Home Hobby ROI Anugerahkan Penghargaan Penjelajah Motor Indonesia Terjauh untuk Jeffrey Polnaja

ROI Anugerahkan Penghargaan Penjelajah Motor Indonesia Terjauh untuk Jeffrey Polnaja

8 min read

Berkat komitmen dan konsistensinya memperkenalkan Indonesia ke dunia dengan solo-touring naik motor keliling dunia sejauh 420.000 kilometer, membuat Rekor Otomotif Indonesia menganugerahkan penghargaan khusus untuk Jeffrey Polnaja. 

Drive and Hype – Kisah dan prestasi biker Indonesia asal Bandung, Jeffrey Polnaja, yang sukses melakukan solo-touring naik motor keliling dunia dalam rangka memperkenalkan Indonesia, akhirnya menarik perhatian pihak Rekor Otomotif Indonesia (ROI). ROI yang kerap memberikan atensi pada perkembangan dan prestasi yang dicapai insan otomotif atau kualitas produk asli Indonesia, tergerak memberikan penghargaan khusus untuk Kang JJ, sapaan akrab Jeffrey Polnaja. 

Penyerahan penghargaan ROI untuk berkendara motor seorang diri keliling dunia terjauh yang diserahkan ke Jeffrey Polnaja

Kang JJ merupakan salah satu biker kebanggaan Indonesia yang sukses membawa harum nama bangsa lewat hobi kesukaannya, naik motor berkeliling dunia seorang diri dalam rangka mensosialisasikan nama dan bangsa Indonesia ke tiap negara yang dilintasinya. Pria kelahiran Bandung tahun 1962 tersebut memang dikenal sebagai petualang sejak muda. Beragam petualangan juga sudah dimulai sejak aktif di Aviantara Aero Club.

Di klub terbang layang ini, Kang JJ berhasil meraih predikat terbang solo dengan pesawat layang tandem maupun single seater buatan Schweizer Aircraft, Amerika. Kemudian di tahun yang sama, yakni pada 1978, Kang JJ muda juga sudah memulai petualangan touring jarak jauhnya dengan kendaraan roda dua melintasi pulau Jawa hingga Bali. Kiprahnya sebagai petualang alias biker sudah tak diragukan lagi. Seringkali Jeffrey melakukan perjalanan touring panjang seorang diri.

 

Sekadar kilas balik, Kang JJ melakukan solo-touring keliling dunia naik motor sendirian (solo-touring) pada 2006. Perjalanan panjang solo-touring saat itu mengambil tema “Ride for Peace” yang intinya membawa misi perdamaian Indonesia untuk dunia, sekaligus menunjukkan Indonesia itu negeri indah dan damai. Karena saat itu, serangkaian berbagai peristiwa terjadi di Tanah Air sempat membuat khawatir para pelancong dan menurunkan drastis tingkat kunjungan wisata saat itu.

Dimulai dari 2006, selama 7 tahun, bersama BMW R1150 GS kesayangannya, Kang JJ melintasi 97 negara berbagai benua, menempuh jarak 420.000 kilometer, dengan masa tempuh hingga 9 tahun! “Lamanya penjelajahan lantaran selama perjalanan saya menghadapi berbagai kondisi tidak terduga, mulai ditabrak hingga motor hilang. Belum lagi problem teknis motor, kondisi perang di beberapa negara, kondisi tubuh, hingga perubahan cuaca ekstrem di antara benua dan negara,” cerita Kang JJ saat finish di Tanah Air saat itu.

Motor Honda CRF1000 DCT Africa Twin L2 yang akan dipakai Jefrrey Polnaja keliling dunia untuk kedua kalinya

Berkat niat keras dan inspirasinya untuk peduli dengan nama besar bangsa, serta untuk menghargai setiap niat untuk memulai kembali perjalanan keliling dunia berikutnya yang akan kembali dijalani oleh Kang JJ, maka ROI menyerahkan piagam penghargaan untuk Kang JJ yang bersamaan acara pelepasan dirinya untuk berkeliling dunia kedua kalinya, pada Sabtu (27/10/2019) kemarin di Bandung.

ROI mengapresiasi kegiatan touring yang dilakukan Jeffrey Polnaja dalam upaya memperkenalkan Indonesia kepada dunia, hingga ia berhasil kembali selamat ke Indonesia setelah menempuh perjalanan seorang diri menggunakan motor BMW R 1150 GS Adventure tahun produksi 2005 & 2003 selama 7 tahun, melahap 5 benua; Asia, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia, lalu melintasi 97 negara dengan jarak total sejauh 420.000 Kilometer.

Tomi Gunawan (Founder ROI, paling kiri) bersama Jeffrey Polnaja (paling kanan) saat mengikuti seremonial pelepasan dirinya kembali untuk keliling dunia

Kiprahnya tersebut mendapat tanggapan positif, khususnya Kementerian Luar Negeri, dalam upaya mempromosikan Indonesia. “Tujuan utama yang saya emban memperkenalkan Indonesia di dunia, dengan cara unik dan tidak lazim,” ujar Jeffrey. Lebih lanjut ia mengatakan, “Bersosialisasi dan berkomunikasi dengan banyak warga masyarakat di dunia dengan latar berlakang berbeda-beda jelas menjadi pengalaman sangat berharga bagi saya. Bahkan saat melintasi negara yang sedang dilanda konflik, banyak pelajaran bisa dipetik.”

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Atas keberhasilannya tersebut, ROI sebagai salah satu wadah yang mengapresiasi insan, kreatifitas, usaha, dan semua hasil karya terkait bidang otomotif yang memicu pertumbuhan dan perkembangan dunia otomotif Tanah Air ke arah lebih maju, dengan bangga mempersembahkan penghargaan tertinggi untuk Jeffrey Polnaja, dengan kategori: ‘Penjelajah Motor Indonesia dengan Jarak Tempuh Terjauh 420.000 Kilometer’. “ROI sangat menghargai upaya Jeffrey Polnaja, melalui cara unik, yaitu touring keliling dunia seorang diri dan mencapai jarak terjauh lintas 5 benua dan 97 negara di dunia,” ujar Tomi Gunawan, Founder ROI.

Dan yang menarik, cara unik akan kembali dilakoni Kang JJ. dirinya memutuskan untuk kembali bertualang dengan mengemban misi berlabel “Equatoride – Stiching The World”, Jeffrey akan riding dengan rute zig-zag ‘menjahit’ negara yang berada di sisi utara dan selatan dari garis khatulistiwa. Kali ini, Kang JJ akan menggunakan Honda CRF1000 DCT Africa Twin L2 ke negara-negara yang dilintasi garis ekuator. Targetnya, akan menyambangi sebanyak 20 negara dalam kurun waktu 2 tahun.

Melihat semangat Jeffrey yang tinggi mengemban misi memperkenalkan Indonesia ke negara-negara di dunia tersebut, Tomi juga berharap, “Semoga ke depannya dapat tercipta generasi milenial yang mampu memiliki kiprah memperkenalkan Indonesia lebih dekat ke dunia dengan cara-cara unik lainnya di bidang otomotif.”

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Hobby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *