Home Otomotif Modifikasi Seatmaker Indonesia Mampu Buat Motif Hexagon Jok Kia Seltos di MBtech Driving With Style Awards 2019

Seatmaker Indonesia Mampu Buat Motif Hexagon Jok Kia Seltos di MBtech Driving With Style Awards 2019

4 min read

Kia Seltos yang baru muncul resmi, menghadirkan sesuatu yang berbeda di interiornya, yakni pola lapisan jok yang mengusung motif hexagon atau segi enam yang unik dan sporty. Salah satu pemenang MBtech Driving With Style Awards (DWSA) 2019 sudah mewujudkan desainnya tersebut dengan aplikasi dimilikinya.

Drive and Hype – Kehadiran Kia Seltos di balntika otomotif nasional khususnya di segmen Compact Crossover SUV, membuat alternatif pilihan baru bagi konsumen Indonesia. Selain mengususng mesin turbo dan fitur modern yang komplit, Seltos juga menghadirkan nuansa interior yang berbeda. Yakni kehadiran motif spesial di lapisan jok depan-belakang. Bisa jadi, hal ini menjadi tren kekinian bagi mobil keluaran terbaru selanjutnya. 

Jok belakang KiA sELTOS

Ya, Seltos menampilkan jok yang terlihat lebih modis, berkat modelnya yang tidak monoton seperti mobil baru kebanyakan. Motif segi enam atau biasa disebut hexagon diterapkan pada seluruh bagian kulit pelapis jok mobil asal Korea ini. Bagi MBtech, jok bermotif ini menjadi gebrakan baru industri mobil Tanah Air. Walaupun sebenarnya, jok bermotif memang sudah tren di satu tahun belakangan melalui tangan terampil seatmaker Indonesia.

Untuk pembuatan motif tersebut, para seatmaker menggunakan lembaran synthetic leather yang dipola menggunakan komputer. Selanjutnya lapisan synthetic leather dilapisi busa dan dijahit menggunakan mesin dengan mengikuti pola yang sudah dibuat. Pola jahitan yang biasanya digunakan untuk jok mobil cukup beragam, seperti model garis-garis, sofa, kerut, diamond, octagon, hexagon, dan lainnya.

Salah satu jok yang sudah menggunakan pola hexagon tersebut, salah satu peserta yang menjadi juara 3 ajang Driving With Style Awards (DWSA) 2019, Arief Ie Ie InCar (Surabaya). Arief membuat pola tersebut dengan software desain di komputer. Desain tersebut dimasukan ke software mesin khusus CNC (Computer Numerical Control ) yang merupakan mesin penjahit pola secara otomatis.

Proses penjahitan dengan mesin CNC menghasilkan jahitan yang lebih rapi dan presisi. Selain itu, mesin CNC dapat mempercepat waktu pengerjaan. Untuk bahan yang digunakan, Arief menggunakan kombinasi bahan MBtech Giorgio Black dan MBtech Camaro Fiesta Pop Green. Karya ini membuktikan kalau banyak seatmaker di Indonesia sudah berpengalaman dan menghasilkan karya jok dengan motif dan warna beragam.

Terlebih lagi, saat ini banyak pilihan warna pada pelapis sintetis MBtech. Bahkan MBtech Giorgio menyediakan 40 pilihan warna yang pastinya akan membuat tampilan jok jadi lebih menarik. PT Polystar International (MBtech) sebagai penyelenggara lomba desain jok mobil bertajuk MBtech Driving With Style Awards 2019, menyajikan banyak contoh dan referensi untuk siapa saja yang mencari inspirasi seputar jok mobil.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *