SQ (In Car Entertainment), SQL (Outdoor Entertainment), Internal SPL, dan External SPL.

Selain kompetisi utama tersebut, berbagai program “wajib” yang diselenggarakan setiap tahunnya juga akan kembali hadir, seperti HIN Girl friends & Miss HIN Search, HIN Dance Music Festival (HDMF), IAM DJ Hunt, serta Photography Competition. Bersama mobil modifikasi, keseluruhan program acara tersebut akan dinanti peserta maupun pengunjung di setiap kota penyelenggaran Indonesia Automodified (IAM) MBtech 2019.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *