Home Hobby Resmi Dibuka, Bengkel Air Cooled Garage Siap Layani VW Klasik

Resmi Dibuka, Bengkel Air Cooled Garage Siap Layani VW Klasik

8 min read

Berawal dari bengkel rumahan, pemilik bengkel ini mengembangkan usahanya dari rasa kepercayaandan kepuasan konsumennya. Kini menempati lahan lebih luas agar lebih leluasa melayani pelanggannya.

Drive and Hype – Di kalangan penggemar dan pemilik kendaraan Volkswagen (VW) klasik dengan mesin berpendingin udara (air cooled) di Tanah Air, nama Yahdi Rizalah tentunya sudah tidak asing lagi. Pria simpatik ini sudah memulai kesukaannya di dunia VW klasik Tanah Air sejak masih muda. Kiprah Rizal -sapaan akrabnya-  di dunia per-VW-an Tanah Air, dimulai dari awal kesukaannya terhadap mobil rakyat Jerman ini.

Kesukaannya pada mobil rakyat Jerman dan adanya berbagai peluang bagus secara bisnis di dunia VW Tanah Air yang bisa dimanfaatkan sambil menjalankan hobinya, yang akhirnya membuat dirinya memutuskan diri segera pensiun dini dari jabatan nyaman di genggamannya; Area Manager di salah satu perusahaan operator telepon selular CDMA milik grup Bakrie Telecom.

“Saya putuskan berhenti bekerja dan ambil opsi pensiun dini dari perusahaan tersebut. Obsesi saya saat itu memang ingin punya usaha sendiri. Kebetulan saya juga penyuka VW. Akhirnya saya mencoba memulai usaha bisnis jual-beli spare parts dan aksesori VW klasik secara online yang memanfaatkan jaringan sosial media,” ujar Rizal.

Menurutnya, usaha jual-beli komponen VW yang memanfaatkan efek positif dunia maya tersebut, mulai dilakukannya pada 2015. Feeling-nya ternyata benar, usaha rintisannya tersebut terus berkembang. Terlebih, respon pelanggannya tidak sekadar nyari spare parts saja, tapi banyak juga yang bertanya ke dirinya, apakah bisa sekalian memasang komponen yang dibelinya tersebut.

Mekanik VW Ujang (kiri) bersama Yahdi Rizalah (kanan), pemilik dan pengelola bengkel Air Cooled Garage

Merespons besarnya permintaan pelanggannya, tepat pada Februari 2017, Rizal akhirnya memberanikan diri membuka bengkel, kendati masih mengandalkan garasi halaman rumahnya sendiri di Bogor. Sebagai mitra kerjanya membongkar-pasang mesin, kaki-kaki, dan sebagainya, Rizal mengajak Ujang, salah satu mantan mekanik andal bengkel Hantu Laut yang dipunggawai H. Yanto di bilangan H. Nawi, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Keseriusannya menggarap sektor bengkel khusus VW air cooled ini, didasari pada fakta yang sering didapat Rizal, “Sebagian penggemar dan pemilik VW cukup sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk meng-handle VW-nya secara kontinyu. Termasuk soal perawatan dan perbaikannya. Karena kesibukan tersebut, urusan mobil menjadi terbengkalai, gak ada yang ngurus,” cerita Rizal.

Sebagian anggota klub Volkswagen Van Club (VVC) yang ikut hadir di acara syukuran peresmian bengkel Air Cooled Garage

Berangkat dari kenyataan tersebut, Rizal melihat adanya sebuah peluang menarik dan bagus. “Ini kesempatan bagi saya untuk bisa membantu dan meringankan beban perawatan dan perbaikan yang harus dihadapi pemilik VW klasik. Konsep bengkel Air Cooled Garage yang saya buat bukan hanya sebagai bengkel, tapi juga melayani perawatan dan konsultasi terkait spek mesin atau komponen lainnya yang diinginkan sesuai kebutuhan,” papar Rizal.

Apalagi, bengkelnya tersebut lebih mengambil spesialisasi pada persoalan mesin dan kinerja kaki-kaki agar VW klasik tetap nyaman dinaiki. “Untuk spek barangnya, terutama mesin dan kaki-kaki, saya lebih memilih produk original. Meski sekarang agak sulit, namun biasanya tetap ada yang menyimpan stoknya di kalangan penggemar. Tinggal kelihaian kita saja untuk bisa menegoisasinya.”

Kumpul syukuran bengkel, yang menjadi topik pembahasan tidak jauh dari seputar mobil hobinya

Menurut Rizal, tipikal atau karakter para pelanggan atau konsumen yang datang ke bengkelnya cukup beragam. “Mereka kebanyakan datang dari orang-orang yang super sibuk. Mereka ini ingin kendaraan VW-nya selalu dalam kondisi ‘best performance’, awet mesinnya, nyaman kaki-kakinya, memuaskan sistem kelistrikannya sehingga selalu nyaman saat dikendarai,” ulas anggota VVC bernomor lambung VVC-509 ini.

Guna meyakinkan konsumennya agar terus menyambangi bengkelnya, apalagi sudah ada beberapa bengkel khusus VW klasik banyak bertebaran, Rizal tetap mengaku optimis dan yakin dengan peluang bengkelnya. “Saya akan utamakan kualitas hasil kerja, garansi kerja, dan layanan perawatan yang berbeda dengan bengkel-bengkel yang sudah ada,” tegas Rizal yang kadang juga memakai pola ‘jemput bola’ dalam kondisi tertentu untuk menangani VW pelanggannya.

Diakuinya, meski setiap tahap disyukuri Rizal bisa dilewati, namun tetap ada saja kendala saat mulai menjalani bisnis usaha bengkel VW ini. “Kendala utama saat ini lebih ke persoalan modal usaha yang terbatas, untuk melengkapi alat-alat kerja yang semakin modern. Tapi untuk mesin aircooled VW yang sederhana, peralatan yang ada sekarang sudah memadai,” imbuh Rizal.

Bagi yang ingin memperbaiki VW klasik kesayangannya, silakan bertandang ke bengkel Air Cooled Garage yang berlokasi di Jalan Raya Johar No.27, Cimanggu, Tanah Sereal, Bogor 16163. Lokasi bengkel yang ditempati sekarang, sebelumnya merupakan bekas pengolahan pakan ternak sapi yang sudah habis masa sewanya dan kemudian direnovasi oleh Rizal menjadi bengkel. “Seputar bengkel memang wilayah industri. Jadi kami lebih nyaman saat bekerja, seperti nyetel mesin sekarang lebih bebas tidak khawatir bikin berisik tetangga,” senyum Rizal.

Nah, bagi Anda yang butuh panduan menuju ke lokasi atau sekadar konsultasi mengenai restorasi atau perawatan VW klasiknya, Air Cooled Garage bisa dikontak melalui nomor ponsel: 0812 9009 1972 (WA & SMS).

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Hobby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *