Home News Sekolah Kaki Kanan, Cara Innova Community Kampanyekan Eco Driving

Sekolah Kaki Kanan, Cara Innova Community Kampanyekan Eco Driving

5 min read

Innova Community menggelar kampanye Eco Driving bertema “Sekolah Kaki Kanan Innova Community”, guna menggugah kesadaran safety driving di masyarakat.

Drivenhype – Masih kurangnya kesadaran menerapkan prinsip safety driving di kalangan pengguna jalan masih sangat kurang. Bahkan di kalangan komunitas sendiripun yang harusnya bisa lebih memahami soal keselamatan berkendara, juga dianggap masih belum memenuhi kaidah seharusnya.

Berangkat dari kondisi tersebut, Innova Community (IC) menggelar kampanye kesadaran menerapkan safety driving dalam berkendara setiap hari. Dengan pendekatan ekonomis dan ekologis, IC melakukan kampanye Eco Driving dengan nama “Sekolah Kaki Kanan Innova Community”, guna menggugah kesadaran safety driving di masyarakat.

Kampanye tahap pertama dimulai melalui diskusi & workshop virtual ZOOM 4 sesi dengan tema berbeda. Tema pertama teknik eco-driving dengan narasumber Heru Sugiarto, seorang trainer eco driving, serta Raswan, juara lomba eco-driving KLHK.

Tema kedua mengenai pelumas dan BBM yang melibatkan narasumber Agung Prabowo, seorang ahli perawatan mesin. Sedangkan tema ketiga tentang penggunaan alat penghemat BBM bersama Agung Prabowo. Sementara tema terakhir tentang perawatan dan modifikasi mesin agar irit dibawakan Chiang (Torch Engineering) dan Wahono, Kepala Bengkel Auto2000 – BSD City.

Sebagai bentuk kepedulian Innova Community terhadap dunia pendidikan, IC dengan didukung karpet premium frontier, melakukan lelang amal karpet mobil. Di mana hasil lelang dipergunakan untuk membeli laptop yang akan disumbangkan ke sekolah yang membutuhkan.

Kampanye safety driving ini juga dilakukan melalui media sosial di Facebook, Instagram, Twitter dan Tik-tok IC. Kontennya berisi diskusi mengenai Eco-driving serta modifikasi aman, video singkat tips eco driving di Tiktok, Instagram, dan Lomba Eco-Driving Challenge dengan mengirimkan video MID melalui Instagram.

Selanjutnya pada 15 Oktober 2020, kampanye tahap pertama ditutup peluncuran film pendek berjudul “TUKAM” di youtube channel Innova Community. Bercerita tentang perjalanan 2 orang hendak pergi tukam atau dalam istilah umum melayat, dengan disisipi pesan untuk selalu tertib berlalulintas dan menerapkan eco driving.

Sebelumnya, IC memiliki kampanye tertib lalu lintas berlabel GATELL (Gerakan Tertib Lalu Lintas) yang menyasar anggota IC. Dengan kampanye ‘Sekolah Kaki Kanan’, IC berusaha mempengaruhi masyarakat umum untuk turut serta menerapkan eco driving.

“Kampanye Program Kaki Kanan IC merupakan kampanye bentuk kepedulian kami terhadap keselamatan di jalan dan upaya pengurangan polusi kendaraan, yang sejalan kegiatan Go Green yang kami lakukan tiap tahun. Setelah tahap pertama ini, akan ada tahap berikutnya untuk terus mengkampanyekan Eco-driving dan safety driving,” ujar Nugraha Reza, Ketua Umum Innova Community.

Eco driving merupakan salah satu keahlian berkendara, gabungan berkendara aman dalam safety driving dan berkendara dengan pengendalian emosi sebagai wujud defensive driving. Langkah awal berkendara eco driving adalah memastikan kendaraan dalam kondisi prima.

Prinsip Dasar Eco-Driving:

  1. Pindahkan transmisi ke posisi lebih tinggi secepat mungkin.

  2. Sedapat mungkin pertahankan kecepatan antara 80-100 kpj atau di bawah 2.000 rpm untuk mesin bensin dan 1.800 rpm untuk mesin diesel.

  3. Hindari pengereman mendadak dan akselerasi tiba-tiba yang tidak perlu.

  4. Akselerasi dan memperlambat kendaraan dengan lembut.

  5. Matikan mesin bila tidak diperlukan atau berhentinya diperkirakan lebih dari 60 detik

  6. Muatan/beban adalah faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar yang utama.

  7. Memeriksa tekanan ban sangatlah penting agar hambatan gesek ban dapat dikurangi.

Hal utama tidak kalah penting dalam eco driving adalah pengendalian emosi berkendara dan merencanakan rute perjalanan. Gunakan peta digital seperti Google Map atau Waze untuk mengetahui kondisi lalulintas agar tidak terjebak kemacetan yang berakibat boros BBM.

Load More Related Articles
Load More By Octo VB
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *