Home Otomotif Aksesoris/Aftermarket Product Tema Robotik Kuasai Posisi Pemenang MBtech RWSA 2019

Tema Robotik Kuasai Posisi Pemenang MBtech RWSA 2019

7 min read

Kontes modifikasi desain jok secara online yang digelar produsen bahan pelapis kulit sintetis MBtech makin mendapat antusiasme besar publik. Dari tahun ke tahun selalu ada trend model dan tema modifikasi yang berubah.

Drive and Hype – Masuk tahun keempat, penyelenggaraan MBtech Riding With Style Awards (RWSA) 2019, makin mendapat antusiasme besar pesertanya. Para peserta yang sebagian besar berasal dari berbagai seatmaker khusus jok motor seluruh Indonesia, aktif mengirimkan foto bentuk jadi desain jok motor hasil kreasi dan rancangannya yang memakai bahan MBtech. Karya desain tersebut lalu dikirim ke panitia dan juri MBtech RWSA 2019 melalui postingan di fanpage Facebook milik MBTech.

Sekitar 83 karya modifikasi jok motor tersebut selanjutnya disaring dewan juri sehingga masuk 30 besar karya desain, yang kemudian diseleksi lagi menjadi hanya 10 besar karya modifikasi jok untuk selanjutnya dicari posisi 1 hingga 3. Sepuluh karya yang masuk inilah yang akhirnya dikirim langsung ke kantor MBtech untuk menjalani proses penilaian langsung yang dilakukan secara ketat oleh tim juri MBtech.

Direktur MBtech, Setyanto mengatakan, MBtech-RSWA merupakan kontes modifikasi khusus jok motor yang dilakukan lewat fanpage MBtech di Facebook yang cukup besar peminatnya.

Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, sistem seleksi kali ini dalam mencari tiga desain terbaik dilakukan tiga tahap. Setelah mengirim karya desain ke fanpage MBtech Riders, tahap pertama tim juri memilih 15 karya desain jok terbaik. Karya terpilih diharuskan mengirim bentuk fisik asli karya desain jok terpilih ke panitia MBtech Online Design Contest – Riding With Style Awards (MODC-RWSA). Selanjutnya di tahap kedua, 15 karya pilihan tersebut dikerucutkan lagi menjadi 10 besar. Di tahap terakhir, tim juri akan memilih predikat tiga besar sebagai juaranya dari 10 besar itu.

“Penilaian juri saat melihat dan menguji secara detail karya yang masuk, didasarkan pada aspek kelayakan, kreativitas desain, fungsi dan kenyamanan, kualitas pengerjaan, dan keserasian paduan warna,” jelas Edi Pamungkas, Digital Creative Division Manager MBtech. “Penilaian berlangsung ketat karena 10 besar ini detailnya sama-sama bagus dan rapih, kreatif, tidak hanya desain saja, tapi ada fungsi yang dikedepankan. Paduan warnanya juga keren,” imbuh Edi.

Menurut Director MBtech, Setiyanto, kontes modifikasi khusus jok motor yang dilakukan lewat fanpage MBtech di Facebook cukup besar peminatnya. “Selama masa penyelenggaraan MBtech Online Design Contest – Riding With Style Awards dari Februari hingga Agustus 2019, berhasil menjaring 83 karya desain dari berbagai kalangan; umum dan perorangan, komunitas, modifikator serta seatmaker di seluruh Indonesia. Ini menandakan produk kami semakin populer dan diminati para penyuka modifikasi motor karena kelenturan dan daya tahannya,” kata Setiyanto yang akrab disapa Anto ini.

Menurutnya, setiap tahun tema desain modifikasi jok motor selalu berubah mengikuti tren yang tengah berkembang di masyarakat. “Kami sendiri tidak menentukan tiap tahun harus ada tema tertentu. Kami lepaskan pada kreativitas masing-masing. Namun nyatanya, hampir tiap tahun selalu ada tema yang mendominasi,” imbuh Anto. Fenomena munculnya tema ini yang ditambahkan Edi, sebagai efek dari film populer, sosial-media, dan trend modifikasi itu sendiri.

Karya desain jok pemenang pertama dengan nama ‘Generation Bionic’ yang diterapkan pada jok Yamaha NMAX

Menurut Edi, sebagai contoh, tahun lalu MBtech RWSA banyak didominasi tema binatang. sedangkan tahun ini lebih bermain ke desain robotik yang terkesan kaku, keras, parsial, dan banyak bermain warna kontras untuk memperlihatkan unsur kuat kontur joknya. “Kami juga mendapati di tahun ini tingkat kesulitan aplikasi dari rancangan desainnya jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya. Namun salutnya, mereka tetap mempertahankan yang namanya detail jahitan, proporsi, dan paduan warna,” papar Edi.

Dalam kontes ini, juara pertama diraih oleh Derrya Khansa (Cibinong, Bogor) dengan nomor peserta 073 yang menamakan desainnya ‘Generation Bionic’ yang diaplikasikan pada jok motor Yamaha NMAX. Selanjutnya juara kedua diraih Faisal Putra (083) dari Bekasi, Jawa Barat, dengan nama desain ‘Megatron’ yang diterapkan pada jok Honda New PCX. Sementara posisi ketiga diraih Ahmad Syarifuddin (062) dari Purbalingga, Jawa Tengah, dengan tema jok Aerox Robo Racing yang diaplikasikan untuk jok Yamaha Aerox. 

Karya desain jok dari pemenang kedua, Faisal Putra yang menamakan karyanya ‘Megatron’ pada jok Honda PCX

Untuk juara pertama mendapat uang Rp 25 juta + tropi + plakat. Juara kedua menerima Rp 5 juta + tropi + plakat, dan posisi ketiga berhak mendapat uang Rp 3 juta + tropi + plakat. Sedangkan nominasi 4 sampai 10 masing-masing memperoleh Rp 1 juta beserta plakat. Semua peserta yang mengirimkan karya ke kontes MODC-RWSA 2019, berhak atas hadiah merchandise dan certificate of participation.

 

 

 

  • Bahan MBtech Giorgio Meluncur Dengan 40 Pilihan Warna

    Bahan pelapis jok memang beraneka ragam, tetapi ada salah satu merk-nya yang paling ramai …
Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Aksesoris/Aftermarket Product

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *