Home Otomotif First Impression Review All New Toyota Camry 2019 : Wajah Baru Semakin Seru!

Review All New Toyota Camry 2019 : Wajah Baru Semakin Seru!

11 min read

Berlandaskan platform terbaru TNGA, All New Toyota Camry menawarkan rasa berkendara dengan sensasi berbeda. Sosoknya kini lebih mewah, kokoh dan stabil, semakin mengekspresikan kepercayaan diri sebagai ‘King of Sedan’ di segmennya.

Drive and Hype – Mengawali tahun 2019, PT Toyota Astra Motor (TAM) langsung menggebrak kelas sedan saloon dengan penampilan produk terbarunya, All New Toyota Camry. Tidak ingin terkesan ‘nanggung’  dan penuh optimisme, All New Camry hadir dengan 3 varian, yakni G, V, dan model ‘top of the line’-nya, versi Hybrid. Ketiga model ini diluncurkan di hadapan awak media pada Selasa, 8 Januari 2019 di Blue Grass, Jakarta.

Yang membuat All New Camry ini lebih istimewa, lantaran konsep ‘all new’ tersebut memang ditumpahkan pada realisasi platform terbaru Toyota, TNGA (Toyota New Global Architechture). Di Tanah Air, TAM sudah sudah memperkenalkan platform TNGA ini pada Toyota C-HR yang tahun lalu diluncurkan di ajang pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. TNGA adalah platform pengembangan Toyota untuk kendaraan globalnya demi mencapai optimalisasi keseimbangan dalam kelincahan (agility), stabilitas(stability), dan visibilitas (visibility).

Tampilan depan-belakang All New Camry versi Hybrid

Dengan platform TNGA, All New Camry memadukan keanggunan dan kemewahan dengan penciptaan tingkat kesempurnaan baru yang memberi pengalaman berkendara dinamis, tak terduga, dan memikat hati penggunanya. Berkat platform TNGA pula, tampilan dan performa All New Camry diklaim lebih kokoh dan stabil, serta mengekspresikan kepercayaan diri sebagai King of Sedan. 

 

Dalam sambutannya sebelum pembukaan selubung All New Camry, Presiden Direktur PT TAM, Yoshihiro Nakata menyatakan, dengan tagline Outclass Elegance, Camry memberi pengalaman berkendara lebih menyenangkan dan berbeda dibanding versi sebelumnya. “All New Camry 2019 hadir dengan sentuhan tampilan semakin mewah sekaligus sporty. Kehadiran All New Camry diharapkan mampu menjadi pilihan segar bagi konsumen. Termasuk tentunya mendorong segmen sedan saloon agar lebih menarik di tahun ini,” ujar Nakata.

Baca juga : All New Toyota Camry Resmi Beredar di Indonesia

All New Toyota Camry tipe V

Kehadiran All New Toyota Camry di skala global merupakan generasi ke-8 terhitung sejak generasi pertama diluncurkan pada 1982. Hingga sekarang, angka penjualan Camry sudah mencapai lebih dari 18 juta di 100 negara. Debut global Camry generasi ke-8 ini dimulai pada ajang Detroit Auto Show Januari 2018 lalu. Setidaknya, butuh waktu setahun hingga All-new Camry yang diproduksi di Thailand akhirnya masuk pasar Indonesia.

Camry sendiri pertama kali muncul di Indonesia pada 1999. Kehadirannya yang fenomenal dengan segala karakternya tersebut di segmen khusus, berhasil membuatnya menjadi market leader di kelasnya hingga saat ini. Untuk memperkuat posisinya sekaligus pionir di kelasnya, pada 2012 TAM bahkan mendatangkan Camry Hybrid dan tercatat sebagai mobil hybrid terlaris di pasar otomotif nasional.

Review Eksterior :

Didukung platform TNGA, All New Camry hadir lebih kokoh dengan dimensi lebih besar dengan pusat grativitasi yang lebih rendah, serta konstruksi sasis menjadi lebih lebar dibandingkan pendahulunya.

Dalam spesifikasi di brosur yang diberikan, tertera kalau All New Camry kini lebih panjang 35 mm dari versi sebelumnya sehingga kini menjadi 4.885 mm. Demikian pula lebar bodi 1.840 mm atau lebih lebar 15 mm dibanding model sebelumnya. Tinggi All New Camry juga dipangkas menjadi 1.445 mm atau lebih rendah 25 mm dibanding versi sebelumnya yang 1.470 mm. Demi menciptakan kestabilan, jarak sumbu roda atau wheelbase 2.825 mm atau lebih panjang 50 mm dibandingkan sebelumnya.

All New Toyota Camry tipe G

Rancangan eksterior All New Camry berkonsep “Aggressive Smart Confidence”. Ini menyiratkan bahwa bagian depan dan belakang dirancang memberi sugesti kuat sebagai kendaraan kelas atas yang agresif dan mewah. Perwajahan All New Camry didukung lampu depan-belakang berteknologi LED. Dari samping, sekilas mirip sebuah sedan coupe.

Nuansa sporty semakin kuat dengan konstruksi All New Camry yang kini lebih lebar. Aspek kenyamanan makin optimal berkat suspensi belakang All New Camry yang mengusung format double wishbone. Dukungan platform TNGA yang mengedepankan visibility, stability, dan quite cabin, juga menjadikan kendaraan ini stabil, lincah, dan semakin nyaman dikendarai.

Review Interior:

Interior All New Camry dirancang menghadirkan nuansa lebih stylish, yang mengedepankan kepraktisan. Interiornya merupakan kombinasi keleluasaan dan aura sporty. Desain dashboard kombinasi T-shape yang disandang model sebelumnya kini berganti model cockpit individual dashboard. Sekilas, lebih interiornya lebih menarik.

Rancangan dashboard lebih ramping ini tidak hanya memberikan visibilitas lebih luas, juga memudahkan menjangkau fitur instrumen di kabin. Ruang kabin sendiri hadir dengan layout kendaraan kelas mewah. Desain ini memang lebih diarahkan untuk kepuasan atas ekspektasi pelanggan terhadap mobil kelas atas.

Fitur moon-roof pada varian V dan Hybrid, memberikan kesan mewah dan eksklusif

Pada varian V dan Hybrid, All New Camry menyajikan fitur moon-roof. Sistem audio varian V dan G mengusung layar touchscreen AVX  9 inch dengan DVD, Radio, USB, AUX, HDMI, Bluetooth, Miracast, Internet, dan 6-speakers. Dua varian ini juga dilengkapi Multi Information Display (MID) berlayar 4,2 inch yang menampilkan informasi perjalanan, eco indicator, fitur kendaraan, sistem sekuriti, hingga tekanan angin pada ban (tire pressure).

Lingkar kemudi Tipe V, semua panel instrumen mudah dijangkau

Sistem pendingin varian G dan V menggunakan sistem dual zone dengan kontrol terpisah untuk bagian depan (pengemudi) dan penumpang belakang. All New Camry juga dilengkapi wireless charger untuk varian V dan Hybrid. Semua varian dilengkapi kursi berbahan kulit kualitas terbaik dengan desain sporty. Guna memberi kenyamanan lebih ke pengemudi, pedal akselerator didesain khusus yang memberi kemudahan agar kaki bergerak natural sehingga menghasilkan respon terbaik dan lebih menyenangkan.

Mesin:

All New Toyota Camry varian G dan V mengusung mesin dengan kode 2AR-FE berformat 4-silinder segaris dan berkapasitas 2.494 cc. Tenaga maksimun yang dihasilkan sebesar 183 ps pada 6.000 rpm dengan torsi maksimum 234 Nm pada 4.100 rpm.

Sedangkan untuk varian Hybrid, All New Camry menggunakan mesin tipe A25A-FXS dengan kapasitas 2.487 cc. Mesin ini menghasilkan daya maksimum 178 ps pada 5.700 rpm. Sementara torsi maksimumnya  220 Nm pada 3.600-5.200 rpm. Untuk motor listriknya, varian Hybrid menggunakan motor elektrik berkekuatan 202 Nm.

Fitur Keselamatan dan Asistensi Pengemudi:

Seperti layaknya terpasang di kendaraan kelas atas, All New Toyota Camry memberikan fitur keselamatan (safety) yang lengkap ke penggunanya. Fitu keselamatan ini antara lain Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function, dan sebagainya, termasuk kelengkapan  7-airbags, ABS, EBD, BA, VSC, dan HSA.

Fitur head-up display yang membantu pengemudi di pengendaraan malam hari 

“Dengan penampilan yang lebih anggun, mewah dan sporty, dan didukung sejumlah fitur terbaru, All New Camry tidak hanya menawarkan kenyamanan lebih, namun juga sekaligus memberikan kesan yang lebih prestise terhadap pelanggan. Dan ini adalah bagian strategi kami untuk selalu mewujudkan total ownership experience yang maksimal bagi pelanggan Toyota,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, usai foto bersama setelah peluncuran resmi All New Camry.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *