Home Otomotif Modifikasi Simpel dan Elegan, Acuan Modifikasi Selera APM di IIMS 2019

Simpel dan Elegan, Acuan Modifikasi Selera APM di IIMS 2019

8 min read

Selain sejumlah mobil baru, ajang IIMS 2019 lalu juga menampilkan gaya modifikasi ringan yang dikreasikan pihak APM. Bisa menjadi acuan bagi Anda yang ingin tampil beda, nyaman dipakai harian tanpa menggugurkan garansi.

Drive and Hype Sejalan munculnya mobil baru, gaya modifikasi pun terus berkembang dan mengikuti pergerakannya. Sebagai bentuk ekspresi dan kreativitas, modifikasi tidak pernah mati dan akan terus berjalan sesuai kebutuhan personal seseorang yang ingin adanya sebuah personifikasi dari seleranya pribadi.

Tak heran kalau pada perhelatan Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) 2019 yang baru usai kemarin, beberapa Agen Pemegang Merek (APM) coba ikut menampilkan karya modifikasi versi mereka yang diharapkan bisa menjadi trend setter bagi kalangan konsumennya yang gemar modifikasi. Tercatat, ada tiga APM yang menampilkan model kendaraan yang sudah disempurnakan tampilannya dengan sentuhan modifikasi ringan bertema ‘daily use’.

Yang pertama, pada booth DFSK Indonesia, tepatnya di sisi depan sebelah kiri booth, DFSK menampilkan modifikasi Glory 580 bergaya Elegant-Stance. Sentuhan modifikasinya terlihat pada penyematan lips spoiler bumper depan dan belakang berikut side skirt yang selain menambah nilai aerodinamika juga untuk mengejar aspek estetikanya sesuai acuan gaya modifikasinya.

Agar terlihat lebih ‘ceper’, Glory 580 mengusung custom lowered kit yang mengubah ketinggian bodi dari jarak 5 jari antara bibir fender dan tapak ban, menjadi hanya selisih 2 jari saja. Untuk pelek, Glory 580 yang ber-PCD 5×114 diuntungkan dengan banyaknya varian pelek aftermarket yang bisa disandingkan. Khusus di IIMS 2019 ini, mengusung pelek 19 inci produk Rotiform yang dipadu ban depan Landsail LS588 UHP 245/45-ZR19 dan ban belakang Landsail LS588 UHP 275/40-R19.

Selanjutnya, booth Hyundai Mobil Indonesia (HMI) juga menampilkan model terbarunya yang juga di perkenalkan di IIMS 2019, Hyundai Kona dengan sentuhan modifikasi ringan yang hanya mencakup penggantian pelek standar. Menurut pihak Hyundai, tampilan Kona dengan pelek beda ini hanya untuk menghadirkan tampilan beda yang lebih sporty.

Menurut Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director PT HMI saat Sneak Preview Hyundai Kona di Kantor Pusat PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) pada awal April 2019 lalu mengatakan, Hyundai Kona akan memasukkan unsur life style dalam mengedepankan image Kona di Indonesia. “Kenapa life style? Karena target segmented Kona sebagian besar bakal datang dari kaum muda mapan, stylish, dan berinteraksi dengan kemajuan teknologi. Termasuk nantinya terbuka dengan aspek modifikasi sebagai wujud personalisasi pemiliknya,” sebut Hendrik saat itu.

Menyesuaikan desain bodi Hyundai Kona yang stylish, maskulin, dan bergaris tegas, dipilih pelek lansiran HSR Wheel 18″ bermotif multi-spokes dengan warna gold doff. Ruang fender yang luas, memungkinkan Kona mengakomodir ban berprofil tinggi kendati dengan lingkar besar. Ban depan dan belakang menggunakan Accelera PHI 235/45-ZR18.

Selanjutnya, modifikasi ringan dihadirkan oleh APM Wuling Motors yang menampilkan SUV terbarunya, Wuling Almaz dalam sentuhan modifikasi ringan. Sebagai pembedanya, kap atas, ornamen bumper depan dan belakang diberi sentuhan oranye cenderung ke merah untuk aksentuasi sporty.

Selamjutnya yang paling memberikan nuansa berbeda, penyempurnaan pada sektor kaki-kaki. Pelek standar Wuling Almaz yang sudah mengadopsi diameter 18 inci, kini disematkan pelek 20 inci multispokes produk Facewheels model FW-221 Custom Forged. Pelek ini berkonstruksi 2-pieces dengan PCD 5×114.

Adalah Permaisuri Ban yang melakukan modifikasi  sektor kaki-kaki Almaz ini. Menurut Wibowo Santosa dalam akun IGTV @Permaisuri, Wuling Almaz dengan ruang spatbor lega membuka peluang pelek berdiameter besar cocok diterapkan pada SUV ini. “Untuk modelnya bisa seperti ini. Multispokes cocok untuk desain futuristis seperti Almaz. Mobil sudah bagus, peleknya juga harus keren, jangan nanggung. Sayang di image mobilnya juga nantinya,” ujar Bowo, sapaan akrabnya.

Menurut Bowo, pelek Facewheels FW221 ini memang dibuat spesial untuk Almaz. Tidak hanya hanya model, tapi juga pada konstruksi concave-nya yang disesuaikan hub roda Almaz. Bahkan Almaz memungkinkan disematkan pelek hingga 22 inci. “Pelek Facewheels ini made by order khusus untuk Almaz. Kalau pengin ring lebih besar lagi bisa, naik hingga diameter 22 inci dengan offset rendah. Jadi kalau mau pakai velg model concave atau celong masih memungkinkan. Kalau dengan ring 22 inci masih aman pakai ban 255/30-22,” jelas Bowo.

Untuk ban, Bowo dan pihak Wuling sepakat memilih ban depan dan belakang dengan produk Michelin Pilot Sport 4S ukuran 255/40-20 yang dipercaya  memberikan keempukan dan kesenyapan tinggi. “Mobil bagus, aplikasi pelek dan bannya juga wajib keren dan berkualitas. Ini modifikasi yang simpel tapi punya karakter. Gak sembarang pilihan item modifikasinya,” tutup Bowo.

Foto: OctoVB

Berikut data spesifikasi modifikasi:

Modifikasi DFSK Glory 580:

Elegant Stance

Lips spoiler bumper depan belakang

Side skirt

Custom per/ lowering kit dari 5 jadi 2 jari

Velg 19″ Rotiform

Ban depan Landsail LS588 UHP 245/45-ZR19

Ban belakang Landsail LS588 UHP 275/40-R19

Modifikasi Hyundai Kona:

Velg HSR Wheel 18″ gold doff

Ban depan/belakang Accelera PHI 235/45-ZR18

Modifikasi Wuling Almaz:

Atap orange-look

Low grille orange-look

Velg Facewheels FW-221 Custom Forged 20″

Ban depan/belakang Michelin Pilot 4S 255/40-ZR20

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *