Home Otomotif Carbike Test Test Drive Suzuki New Carry Pick Up di Banjarmasin: Eksplorasi Performa Sang Raja ILMU

Test Drive Suzuki New Carry Pick Up di Banjarmasin: Eksplorasi Performa Sang Raja ILMU

11 min read

Kami mencoba rajanya pick up ini di Banjarmasin, salah satu kota andalan penjualan Suzuki New Carry Pick Up di luar Jawa. Selain sebagai kota dagang, Banjarmasin juga memiliki kontur jalan beragam. Kami pun bisa optimal mencoba performanya. 

Drive and Hype – Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menurut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS),  merupakan salah satu kota unggulan penjualan Suzuki Carry di luar Jawa. Dengan ciri kota mengandalkan perdagangan, kendaraan komersial seperti Suzuki Carry gampang diterima sebagai alat transportasi pengangkutan barang yang lincah, irit, dan tangguh.

Sebagai kontributor terbesar penjualan Suzuki di Banjarmasin, sekaligus raja pick up segmen kendaraan niaga ringan di Banjarmasin dan sekitarnya, membuat PT SIS memilih Banjarmasin sebagai target media test drive. Ajang test drive ini juga sekaligus menjadi pembuktian si raja pick up ini dalam ILMU-nya, yakni “Irit bensin dan perawatan; Lama umur pakainya; Muat banyak; Untung di ujung”.

Roy Astungkoro, Head of Digital Marketing PT SIS saat memberi sambutan sesaat sebelum melepas bendera start media test drive New Carry pick up

“Carry pick up sudah dipercaya puluhan tahun menjadi teman usaha yang terkenal tangguh, efisien, dan murah perawatannya. Melalu test drive di Banjarmasin ini, kami berharap rekan media dapat merasakan langsung performa dan keunggulan mobil usaha legendaris ini, sekaligus dapat menemukan sudut pandang baru dari New Carry pick up,” ujar Roy Astungkoro, Head of Digital Marketing PT SIS yang turut melepas rombongan media.

Pelepasan rombongan Media Test Drive New Carry Pick Up dari diler Suzuki – Mitra Megah Profitamas atau Mitra Suzuki

Sebelumnya, bath 1 dan 2 media test drive New Carry ini sudah berlangsung di Yogyakarta dan Makassar. Pada bath ketiga yang berlangsung 8 – 9 Juli 2019, para media diberi kesempatan menguji dan membuktikan keandalan performa New Carry pick up di sepanjang rute jalan semi off road di perkebunan kelapa sawit Pelaihari, jalan berkelok dan berbukit menuju kawasan wisata Kiram yang mencakup obyek wisata Gunung Mawar dan Villa Paman Birin.

 

 

Sentuhan Kabin Baru

Masuk kabin New Carry, didapati lebih luas dari sebelumnya. Komposisi ruang kaki, headroom, posisi setir dan jok mengemudi serta penumpang, memberi kenyamanan berbeda. Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan posisi duduk paling pas. Bahkan jok pengemudi bisa disetel maju-mundur menyesuaikan posisi kaki ke pedal set dan setir.

Setiap mobil sengaja diisi 3 orang dewasa. Team saya yang rata-rata bertubuh agak tambun dan melebar, bisa masuk leluasa, kendati duduk agak berhimpitan karena lebarnya proporsi tubuh dari seharusnya. Busa jok juga cukup tebal dan nyaman untuk perjalanan jarak sedang.

Kabin New Carry kini jauh lebih besar dan lega.

Bagi kami dengan rata-rata tinggi 170-175 cm, headroom dan ruang kaki cukup memadai.   Namun, bagi penumpang duduk di tengah, diusahakan bertubuh pendek, lantaran ujung dengkul bisa mentok dengan rumah tongkat persneling dan konsol dasbor tengah di bawah tuas pengaturan AC. Keberadaan head unit Single-DIN dengan fitur CD, MP3, USB, turut menciptakan suasana perjalanan jadi nyaman dan tidak membosankan.

 

Tampilan dasbor cenderung flat dengan komposisi kiri-kanan hampir sama. Kalau boks kanan berisi panel speedometer, maka boks kiri berupa laci. Konsep proporsional ini sepertinya untuk memudahkan dan biaya rendah saat proses perpindahan posisi setir dari kanan ke kiri. Pasalnya, New Carry produksi Indonesia ini juga akan diekspor ke 100 negara.

Posisi penyimpanan juga cukup tersedia di dasbor New Carry. Ada beberapa lokasi penyimpanan barang untuk menaruh botol minuman, handphone, tas kecil atau atau barang bawaan pribadi lainnya. Oiya, untuk sebuah pick up, perangkat penyejuk udara kabin atau AC sangat dingin untuk menghalau sengatan terik matahari khas Kalimantan. Keberadaan electric power stering (EPS) juga signifikan mengurangi beban tangan pengemudi. Hasilnya, kami bertiga tidak cepat merasakan lelah selama perjalanan.

Performa New Carry

Sebelum memulai perjalanan, bak New Carry wide deck (WD) diberi muatan terlebih dulu. Bak berukuran panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm ini sengaja dipenuhi berbagai jenis barang dengan perkiraan berat mencapai 500 kg lebih. Dengan estimasi penumpang masing-masing berbobot 85 kg, maka ditambah beragam jenis barang tersebut menjadi total beban yang dibawa sekitar 755 kg.

Bak belakang New Carry dalam test drive ini sengaja diisi beban mencapai 500 kg

Dengan luas bak mencapai 11,2 meter persegi, menurut pihak Suzuki, bak New Carry masih mampu dibebani muatan hingga seberat satu ton. New Carry pick up memiliki pengait bak berjumlah 12 (tipe Flat Deck) dan 22 (tipe Wide Deck), yang memudahkan proses penempatan dan penurunan barang. Dengan panjang keseluruhan bodi 4.195 mm, lebar bodi 1.765 (wide deck) dan radius putar hanya 4,375 meter, memudahkan New Carry berputar di jalan sempit dan lincah bermanuver di jalan berliku.

Kemampuan melahap jalan semi-off road juga bisa dilewati New Carry dengan santai. Bantingan suspensi racikan terbaru yang mengadopsi MacPherson Strut di depan dan suspensi belakang Leaf Rigid Axle, mampu meredam optimal guncangan dari jalan perkebunan kelapa sawit di Pelaihari yang kombinasi medan gravel, lubang, tanah merah, dan bebatuan. Peredaman suspensi baru ini juga jauh lebih lembut dari generasi sebelumnya.

 

 

Pada rute menuju Gunung Mawar yang banyak disuguhi tikungan dan tanjakan, New Carry punya performa memuaskan. Kendati dilimpahi bobot beban tambahan hingga 755 kg, New Carry terlihat santai menanjak. Bahkan di suatu titik tanjakan cukup curam dan panjang di kaki  Gunung Mawar, saya sengaja memposisikan terus di posisi gear 3 dengan sedikit ancang-ancang. Hasilnya? New Carry menanjak percaya diri dengan beban yang diusungnya.

Itulah mengapa salah satu faktor daya tarik New Carry ini terletak pada mesin baru yang kuat dan tangguh. Performa mesin baru berkode K15B, 4-silinder DOHC 16 katup dan berkapasitas 1.462cc ini menghasilkan tenaga 97 PS di 5.600rpm. Sedangkan torsi maksimum yang dihasilkan mencapai 135 Nm pada 4.400rpm. Mesin K15B ini seperti yang dipakai oleh All New Ertiga dan kabarnya juga akan diusung All New Suzuki Jimny.

Dengan racikan perbandingan gigi yang pas, tenaga New Carry terasa padat di setiap putaran. Tinggal bagaimana si pengemudi mahir kapan memainkan gigi yang pas. Konsumsi bahan bakar juga terbilang irit. Posisi indikator bensin yang saat berangkat di posisi setengah dari full, masih menyisakan 1-2 bar. Padahal, New Carry telah melalui medan berat dan membawa beban tambahan.

Akhir dari perjalanan menguji New Carry berakhir di Villa Paman Birin. Sajian tahu goreng petis, pisang goreng hingga  jagung rebus yang ditemani teh hangat dan kopi, membuat keseluruhan perjalanan uji coba New Carry terkesan nikmat dan guyub. Paduan performa memuaskan dengan pengendalian ringan bisa memberi pemahaman ke kami makna sebenarnya dari konsep ILMU yang diterapkan pada New Suzuki Carry Pick Up.

Harga OTR All New Suzuki Carry

Suzuki New Carry Pick Up FD Rp 148.600.000
Suzuki New Carry Pick Up FD AC/PS Rp 157.600.000
Suzuki New Carry Pick Up WD Rp 149.600.000
Suzuki New Carry Pick Up WD AC/PS Rp 158.600.000

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Carbike Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *