Home Otomotif Modifikasi Restorasi Chevrolet Apache C10 – 1961: Saksi Sejarah Sukses Honda di Pasar Amerika

Restorasi Chevrolet Apache C10 – 1961: Saksi Sejarah Sukses Honda di Pasar Amerika

9 min read

Memperingati 60 tahun eksistensinya di Amerika sekaligus menandai jejak sejarahnya, Honda Amerika merestorasi sebuah pickup Chevrolet (Chevy) Apache C10 produk tahun 1961. Dulunya, pick up legendaris ini digunakan Honda Amerika untuk mengantar motor barunya ke dealer mereka.

Drive and Hype – Seolah tak ingin mengingkari fakta sejarah awal kesuksesannya di Amerika, pihak Honda Amerika akhirnya merestorasi sebuah pick up Chevrolet (Chevy) Apache C10 tahun 1961, dengan tampilan mirip pertama kalinya hadir di jajaran truk pengangkut motor baru mereka ke berbagai diler Honda motor di California dan Los Angeles.

Chevy Apache C10 1961 ini merupakan andalan Honda Amerika untuk mengangkut produksi pertama Honda 50 dan CB160 ke berbagai diler pada awal 1960-an. Langkah restorasi yang otentik ini merupakan bagian dari cara memperingati 60 tahun eksistensi Honda di Amerika. Hasil restorasi ini juga dipamerkan di SEMA Show, lengkap dengan 2 motor pertama yang diangkutnya tersebut berada di baknya.

Penggunaan Chevy Apache C10 sebagai armada pengangkut motor Honda, dimulai ketika American Honda Motor Co., Inc (AHM) pertama kali membuka bisnisnya pada tahun 1959. AHM saat itu membeli armada kecil pickup Chevy tersebut untuk mengirimkan sepeda motor rakitannya ke dealer Honda yang masih baru di California Selatan. Salah satu truk Apache C10 ini digambarkan seperti di foto ikon sekitar tahun 1961 di depan kantor asli AHM di 4077 Pico Blvd.  di Los Angeles.  

Menggarisbawahi pentingnya sejarah mereka selama masa-masa awal memasuki pasar Amerika, Honda Amerika berusaha mengembalikan Chevy Apache C10 tersebut agar sesuai dengan yang berada di foto dokumentasi lama mereka, sekaligus dalam upaya menjadikannya bagian dari ikonik perayaan ulang tahun perusahaan yang ke-60.  

Inilah sosok asli Chevy Apache C10 di saat penampilan pertamanya menjadi truk delivery motor honda ke berbagai diler di Amerika

Proses pencarian bahan Chevy C10 yang pernah menjadi bagian keluarga besar Honda Amerika ini ini cukup sulit dan memakan waktu lama. Pencarian jejak sang Apache C10 akhirnya bisa diketahui lewat arsip dokumen kendaraan Amerika plus dibantu dengan kesaksian mantan karyawannya yang tahu betul seluk-beluk kendaraan tersebut.

Lewat pencarian yang tak mudah, akhirnya unit asli Apache C10 eks Honda Amerika tersebut ditemukan. Langkah restorasi pick up bermuatan beban setengah ton tersebut pun dimulai. Proses restorasi bodi mulai dari pengecatan hingga model grafis bodi khas Honda Amerika yang meniru skema cat aslinya, dilakukan secara detail.

Grafis bodi masih disamakan dengan versi aslinya yang mencirikan kendaraan khas Honda Amerika

Dulunya, truk ini digunakan salesman perusahaan yang mengirimkan sepeda motor ke dealer berdasarkan konsinyasi. Armada truk Apache C10 inilah yang banyak membantu Honda Amerika cepat membangun pijakan pasarnya di Amerika yang dimulai di California Selatan.

Pada 1965, Honda merupakan merek sepeda motor terlaris di Amerika dengan pangsa pasar hampir 72 persen. Penyiapan Chevy Apache C10 sebagai ikon truk khusus untuk debutnya pada perayaan ulang tahun AHM yang ke-60 pada 11 Juni 2019 lalu, truk itu diberi penyegaran pada sektor dapur pacu dan tampilan yang segar. Untuk grafis sesuai aslinya, dilakukan secara handmade.

Untuk menambah otentifikasinya, dua sepeda motor vintage, Honda 50 dan CB160, seperti yang awalnya dibawa di truk seperti di foto dokumentasi, turut ditempatkan di bak truk. Paket lengkap hasil akhir karya restorasi ini sementara ini dipajang di lobi kantor pusat Honda Amerika di Torrance, California. Tampilan perdana depan umum dilakukan pada ajang SEMA Show 2019 dan beberapa acara promosi motor Honda lainnya di seluruh Amerika, termasuk pertemuan kendaraan klasik di California Selatan.

Selanjutnya truk ikonik ini akan menempati posisinya di American Honda Collection Hall di Torrance, California, dengan backstage lansekap replika kantor perusahaan pertama Honda Amerika di Los Angeles. Chevy Apache C10 merupakan truk pengiriman dengan spesifikasi daya angkut hingga 500 kg, bermesin V8 berkapasitas 4.600cc dengan 160 hp yang dipadu transmisi manual 3-percepatan.

Dari bodi hingga sumber pacunya telah mengalami proses restorasi total dan sempurna layaknya seperti baru lagi

Untuk melengkapi otentifikasinya, Honda Amerika juga meletakkan dua sepeda motor yang legendaris tersebut di masanya. Sehingga tampilan akhir benar-benar mirip sebuah tampilan paket delivery ketika wiraniaga berkeliling ke negara bagian untuk mendukung dealer mereka.  

Honda 50 tahun 1965 berwarna merah, yang dikenal sebagai Super Cub, menempati sisi kiri bak truk. Model ini merupakan kesuksesan pertama sepeda motor Honda yang dijual di AS. “Nifty Thrifty Honda 50″, demikian sebutan yang seperti diiklankan, menempatkan Honda di peta penjualan terlaris di Amerika pada awal 1960-an, dan tentunya di berbagai negara seluruh dunia.

Duet Honda Supercub 50 dan Honda CB160 yang menjadi hits penjualan saat itu di Amerika

Kelebihan Honda 50 saat itu, mudah dikendarai oleh hampir semua orang, praktis dan irit. Honda 50 menjadi hit mengejutkan saat itu, yang mana tenar melalui kampanye pemasaran: “You meet the nicest people on a Honda”. Terbukti Super Cub model 1965 hingga kini sukses mengiringi kiprah Honda selama 60 tahun dengan segala kesempurnaannya. Honda 50 dirakit di atas rangka Pressed steel, step-through monocoque frame. Mesinnya berkapasitas 49 cc dengan silinder tunggal. Transmisinya 3-percepatan semi-otomatis dengan kopling sentrifugal.

Sementara motor lainnya yang berada di bak Apache C10 ini adalah Honda CB160 1965 asli, salah satu motor sport laki di awal kiprah Honda. Generasi CB bermesin kecil tersebut menjadi hits besar bagi Honda Amerika, mengikuti jejak CB77 “Super Hawk” bermesin lebih besar dengan frame tubular steel. Majalah Cycle World bahkan menjuluki CB160 ini sebagai “bayi Super Hawk” saat itu.

Honda CB160 merupakan model populer sepeda motor sport Honda selain model Honda 50 atau 90. Sebelum dipajang di bak truk Apache, CB160 model 1965 ini juga telah dipulihkan dan  menjalani proses restorasi yang sempurna.  Honda CB160 memiliki spesifikasi rangka tubular steel backbone dengan mesin twin vertikal berkapasitas 161 cc SOHC berdaya 16,5 HP, transmisi manual 4-speed,dan dilengkapi starter elektrik.

Foto: Honda

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *