Home News Setelah Mudik, Ini 4 Cairan Kendaraan yang Wajib Dicek!

Setelah Mudik, Ini 4 Cairan Kendaraan yang Wajib Dicek!

3 min read

Meski libur lebaran telah usai, kondisi kendaraan tetap menjadi hal utama yang harus dicek setelah menjalani tradisi mudik ke kampung halaman.

Drive and Hype – Libur lebaran telah usai, perjalanan panjang untuk kembali ke ibukota menjadi hal yang berat dilakukan. Meski telah selesai menjalani tradisi mudik ke kampung halaman, kondisi kendaraan ternyata tetap harus diperhatikan agar tetap prima. Tak hanya mesin kendaraan saja yang perlu dicek kondisinya, 4 cairan yang ada pada kendaraan ini juga menjadi komponen yang seharusnya tidak dilupakan.

Empat cairan ini seringkali dilupakan oleh pemilik mobil, padahal cairan tersebut memiliki peranan penting untuk fungsi kendaraan. Dilansir dari Auto2000, keempat cairan penting tersebut adalah oli mesin, minyak rem, radiator, dan wiper. Keempat cairan tersebut bisa dicek secara mandiri oleh pemilik mobil tanpa harus pergi ke bengkel.

Untuk mengecek kondisi cairan oli, pemilik mobil hanya perlu melihat dari dipstik atau tongkat takaran oli yang ada di ruang mesin. Bila posisinya masih di tengah-tengah antara E (empty) dan F (full) berarti kondisi oli masih normal dan tak perlu ditambahkan meskipun ternyata jumlahnya berkurang. Sebaiknya jangan menambahkan cairan oli sendiri karena jumlah yan terlalu berlebihan juga tidak baik untuk mesin kendaraan.

Untuk mengecek cairan radiator, pemilik mobil bisa melihat kondisi reservoir atau wadah penampungannya. Jika sudah berkurang, sebaiknya segera langsung ditambah dengan cairan khusus radiator dan bukan air mineral supaya kondisi mesin tetap aman. Kamudian, mengecek minyak rem juga menjadi hal yang penting dilakukan. Meski minyak rem memiliki ketahanan hingga 2 tahun, namun pemilik mobil juga sering melewatkan kondisi minyak remnya. Jika dirasa sudah habis, segera mampir ke bengkel untuk menambahkan cairan minyak rem agar kendaraan berjalan dengan normal kembali.

Load More Related Articles
Load More By Titis Wasilia
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *