Home Gadget Sistem Operasi HarmonyOS 2.0 Resmi Dihadirkan Huawei, Bakal Menempel di Perangkat Gawainya pada 2021

Sistem Operasi HarmonyOS 2.0 Resmi Dihadirkan Huawei, Bakal Menempel di Perangkat Gawainya pada 2021

10 min read

Huawei memasarkan sistem operasi HarmonyOS-nya ke pihak pengembang (developer) lainnya secara bebas, sehingga diharapkan suatu saat bakal muncul sebuah ekosistem besar yang mengambil basis pada HarmonyOS milik Huawei yang mampu mengakomodir berbagai kebutuhan manusia.

Drivenhype – Ajang Huawei Developer Conference 2020 (Together) yang diadakan di dekat Danau Songshan, Cina, pada Kamis (10/9/2020), pihak Huawei resmi memperkenalkan sistem operasi untuk ponsel dan tabletnya, HarmonyOS 2.0 yang akan mulai diaplikasikan pada tahun depan. Sistem operasi ini akan mendampingi perubahan besar yang juga dijalani oleh EMUI 11, HMS, Huawei HiLink, dan Huawei Research.

Perkenalan ini juga sekaligus membuka pintu bagi Huawei memasarkan sistem operasi HarmonyOS-nya ke pihak pengembang (developer) lainnya secara bebas, sehingga diharapkan suatu saat bakal muncul sebuah ekosistem besar yang mengambil basis pada HarmonyOS milik Huawei yang mampu mengakomodir berbagai kebutuhan manusia.

Di acara tersebut, Huawei juga meluncurkan enam produk baru yang akan berkontribusi pada pengalaman semua skenario Huawei yakni Huawei MateBook X, Huawei MateBook 14, Huawei Watch GT 2 Pro, Huawei Watch Fit, Huawei FreeBuds Pro, Huawei FreeLace PRO. Perangkat Huawei FreeLace Pro. Huawei FreeBuds Pro dan Huawei Watch GT 2 Pro akan hadir di Indonesia pada Oktober 2020 mendatang.

Selama tiga hari ke depan, Huawei akan mempertemukan developer seluruh dunia melalui berbagai aktivitas seru, di antaranya Lakeside Talks, Tech. Sessions, Tech. Hour, Codelab, dan lainnya. Huawei memberi peluang bagi developer untuk membangun jaringan, berkolaborasi, dan menjelajahi cara menghadirkan pengalaman semua skenario cerdas ke setiap pengguna.

“Terobosan Huawei dalam pengembangan ekosistem adalah hasil dukungan kuat para developer dan mitra global. Huawei sepenuhnya membuka teknologi inti serta kemampuan perangkat lunak dan perangkat keras untuk pengembang, berkolaborasi dengan mereka untuk mendorong inovasi lebih lanjut dari ekosistem cerdas pada semua skenario,” kata Richard Yu, Direktur Eksekutif, CEO Grup Bisnis Konsumen, Huawei.

Huawei juga umumkan sistem operasi di semua skenario, yakni HarmonyOS yang diperkenalkan pada 2019. Sejak itu, jajaran perangkat kuat dikembangkan untuk sistem, memfasilitasi penemuan perangkat cepat, koneksi instan, kolaborasi perangkat keras, dan berbagi sumber daya antara beberapa perangkat pintar.

HarmonyOS 2.0 yang diumumkan hari ini membawa peningkatan komprehensif pada kemampuan terdistribusi, termasuk bus perangkat lunak, manajemen data, dan keamanan. Huawei juga memperkenalkan kerangka kerja UX adaptif yang memungkinkan pengembang menjangkau puluhan juta perangkat dan pengguna baru dengan cepat.

Dengan pembaruan terbaru, HarmonyOS secara resmi menjadi open source dan pengembang akan memperoleh akses ke emulator, paket SDK, dan alat IDE. Proyek open source, berjudul OpenHarmony, akan diluncurkan secara bertahap dengan rilis beta HarmonyOS seluler yang direncanakan pengembang China akhir 2020 terlebih dahulu.

“Mulai hari ini, peta jalan HarmonyOS terbuka untuk perangkat IoT 128KB-128MB, seperti smart TV, perangkat wearable, mobil, dan lainnya. Pada April 2021 kami akan buka untuk perangkat 128MB-4GB dan pada Oktober 2021, HarmonyOS akan dibuka untuk perangkat di atas 4GB,” imbuh Richard Yu.

Berdasarkan teknologi distribusi di HarmonyOS, EMUI 11 memungkinkan interaksi di luar telepon cerdas. Hal ini memungkinkan perangkat lain berinteraksi dengan perangkat IoT berbasis HarmonyOS, menghadirkan pengalaman semua skenario yang unik ke pengguna, termasuk kamera perangkat layar lebih besar untuk panggilan video.

Ekosistem Huawei Mobile Services (HMS) : Breaking Ground sebagai Ekosistem Aplikasi Seluler Terbesar Ketiga di Dunia

Sejak Ekosistem Huawei Mobile Services (HMS) Core 5.0 diluncurkan pada Juni 2020, kemampuan terbuka meningkat dari 14 Kit dari HDC tahun lalu menjadi 56 Kit, sementara jumlah API telah melonjak dari 885 menjadi 12.981 yang mencakup 7 area utama. Dalam satu tahun, HMS Core telah memperkenalkan beberapa kemampuan yang telah memberikan ekosistem keunggulan yang berbeda dan inovatif.

Huawei berkomitmen membuka kemampuan perangkat lunak dan perangkat keras intinya, seperti  membuka layanan perangkat lunak inti, seperti penelusuran, pencarian, peta, pembayaran, perangkat periklanan, untuk mempercepat inovasi pengembangan aplikasi.

Huawei juga membuka kemampuan perangkat keras seperti kemampuan kamera kelas dunia, alat komunikasi, dan transmisi, serta kemampuan perlindungan privasi dan keamanannya. Huawei berupaya memberdayakan pengembangmenciptakan generasi baru aplikasi inovatif yang sangat disukai di berbagai kategori.

Richard Yu, Direktur Eksekutif, CEO Grup Bisnis Konsumen, Huawei.

HUAWEI HiLink: Memungkinkan Miliaran Perangkat IoT untuk menghubungkan, mengelola, dan bertukar konten

Tahun ini, peningkatan ke Huawei HiLink akan dilakukan di lima area utama: koneksi, interaksi, operasi, penyedia solusi, dan otentikasi. Tujuannya, membuat miliaran perangkat IoT terhubung mudah, lebih nyaman dikelola dan dikendalikan, dan berinteraksi mulus mengaktifkan ekosistem perangkat keras semua skenario. Saat ini, 50 juta pengguna aktif berkontribusi lebih dari 1 miliar permintaan interaksi perangkat semua skenario setiap hari, dengan 400 juta unduhan kumulatif Aplikasi Smart Life.

Mobil juga merupakan prinsip utama industri IoT. Platform HiCar akan terus memberdayakan industri otomotif. HiCar saat ini berkolaborasi dengan lebih dari 150 model mobil dengan lebih terencana sehingga lebih banyak pemilik mobil akan menikmati pengalaman perjalanan pintar baru dalam waktu dekat.

Huawei berkomitmen terhadap pertumbuhan ekosistem perangkat keras IoT. Dengan menyediakan lebih banyak perangkat dengan akses ke platform HiLink, ini berusaha membuat pengembangan IoT lebih mudah dan lebih efisien, memungkinkan Huawei secara bersamaan mendukung mitra membangun kepemimpinan industri di sektor IoT.

Penelitian HUAWEI: Platform penelitian inovatif

Huawei Research, yang berfokus pada riset front-end, membuka dua kapabilitas platform utama Huawei Research Kit dan Huawei Research Cloud. Kemampuan ini memfasilitasi proses penelitian inovatif yang efisien, mempercepat terobosan teknologi, menginkubasi inovasi aplikasi, serta dengan cepat mencapai transformasi hasil. Hasilnya, lembaga penelitian ilmiah, lembaga inovasi, organisasi industri, lembaga medis, dan mitra industri lainnya diberdayakan, sehingga industri dari semua sektor dapat berkembang.

Di Bidang Kesehatan Aktif, Huawei membantu penelitian kesehatan jantung dengan memastikan bahwa data penelitian kesehatan yang dikumpulkan akurat dan beragam. Di Bidang Keselamatan Perjalanan, perangkat seluler dan perangkat yang dapat dikenakan secara cerdas berkolaborasi dengan mobil untuk menghadirkan teknologi berkendara aman seperti sistem penghindaran tabrakan dan fitur kelelahan pengemudi.

Di HomeLife Field, Huawei memanfaatkan kemampuan penginderaan nirkabel multi-perangkat untuk menyediakan fitur, seperti deteksi jatuh, pemantauan pernapasan non-induktif, dan pemosisian spasial.

 

Load More Related Articles
Load More By Octo VB
Load More In Gadget

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *