Home News Ternyata Charge HP di Mobil Bahaya! Ini Alasannya

Ternyata Charge HP di Mobil Bahaya! Ini Alasannya

2 min read

Siapa yang sangka jika mengisi daya ponsel ketika di mobil sebenarnya berbahaya karena bisa menyebabkan baterai ponsel menggembung dan terbakar. Apa sebabnya?

DrivenHype – Ponsel genggam memang sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia jaman sekarang, apalagi era millenial. Rasanya sangat tidak mungkin untuk hidup sehari tanpa ponsel. Ketika sedang di mobil pun, ponsel menjadi pemandu dalam perjalanan dengan aplikasi mapsnya. Dan ketika daya ponsel hanis, seringkali kita mengisi daya di mobil menggunakan kabel USB. Tahukah Anda bahwa mengisi daya ponsel di mobil ternyata berbahaya? Ini dia sebabnya.

Proses pengisian baterai telepon seluler di dalam mobil menggunakan power output yang berasal dari lubang pemantik api (lighter). Namun, pengisian daya ponsel di mobil ini kurang baik bagi daya tahan baterai karena tegangan kelistrikan mobil yang kurang stabil. Putaran mesin mobil yang seringkali turun-naik, hidup-matinya sistem kelistrikan mobil yang mendistribusikan arus listrik ke AC, audio, dan lampu-lampu mungkin akan berpengaruh terhadap tegangan output pada pada alternator.

Dampaknya, baterai ponsel seluler bisa menggembung dan bisa juga meledak saat pengisian baterai. Untuk itu, hindari melakukan pengisian daya baterai ponsel ketika di dalam mobil kecuali memang sudah urgent.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika Anda akan mengisi ulang daya baterai ponsel melalui output lighter di dalam mobil:

1. Jauhkan dari benda yang mudah terbakar seperti kertas dan tissue

2. Gunakan kabel charge original bawaan ponsel

3. Hentikan pengisian ulang daya baterai jika charger atau ponsel menjadi panas

4. Hindari mengangkat telepon ketika ponsel dalam keadaan charging. Jika harus, cabutlah dulu kabel chargernya.

5. Hindari ponsel terkena matahari atau sumber panas yang berlebihan ketika mengisi daya baterai ponsel.

Load More Related Articles
Load More By Titis Wasilia
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *