Home Otomotif First Impression Tokyo Auto Salon 2020 Jadi Saksi Tampilan Perdana Toyota GR Yaris

Tokyo Auto Salon 2020 Jadi Saksi Tampilan Perdana Toyota GR Yaris

3 min read

Toyota GR Yaris terkuak wujudnya di perhelatan acara Tokyo Auto Salon 2020, mobil ini memiliki dapur pacu terbilang bengis dengan mesin 1.6 liter tiga silinder turbocharged dengan muntahan tenaga mencapai 257 BHP dengan torsi 360 Nm.

Drive and Hype – Beberapa kali teaser penampakan Toyota GR Yaris beredar di dunia maya beberapa bulan ini, tentunya banyak mengundang penasaran akan tampilan sebenarnya dan spesifikasi yang disemat kendaraan yang bergender reli ini. Bena saja, pada perhelatan pamean Tokyo Auto Salon 2020 yang digelar pada tanggal 10 – 12 Januari 2020 di Jepang, pihak Toyota memboyong mobil ini untuk diperkenalkan perdana kepada public.

Tentunya melibatkan divisi balap mereka, yakni Toyota Gazoo Racing yang ternyata berkolaborasi dengan tim Tommi Makinen Racing dalam produk tersebut. Mereka menyebutnya Toyota GR Yaris, yang kental sekali dengan nuansa balap reli, tentunya merujuk ke keseriusan pihak Toyota untuk divisi balap reli nya yang membuahkan hasil prestasi spektakuler di World Rally Championship (WRC) melewati pebalap Ott Tanak yang berhasil menjadi juara dunia.

GR Yaris memiliki kemampuan mesin yang beringas, dengan kapasitas 1.6 liter tiga silinder turbocharged yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 257 BHP, apalagi memiliki torsi maksimum mencapai 360 Nm, pantaslah disebut sebagai Hot Hatchback gebrakan dari Toyota. Mode berkendara mobil ini pun ada tiga macam, Normal Mode yang beroperasi dengan 60% tenaga mesin menuju roda depan dan 40% ke roda belakang dan Sport Mode yang menjadikan rasio mesin di 30%:70& dan Mode Track yang menggerakkan kedua as bersamaan menjadi 50%:50% agar menambah traksi saat medan jalan semi off road.

Mobil ini juga memiliki sasis dan platform berbeda dari Yaris sebelumnya, dengan menyemat desain baru untuk bagian belakang (C) dan tengah (B). Toyota GR Yaris pun hanya dirilis dengan memiliki tiga pintu saja, dengan bobot yang diyakini jauh lebih ringan dan membantu sitem aerodinamika.

Merujuk ke keterangan dari situs Autoexpress.co.uk, Toyota GR Yaris akan siap dipasarkan mulai akhir tahun ini. Dan pasar yang dituju untuk model perdana ini adalah Negara Inggris yang diestimasi akan dibanderol dengan harga £ 35.000 – £ 40.000, walau pun harga resminya sendiri belum dirilis oleh pihak Toyota.

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In First Impression

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *