Home Otomotif Carbike Test Toyota Avanza Sejak Awal Dirancang untuk Masyarakat Indonesia

Toyota Avanza Sejak Awal Dirancang untuk Masyarakat Indonesia

5 min read

Kendaraan MPV Toyota Avanza dirancang untuk memenuhi keperluan dari pengguna kendaraan di Indonesia, dengan kontur jalan yang berbeda-beda tentu membutuhkan kendaraan yang multi guna dan yang pasti memiliki jaringan bengkel di setiap kota. Alasan inilah yang menjadikan Avanza begitu tepat untuk penggunaan konsumen Indonesia.

Drive and Hype – Toyota Avanza merupakan produksi pabrikan Daihatsu di Indonesia, dan dipasarkan dalam dua merek yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Avanza pertama kali diluncurkan pada ajang Gaikindo Auto Expo 2003, dan langsung terjual sebanyak 100.000 unit.

Barulah pada 2005 diluncurkan Avanza 1.3S VVT-i bertransmisi otomatis dengan teknologi pengereman yang sudah mengadopsi sistem ABS. Kemudian jelang akhir 2006 diluncurkan New Avanza S, yang kali ini menggendong mesin 4-silinder 1.5L. Ini merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1.500 cc VVT-i, sensor parkir belakang, teknologi pengereman ABS, dan pelek aluminium 15″. Mesin 1.5L ini sama persis dengan yang digunakan pada Toyota Rush.

Kehadiran Small MPV ini langsung menjadi magnet bagi masyarakat Indonesia, apalagi dengan jaringan dealernya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia menjadikan Avanza mendapat respon baik. Apalagi dengan ketangguhan bagian kaki-kakinya seakan menjadi bukti, khususnya untuk masyarakat yang tinggal di daerah-daerah dengan kondisi medan jalan yang beragam.

Kaki-kaki yang kuat dan ground clearance tinggi, menjadi salah satu alasan dipilihnya Toyota Avanza

Tidak hanya kaki-kaki dan ground clearance saja, Toyota Avanza memiliki ruangan kabin yang cukup lega untuk sehingga untuk mengangkut 7 penumpang sekaligus bukan perkara sulit. Dengan sistem pelipatan kursi di baris ketiga, membuat ruangan bagasinya lebih luas dan lega sehingga mampu mengangkut barang bawaan yang lebih banyak.

Popularitas Toyota Avanza makin lama makin mengkilap, keunggulan mesin yang bandel dan irit ternyata mendorong calon konsumen memilih Avanza, jaringan bengkel turut menjadi pertimbangan. Perbaikan mobil Avanza juga cukup mudah karena spare parts yang tersedia cukup banyak.

Toyota Avanza memiliki konfigurasi tempat duduk tiga baris, mampu menampung hingga 7 penumpang

Setelah 7 tahun kehadirannya, barulah pada November 2011 hadir generasi kedua dari Avanza, yang dikenal sebagai All New Avanza. Selanjutnya hadir varian baru yang diberi nama Veloz, ini menjadi varian paling atas dari Avanza. Pada 2014, Avanza hadirkan varian paling mewah Avanza, dengan nama Avanza Luxury.

Toyota Avanza terus mendapatkan hati di konsumennya, bahkan dianggap sebagai mobil yang sulit di salip atau lewati dijalan raya. Saking banyaknya Avanza, begitu anda menyalip mobil tersebut, didepan anda masih ada Avanza lagi begitulah ungkapan orang-orang akan mobil Avanza.

Dua Avanza beda generasi, tetap mengutamakan desain kompak dan tangguh

Avanza memang dirancang untuk masyarakat Indonesia, dimensinya yang tidak terlalu besar namun daya angkut yang banyak menjadi alasan konsumen suka akan Avanza. Kehadiran kompetitor seperti hanya menjadi euforia sesaat saja, akhirnya masyarakat tetap mengakui keunggulan pada Avanza.

Pada 2015 merupakan tahun dimana kembali Avanza menghadirkan model facelift-nya, dengan nama Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Model ini tetap hadir hingga saat ini, modelnya pun semakin lama semakin modern. Untuk alasan keamanan, Avanza menambahkan jumlah airbags didalam kabinnya, ditempatkan pada bagian depan penumpang.

Dan Toyota Avanza ini juga sudah di ekspor ke beberapa negara, seperti Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Itulah sekilas latar belakang dari Avanza dari tahun ke tahun, dan kini masyarakat tengah bersiap untuk menanti Avanza generasi selanjutnya. Yang kabarnya akan segera diperkenalkan pada 2019 nanti, kita tunggu saja!

Load More Related Articles
Load More By Benny Suryakusumah
Load More In Carbike Test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *