Home News Tidak Hanya Produksi Gadget, Xiaomi Kini Luncurkan Scooter Listrik A1 dan A1 Pro

Tidak Hanya Produksi Gadget, Xiaomi Kini Luncurkan Scooter Listrik A1 dan A1 Pro

4 min read

Terkenal sebagai produsen gadget dan produk teknologi, kali ini Xiaomi menghadirkan alat transportasi ramah lingkungan, skuter listrik atau moped. 

Drive and Hype – Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan gadget dari Cina, Xiaomi selama ini dikenal sebagai produsen ponsel cerdas, tablet, kamera action, dan perangkat gadget lainnya. Namun kali ini Xiaomi melakukan terobosan berbeda jauh dengan apa yang selama ini dibuatnya. Kendati masih dekat dengan urusan dunia listrik sebagai penggeraknya.

Ya, kali ini Xiaomi memperkenalkan resmi skuter listrik bikinannya, Xiaomi A1 dan A1 Pro. Proyek skuter listrik ini dikerjakan bersama 70mai yang juga berasal dari Tiongkok. Dibanding skuter listrik yang pernah dibuat, skuter atau moped listrik buatan Xiaomi ini berpostur lebih ramping dan agak kecil. Tak heran, hanya pas ditumpangi satu orang saja.

Seperti dikutip dari laman electricvehicleweb.in, skuter ramah lingkungan Xiaomi A1 berbobot 52 kg. Tidak hanya mengandalkan baterai, skuter listrik Xiaomi juga dilengkapi pedal seperti di sepeda, yang selain menggerakkan roda seperti sepeda biasa, juga bisa dimanfaatkan menghasilkan energi listrik untuk me-recharge baterai sebagai energi utamanya. 

Baca juga: Xiaomi 70mai A1 & A1 Pro Electric Scooter

Skuter listrik Xiaomi A1 dan A1 Pro ditenagai motor DC 400W brushless. Skutik listrik A1 ditenagai baterai lithium 48V 16Ah yang mampu menempuh jarak hingga 60 km. Sedangkan versi A1 Pro disematkan baterai lithium 48V 20Ah yang mampu menempuh jarak hingga kisaran 75 km. Baterai pada kedua model ini dapat dilepas dan bisa terisi penuh dalam 7,5 jam.

Skuter ini memiliki berat total hanya 55 kg dan dapat mencapai kecepatan tertinggi 25 km / jam di kedua versi, sesuai regulasi kecepatan moped atau skuter listrik di Tiongkok. Sesuai fungsinya, moped listrik ini berorientasi pada komuter untuk digunakan di sekitar kota dan lingkungan perkotaan. 

Kedua skutik ini dilengkapi roda 16 inci dengan motor hub. Kendati Xiaomi belum mencantumkan detail spesifikasi motor hub-nya, mengacu pada dimensi motor, besar kemungkinan motor hub berkekuatan  750W. Untuk pengereman, roda depan dilengkapi rem cakram hidrolis tunggal, dan belakang rem tromol. Suspensi depan menggunakan teleskopik, belakang amdalkan sepasang sokbreker.

Perbedaan mencolok terletak pada panel speedometer berlayar sentuh dengan fitur perintah suara untuk navigasi GPS yang hanya ada di versi A1 Pro. Panel indikator ini menunjukkan kapasitas baterai, dan kecepatan. Fitur menarik lainnya, keduanya dilengkapi kamera resolusi Full HD 1080p dengan lensa sudut lebar 130 derajat untuk merekam perjalanan. A1 Pro memiliki memori internal, sedangkan di versi A1 harus menyediakannya sendiri.

Bagi Anda yang tertarik skuter ini, di negeri asalnya Xiaomi membanderol model A1 seharga USD 424 atau sekitar Rp 6,9 juta. Sedangkan versi A1 Pro dilabeli USD 566 atau sekitar Rp 9,2 juta. Tertarik?  

Foto: electricvehicleweb.in / xiaomi

 

 

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *