Home Otomotif First Impression Tidak Hanya Sumber Pacunya, Fitur Keselamatan Mitsubishi Eclipse Cross Maksimalkan Pengendaraannya

Tidak Hanya Sumber Pacunya, Fitur Keselamatan Mitsubishi Eclipse Cross Maksimalkan Pengendaraannya

6 min read

Selain dikenal memiliki sumber pacu yang trengginas berkat perangkat induksinya, Mitsubishi Eclipse Cross juga makin otimal pengendaraannya berkat fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap dan modern.

Drive and Hype – Mitsubishi Eclipse Cross, model SUV (Sport Utility Vehicle) yang diluncurkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) ke pasar otomotif Indonesia pada Juli 2019 lalu, tidak hanya berpenampilan modern, tetapi juga hadir dengan performa memuaskan berkat mesin 4B40 DOHC MIVEC 1.5L Turbocharged 4-silinder yang dipadu fitur keamanan canggih pemberi rasa aman saat berkendara.

Mitsubishi Eclipse Cross punya desain dan fitur futuristik, untuk mereka yang dinamis dan progresif. Hal ini diwujudkan tampilan sporty dan stylish, performa berkendara, teknologi canggih, serta dilengkapi Advance Safety Feature yang mengoptimalkan pengalaman berkendara penuh percaya diri,” jelas Guntur Harling, Group Head of Product strategy Division PT MMKSI.

Mitsubishi Eclipse Cross diciptakan bagi masyarakat perkotaan yang menginginkan kendaraan tangguh tapi lincah membelah jalan di kota besar. Eclipse Cross dilengkapi fitur 7 SRS Airbags yang terdiri dari front airbag, side airbag, curtain airbag, dan knee airbag untuk membantu melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi tabrakan.

Untuk mencegah terjadinya tabrakan, Eclipse Cross juga dibekali fitur Forward Collision Mitigation System (FCM) yang mencegah benturan ketika ada obyek di depan mobil yang berhenti mendadak dan mampu mendeteksi kendaraan lain serta pejalan kaki melalui kamera dan radar laser.

Mengemudi menjadi nyaman berkat adanya fitur Adaptive Cruise Control (ACC) pada Eclipse Cross yang lebih pintar dari fitur Cruise Control biasa. Fitur ini bisa membebaskan pengemudi dari pedal gas dan juga pedal rem, karena dengan Adaptive Cruise Control ini mobil bisa menyesuaikan kecepatan dengan kondisi lalu lintas.

Saat Adaptive Cruise Control ini diaktifkan dengan kecepatan tertentu, mobil akan menjaga kecepatan dengan kendaraan di depannya tanpa harus menekan pedal gas dan pedal rem. Jika kendaraan di depan mengurangi kecepatan, otomatis fitur ACC akan mengurangi sendiri kecepatannya. Begitu mobil di depan kembali melaju, maka Eclipse Cross akan menambah kecepatan yang sudah ditetapkan pengemudi.

Mitsubishi juga menyediakan fitur Active Yaw Control (AYC) yang mengoptimalkan kekuatan rem, sehingga mobil terkontrol baik bahkan saat kondisi jalanan licin dan basah. Keamanan juga dimaksimalkan saat kondisi jalanan licin berkat adanya fitur Active Stability & Traction Control (ASTC) yang otomatis mengontrol laju mobil ketika sedang bermanuver agar tidak mudah tergelincir.

Eclipse Cross juga dibekali fitur Blind Spot Warning (BSW) yang menampilkan peringatan di kaca spion luar jika ada kendaraan di samping kanan dan kiri mobil. Sehingga pengendara dapat lebih aman jika ingin berpindah lajur.

Tidak hanya blind spot warning, Eclipse Cross juga disemati fitur Cross Traffic Alert, di mana saat berkendara pengemudi tidak perlu khawatir jika ada kendaraan lain yang tiba-tiba melintas di belakang ketika mobil dalam posisi mundur.

Eclipse Cross juga memberikan rasa aman saat sedang berada di area parkir dengan fitur Ultra Misacceleration Mitigation System (UMS) yang mencegah mobil melaju ketika pedal gas secara tidak sengaja terinjak ketika sedang parkir.

Selain itu, Eclipse Cross juga dilengkapi fitur Hill Start Assist (HSA) yang mengaktifkan rem secara otomatis selama beberapa detik saat akan melaju di jalan menanjak sehingga mobil tidak bergerak mundur dan mencegah terjadinya tabrakan dengan kendaraan di belakang mobil.

Kombinasi berbagai fitur keselamatan ini sudah teruji dengan membuahkan skor Keamanan Bintang 5 (lima) dari ASEAN NCAP pada tahun 2018.

ECLIPSE CROSS Raih Skor Keamanan 5 Bintang ASEAN NCAP

Eclipse Cross memiliki sistem keamanan yang baik, terbukti diraihnya Bintang 5 (lima) dari ASEAN NCAP pada 2018 dengan total skor 91,05 poin. Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), model ini mencetak 48,81 poin, pada kategori Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) mencetak 22,11 poin, dan 20,14 poin pada kategori Safety Assist Technologies.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *