Home News Selain PLN di Indonesia, Inilah Merk SPKLU yang Ada Di Dunia

Selain PLN di Indonesia, Inilah Merk SPKLU yang Ada Di Dunia

5 min read

Di Indonesia ada fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dengan merk PLN, walau ada brand kendaraan yang turut menyediakan fasilitas pengisian daya juga, namun apa saja sih merk provider penyedia layanan yang ada di luar negeri?

Drive and Hype – Di zaman era 4.0 ini populasi kendaraan listrik semakin berkembang, baik fungsi sebagai kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Seirama dengan jumlah pengguna kendaraan jenis itu, tentunya penambahan charging station atau sitilahnya Stasiun Pengisian Kendaran Listrik Umum (SPKLU) pastinya turut bertambah.

Salah satu brand penyedia layanan tersebut seperti PLN pun terus mengembangkan sayap terkait pemenuhan titik lokasi fasilitas SPKLU. Walau pun ada juga fasilitas yang disiapkan oleh brand kendaraan listrik itu sendiri untuk pemenuhan kebutuhan konsumennya.

Sedangkan di luar negeri, ternyata telah memiliki berbagai merk provider penyedia layanan chaging station. Berikut kami rangkum merk provider tersebut yang bisa juga akan masuk ke Indonesia bila populasi kendaraan listrik semakin banyak penggunanaya.

  1. Tesla

Tesla sendiri adalah salah satu merk dari produsen kendaraan listrik, mobil listrik ini telah dipasarkan di Indonesia seperti Tesla Model 3 dan juga Tesla Model X yang digunakan oleh salah satu brand penyedia layanan transportasi. Tesla sendiri memiliki markas besar di Palo Alto, California dan memang brand ini sedang ekspansi besar-besaran untuk produk kendaraan listrik dan fasilitasnya.

  1. Instavolt

Instavolt, perusahaan asal Inggis yang memiliki kantor pusat di Hampshire ini memiliki pengalaman bertahun-tahun di Industri teknik listrik dan layanan energi. Bahkan layanan pengisian daya untuk kendaraan listrik dari merk ini termasuk paling banyak tersedia di Negara asalnya, dengan kelebihan memiliki jenis charger Chademo dan CCS Connector yang dapat digunakan oleh berbagai merk kendaraan listrik dan pengecasan cepat hingga 15 sampai 30 menit saja untuk mengisi daya sampai penuh.

  1. ChargePlace Scotland

ChargePlace Scotland adalah perusahaan penyedia layanan pengisian kendaran listrik nasional Skotlandia, dan tentunya dimiliki dan dikembangkan oleh Pemerintah Skotlandia. Dari total awal 55 titik pengisian, sekarang telah mencapai 1.000 lokasi titik pengisian di Negara asalnya, bahkan mereka dipercaya karena juga memiliki biaya pengisian yang relatif murah.

  1. Shell Recharge

Siapa yang tak kenal brand Shell, perusahaan yang fokus ke penyedia produk bahan bakar dan minyak pelumas ini memang memiliki kantor perwakilan di Indonesia. Kali ini Shell ekspansi sebagai salah satu penyedia layanan pengisian daya (charger station) bagi kendaraan listrik.

  1. Pod Point

Pod Point adalah salah satu perusahaan penyedia layanan pengisian daya di Inggris, selain Instavolt dan juga menyediakan layanan pengisian daya bagi smart home. Di Negara asalnya, Pod Point biasanya terdapat di mini mart seperti Tesco dan Lidl, sehingga pengguna kendaraan listrik dapat berbelanja sambil menunggu pengecasan listrik kendaraannya.

Itulah beberapa merk penyedia layanan SPKLU yang ada di luar negeri yang akan kemungkinan bisa hadir di Indonesia bila populasi kendaraan listrik semakin berkembang. Tak hanya mengurangi pemakaian minyak dunia, kendaraan listrik pun dapan membantu mengurangi polusi udara yang kian mengkhawatirkan.

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *