Home Otomotif Aksesoris/Aftermarket Product Tak Hanya Bermanfaat untuk Industri, Minyak Sawit juga Bagus untuk Kesehatan

Tak Hanya Bermanfaat untuk Industri, Minyak Sawit juga Bagus untuk Kesehatan

6 min read

Minyak kelapa sawit ternyata tidak hanya berguna bagi kebutuhan industri dan bahan bakar, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan manusia. Minyak sawit memiliki komposisi ideal untuk kandungan lemaknya, dan memiliki karakter unik yang membuat makanan bisa menjadi nikmat.

Drive and Hype – Kendati efek pandemi Covid-19 masih berlangsung, potensi pasar minyak kelapa sawit masih terus menjanjikan. Hal tersebut dibuktikan Apical Marunda yang hingga kini masih menguasai pangsa pasar produk minyak sawit bagi pelanggan industri dan produksi berbagai kebutuhan rumah tangga. Selain memberikan dampak positif bagi ekonomi negara, minyak sawit juga merupakan sumber minyak nabati yang sehat buat kebutuhan tubuh manusia.

Hal tersebut disampaikan Head of Research and Development Apical Marunda, Fajar Marhaendra saat mendampingi General Manager Apical Marunda, Lim Teck Guan dalam diskusi virtual online bertema “Sehat Bersama Minyak Kelapa Sawit” yang dilakukan lewat aplikasi virtual meeting Zoom pada Rabu (17/6/2020). “Kapasitas produksi perusahaan tetap sebesar 2.400 metrik ton (MT) /hari.

Menurut Fajar, berdasarkan spesialisasi usahanya, Apical merupakan produsen pengolahan dan pengekspor minyak sawit (Crude Palm Oil/CPO) dan produk turunannya yang mencakup pangan (minyak goreng), olekimia  dan biodisel. Produknya dipasarkan baik domestik juga ekspor. “Namun selama ini minyak sawit lebih dikenal untuk menopang industri, padahal kandungan lemaknya berguna dan bagus untuk membuat makanan dan kebutuhan keseharian lainnya,” terang Fajar.

Menurutnya, produk turunan minyak kelapa sawit mudah ditemukan di berbagai produk keseharian. Selain berbentuk cairan atau minyak goreng, minyak kelapa sawit juga berbentuk semi padat dan padat berupa margarine yang menjadi salah satu bahan utama pembuatan makanan seperti es krim, roti, cokelat, dan bahan kuliner lainnya.

“Secara tidak sadar, masyarakat sudah mengonsumsi minyak kelapa sawit setiap harinya. Kami berharap kegiatan webinar atau diskusi seperti ini dapat membantu menginformasikan ke masyarakat untuk lebih mengetahui pentingnya penggunaan minyak kelapa sawit bagi kesehatan,” tuturnya.

Diakuinya, masih sedikit masyarakat yang tahu bahwa minyak goreng kelapa sawit mampu memberikan keuntungan bagi kesehatan. Pasalnya, minyak goreng sawit memiliki komposisi seimbang antara kandungan asam lemak tak jenuh dan asam lemak jenuh-nya. Sehingga minyak goreng sawit bisa menjadi salah satu elemen penting dalam gaya hidup diet yang sehat.

Karena berbentuk cair, semi padat dan padat, menurut Fajar, membuat minyak kelapa sawit praktis dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhannya. “Salah satu keuntungan menggunakan minyak kelapa sawit untuk olahan makanan dalam keseharian, mampu menghasilkan gorengan lebih renyah dan tahan lama serta membuat tekstur yang lebih halus dan lembut, sehingga enak dirasakan di dalam mulut,” jelasnya.

Secara karakteristik, minyak kelapa sawit memiliki tipikal unik. Minyak sawit cenderung tidak berbau, rasanya netral, renyah, memiliki sifat memasak yang sangat baik, dan usia simpan yang lebih panjang dibanding minyak nabati lainnya. “Memasak dengan minyak sawit juga membuat cepat matang, tidak terlalu menyerap ke makanan dan tahan lama. Contohnya, fried chicken atau donut. Teksturnya kan bisa halus dan lembut, lebih enak dirasakan di dalam mulut. Itu karena mengandalkan minyak sawit,” imbuh Fajar.

Keunggulan minyak jenis semi padat dan padat lainnya, sambung Fajar dapat digunakan menggoreng sampai 20-25 kali. Sementara minyak goreng biasa yang digunakan rumah tangga maksimal digunakan sebanyak 3- 5 kali, sehingga lebih hemat dalam belanja rumah tangga.

Suplai minyak sawit dan produk turunan bagi industri baik kategori food dan non-food di Tanah Air, sudah dilakukan Apical Marunda secara rutin. Pelanggan industri tersebut sebagian besar berada di Jawa. “Untuk industri kita memang masih leading. Kemudian untuk brand supermarket, beberapa sudah masuk dan akan segera masuk ke pasar yang lebih kecil seperti Alfamart dan Indomart,” jelasnya.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Aksesoris/Aftermarket Product

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *