Home Hobby Toyota Gazoo Racing Putuskan Mundur dari Ajang Balap 24 Jam Nurburgring Tahun Ini

Toyota Gazoo Racing Putuskan Mundur dari Ajang Balap 24 Jam Nurburgring Tahun Ini

3 min read

Tim balap pabrikan TOYOTA GAZOO Racing memutuskan mundur dari ajang balap 24 Jam Nürburgring tahun ini, walau perhelatannya telah diundur akibat pandemi COVID-19, namun mereka lebih memilih mundur akibat berbagai hal teknis dan terkait persiapannya.

Drive and Hype – Hampir semua ajang kompetisi balap mobil di tahun 2020 mengalami perubahan jadwal pelaksanaan dan bentuk tampilannya. Dari balap kelas internasional hingga balap lokal pun tak luput dari perubahan tersebut akibat imbas pandemi COVID-19 yang menimpa berbagai Negara.

Kali ini kabar mengejutkan datang dari salah satu tim balap pabrikan mobil Jepang, yaitu TOYOTA GAZOO Racing (TGR). Mereka mengabarkan akan absen di ajang balap ketahanan ‘24 Hours of Nürburgring’, walau event balap ini ditunda menjadi tanggal 24 – 27 Septembr 2020 yang sebelumnya dijadwalkan bulan Mei ini akibat wabah corona.

Perhelatan balap tahun ini merupakan yang ke 48 kalinya kompetisi kelas internasional tersebut digelar, dan TOYOTA GAZOO telah turut berpartisipasi sejak tahun 2007 dan telah berkompetisi di ajang ini sebanyak 13 tahun berturut-turut. Mereka pun mengakui cikal bakal mobil yang memiliki durability terbaik di Toyota banyak berasal dari kompetisi ini.

Rencana awal mekanik dan insinyur dari Toyota, ingin menurunkan mobil balap Lexus LC di ajang balap 24 Jam Nürburgring tahun ini, walau masih dalam tahap proses penyempurnaannya. Namun, penyebaran global COVID-19 telah membatasi perjalanan dari tim TGR, sehingga tidak memiliki cukup kesempatan untuk melakukan tes di lintasan balap Nürburgring, dan berdampak yang substansial pada pengembangan mobil balap.

Tahun ini, tim TGR juga berencana untuk menjalankan mesin baru dan teknologi periferal di Lexus LC mereka. Namun dalam situasi seperti saat ini, dan mengingat betapa pentingnya kondisi mobil balap yang sempurna di ajang 24 Jam Nürburgring, akan menyulitkan tim TGR untuk menyelesaikan lomba sesuai harapan.

Untuk alasan ini, TOYOTA GAZOO Racing telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam 24 Jam Nürburgring tahun ini. “Kami tidak dapat berpartisipasi tahun ini, dan itu merupakan kekecewaan saya yang sangat besar. Bahkan dalam keadaan yang buruk seperti saat ini, dan meskipun saya jauh di Jepang, saya sekali lagi berjanji untuk terus membuat mobil yang lebih baik,” tegas Akio Toyoda selaku President and Representative Director of Toyota Motor Corporation.

Sumber : Toyota Gazoo Racing

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In Hobby

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *