Home News Tata Sierra EV Concept, Cermin Mobilitas India Masa Depan

Tata Sierra EV Concept, Cermin Mobilitas India Masa Depan

6 min read

Konsep SUV masa depan India terwakili oleh desain futuristis Tata Sierra Electric Vehicle. Mengusung desain modern, futuristis, dan progresif. Mencerminkan ekspresi kontemporer desain kendaraan serbaguna masa depan dari Tata Motors.

Drive and Hype – Ketika konsep Tata Sierra perdana muncul, publik dunia otomotif langsung bereaksi; inilah tampilan masa depan SUV dari India yang modern, progresif, dan penuh optimisme. Kehadiran Tata Sierra seperti menjawab pertanyaan, bagaimana masa depan SUV dan masa depan mobilitas di India. Sosok Sierra juga lantas membentuk narasi tentang dunia otomotif di India yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Segenap romansa akan model SUV yang pernah dibuat Tata menjadi penyemangat Sierra dalam membentuk sejarah Tata Motors berikutnya. Tata Sierra Concept melanjutkan pengembangan bahasa desain IMPACT 2.0 yang dikembangkan Tata untuk menciptakan kendaraan yang terlihat maskulin, tajam, dan mencerminkan ekspresi kontemporer desain Tata Motors.

Dengan panjang keseluruhan 4,1 meter, SUV ini merupakan model kendaraan ketiga yang dibangun berdasarkan struktur platform ‘Agile Light Flexible Advanced’ (ALFA) terbaru dan mengusung format Electric Vehicle (EV). Sierra hadir sebagai respon atas harapan pelanggannya yang berkeinginan melihat produk Tata tampil penuh futuristis, canggih, berkualitas, dinamis, dan fokus pada desain eksterior dan interior yang meyajikan ruang dan fungsionalitas terdepan di kelasnya.

Di eksterior, desain Tata Sierra terfokus pada aspek fungsional yang mencerminkan gaya hidup aktif pelanggannya. Inspirasi ikonik Sierra terwujud pada grafis kaca jendela dan bodi untuk menciptakan produk modern, progresif, namun tetap menangkap semangat aslinya.

Desain eksterior ini juga menghadirkan suatu goresan simpel yangmenyiratkan selera tinggi namun tetap menguatkan Sierra sebagai sebuah SUV yang siap diajak bermain ‘kasar’. Paduan solusi mobilitas ini merupakan sisi humanis Sierra sebagai pengembangan bahasa desain Impact 2.0.

Penampilan Sierra yang modern minimalis namun maskulin tersebut juga untuk mengekspresikannya sebagai kendaraan yang identik sebagai sebuah EV. Ada keseimbangan antara ‘teknologi tangguh’ di sepanjang bodi mobil, platform sasis dan bodi tanpa pilar B, powertrain hingga ‘teknologi flush’ di bagian atas yang menekankan aspek streamline antara kaca samping belakang dengan atap. Tanpa adanya pilar B, membuat akses masuk ke kabin Sierra semakin lega terlebih dengan sajian sliding door yang merupakan hal baru bagi sebuah SUV.

Desain interior dibangun guna menciptakan lansekap kabin luas dan mendatangkan kenyamanan. Tak lazim, terlihat pada desain jok belakang yang lebih mirip rangkaian sofa rumah. Sierra memang menekankan tata ruang penumpang belakang yang mengutamakan kenyamanan dan keamanan.

Tawaran unik buat sebuah SUV dengan tata ruang kabin mirip lounge ini layak dipertimbangkan bagi mereka yang banyak menghabiskan waktu dan bekerjanya di atas sebuah kendaraan. Terlebih kursi penumpang depan juga bisa diputar 180 derajat hingga menghadap belakang yang mendukung bercengkerama akrab dalam mobil. Apalagi aplikasi atap panoramic selain mebuat kabin terasa luas, penumpang juga bisa lebih menyatu dengan alam sambil berfantasi indah.

Hal menarik lainnya, desain dasboard futuristis yang minimalis namun informatif. Setir berwujud persegi dengan ujung membulat. Panelmeter terangkum dalam sebuah perangkat tablet di depan setir yang otomatis terbuka ke atas saat mobil ingin dijalankan. Pada sisi dasbor dekat kaca, terdapat akses rumput menghijau yang memberi kesejukan dan kesegaran di mata. Seluruh lapisan peredam kabin juga bernuansa kayu alami yang mendatangkan kenyamanan dan kesegaran.

Pilihan warna pada Tata Sierra Concept turut diperhitungkan matang. Warna eksterior “off white” pearlescent yang halus melengkapi grafis lampu depan dan belakang yang mewakili modernitas dan generasi digital yang dinamis. Lampu depan dan belakang juga menyiratkan desain futuristis namun tetap fungsional. Adanya keyakinan bahwa kondisi manusia suatu saat dapat ditingkatkan dengan desain yang lebih baik menjadi filosofi ideal di balik Tata Sierra Concept.

Pada bagian ini, sampailah pada jawaban atas pertanyaan di paragraf awal: “Itulah masa depan mobilitas dan masa depan India modern..”

Spesifikasi Dimensi Tata Sierra Concept:

Panjang: 4.150 mm
Lebar: 1.820 mm
Tinggi: 1.675 mm
Jarak sumbu roda: 2.450 mm

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *