Home News Sapa Publik Yogyakarta, Inovasi Gelis 300 Jadi Andalan UMKM

Sapa Publik Yogyakarta, Inovasi Gelis 300 Jadi Andalan UMKM

8 min read

Gerobak listrik atau akrab disapa Gelis, menjadi kendaraan inovatif hemat energi yang cocok untuk pelaku bisnis UMKM. Agar semakin dikenal publik, Gelis kali ini beranjangsana menyapa publik  Yogyakarta.

Drivenhype – Sebagai unit kendaraan yang menyasar segmen UMKM, Gerobak Listrik atau akrab disebut Gelis buatan PT Solar Panel Indonesia (SPI) terus mensosialisasikan unit Gelis sebagai kendaraan roda tiga bertenaga listrik yang hemat energi dan ramah lingkungan ke masyarakat. Kendati diterpa pandemi Covid-19, PT SPI tetap berupaya memperkenalkan Gelis yang cocok dipakai sebagai andalan usaha di masa adaptasi kebiasaan baru sekarang ini.

Sebagai bukti komitmennya tersebut, Gelis mengikuti dua pameran sekaligus yang serempak diadakan di Yogyakarta sebagai upaya menggairahkan perekonomian daerah setempat yang terkena dampak pandemi. Terlebih Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu tujuan pariwisata nasional dan internasional, sedang berusaha bangkit dengan menggerakkan berbagai sektor perekonomian.

Baca juga: Gelis Tuner Competition: Saatnya Moda Niaga Roda Tiga Bertenaga Listrik Tampil Modis dan Fungsional

Di kota budaya ini, Gelis mengikuti dua pameran sekaligus. Yang pertama, ajang pameran SAEXPO 2020 yang berlokasi di Plaza Ambarukmo dari 27 Oktober hingga 1 November 2020. Pameran kedua yang diikuti Gelis, pameran Gerobak UKM Innovation Expo di Gedung penghubung Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang waktunya bersamaan, yakni dari 27 Oktober sampai 8 November 2020.

Sesuai keinginan Pemprov Yogyakarta, kedua pameran tersebut bertujuan menggairahkan kembali UMKM yang sempat terpuruk akibat sepinya pasar, pembatalan order berbagai kebutuhan, hingga  penundaan jual-beli, sebagai dampak pandemi Covid-19.

“Keikutsertaan kami di dua pameran ini sebenarnya lebih ke penguatan brand image dan perkenalan produk Gelis yang ramah lingkungan, dan biaya operasional ekonomis di kalangan masyarakat Yogyakarta. Produk kami ini cocok sebagai andalan usaha UMKM. Selain itu, di acara ini sekaligus kami perkenalkan authorized dealer Gelis untuk DIY, PT Desa Kartaga Niaga,” ujar Chief Sales & Marketing Officer PT Solar Panel Indonesia (SPI), Dipl.-Ing. Ary Tjahyono S.E.

Pameran SAEXPO 2020 yang diselenggarakan Asosiasi Industri Mebel dan Kerajinan atau ASMINDO Komda DIY ini diresmikan langsung oleh KGPAA Paku Alam X/Wakil Gubernur DIY di Plaza Ambarukmo pada Selasa (27/10/2020). Gelaran pameran ini didukung Pemprov DIY, Kemenparekraf RI, dan Kemenkop UKM RI.

Baca juga: Harapan dari Kompetisi Gelis Tuner Competition di IMX 2020: Perkuat Segmen UMKM dengan Harga Terjangkau dan Desain Memikat

Pameran SAEXPO 2020 yang didukung Royal Ambarukmo Yogyakarta, Java Connections, dan Authorized Dealer Gelis untuk DIY, PT Desa Kartaga Niaga ini menghadirkan unit Gelis hasil kreasi modifikator andal Aldhy Rais dari HSR Wheels dengan konsep model Bengkel Keliling yang berguna melayani kendaraan milik petani hingga daerah pelosok. Model Gelis ini sesuai dengan  kegunaan yang optimal untuk pelaku usaha UMKM.

Sementara untuk pameran Gerobak UKM Innovation Expo yang bertajuk “Inovasi dan Kolaborasi untuk Pengembangan Ekonomi dan Sumber Daya Manusia UMKM”, Gelis menghadirkan 4 model standar, dan 2 model modifikasi lainnya hasil racikan Yoong Motor dan Raptor, yang bersama Gelis racikan HSR Wheels baru saja dikompetisikan di ajang IMX Gelis Tuner Competition 2020 pada 10 Oktober 2020 lalu, yang memperebutkan Piala Menteri Perindustrian RI.

Menurut Ary, Gerobak Listrik atau Gelis tipe 300 yang dipamerkan ini diharapkan dapat mendukung pengembangan usaha para pelaku UMKM nantinya. “Menggunakan Gelis sebagai andalan usaha akan mendatangkan banyak keuntungan karena minim perawatan, biaya operasional rendah, harga terjangkau, dan pastinya ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas buang,” imbuh Ary.

Baca juga : Mengusung Tema Go Green, Tim Yoong Motor Menangkan Gelis Tuner Competition di IMX 2020

Komponen utama penggerak Gelis berintikan motor listrik, controller, dan baterai. Motor listriknya berkekuatan 800 Watt DC dengan suplai daya dari baterai tipe Valved Regulated Lead Acid (VRLA) 48V-26AH. Dengan pengisian penuh pada baterai, Gelis mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 kpj dengan jarak tempuh rata-rata sekitar 30 km.

Saat tenaga baterai habis, bisa kembali di-charge melalui stopkontak biasa di listrik rumahan. Gelis 300 menggunakan rangka ringan dengan bobot total 600 kg dan mampu mengangkat beban hingga 300 kg. Kendaraan roda tiga dengan motor listrik yang terhubung langsung dengan gardan roda belakang ini memiliki kemampuan menanjak hingga sudut kemiringan maksimum 15 derajat dengan beban penuh.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Sosok Gerobak Listrik yang Menjadi Obyek Modifikasi untuk IMX 2020

Untuk memperluas pasar di Tanah Air, menurut Ary, PT SPI hingga kini telah mengembangkan jaringan 10 dealer untuk memenuhi kebutuhan pelanggan baik pemasaran maupun layanan purna jual. Yakni mencakup 3 dealer di Jakarta, kemudian masing masing satu dealer di Bogor, Karawang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bali dan Lombok.

Hingga kini PT SPI telah memiliki kemampuan memproduksi 10 unit Gelis 300 dalam seharinya yang kapasitasnya bisa dinaikkan sesuai permintaan pasar. Gelis dirakit di pabriknya yang berada di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Bahkan, sebagai karya anak negeri, beberapa komponen Gelis juga telah memakai produksi di dalam negeri.

Seperti komponen baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat terkait pengendalian motor. Beberapa komponen lain seperti motor listrik, kontroler, gardan, sistem kemudi, dan roda, masih diimpor. Seiring pertumbuhan pasar dan kemajuan teknologi yang dimilikinya, PT SPI akan terus meningkatkan pemakaian komponen dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang prosentasenya terus bertambah.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *