Home News Toyota Resmi Kenalkan Model Venza Bermesin Hybrid

Toyota Resmi Kenalkan Model Venza Bermesin Hybrid

5 min read

Toyota meluncurkan kembali model terbaru Venza, yang sebelumnya penah discontinue pada tahun 2015 silam dan kini mereka perkenalkan generasi terbarunya, yakni “Toyota All-New 2021 Venza Crossover”.

Drive and Hype – Kemarin (18/5) pihak Toyota di Amerika Serikat resmi luncurkan model terbaru dari Sienna, yakni Toyota Sienna 2021 All-Hybrid secara virtual. Di momen peluncuran tersebut, mereka pun perkenalkan satu model terbaru lagi dan ini merupakan kelahiran kembali model yang dulu pernah mereka suntik mati, yaitu “Toyota All-New 2021 Venza Crossover”.

Model ini dikabarkan discontinue di tahun 2015 dan kali ini mereka perkenalkan kembali dengan berbagai pembaharuan. Crossover Utility Vehicle (CUV), itulah segmen model yang mereka berikan ke produk anyarnya.

Dengan mengusung Toyota New Global Architecture (TNGA-K), Toyota Venza 2021 menggendong teknologi Hybrid dengan mesin empat silinder DOHC 2.5 liter. Bahkan dilengkapi juga dengan sistem Variable Valve Timing-intelligent oleh motor elektrik (VVT-iE) pada camshaft intake, dan VVT-i pada camshaft knalpot.

Sistem pendingin variabel (pompa air listrik, termostat listrik) dan pompa oli variabel yang membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar. Teknologi yang telah terbukti ini dapat menghasilkan tenaga maksimal di 219HP, dan mesin hybrid-nya telah menyemat teknologi terbaru Toyota Hybrid System II dengan mode penggerak All-Wheel Drive (AWD).

Bila kita bicara tentang penggerak AWD, Toyota Venza 2021 ini hadir dengan Electronic On-Demand All-Wheel Drive Toyota, sebuah sistem yang sangat efisien yang mengambil keuntungan maksimal dari manfaat mesin hybrid. Alih-alih menggunakan transfer case dan driveshaft ke roda belakang, Electronic On-Demand AWD menggunakan motor listrik yang dipasang di belakang dan terpisah, dengan fungsi memberi daya pada roda belakang saat dibutuhkan.

Kelebihan dari teknologi desain TNGA-K adalah penggunaan ekstensif baja berkekuatan tinggi, hal ini memungkinkan suspensi multi-link depan dan penyangga depan membantu berikan kelincahan handling sekaligus memberikan pengendaraan yang tenang dan mulus. Venza didukung oleh sistem rem yang dikontrol secara elektronik dengan fitur Active Cornering Assist (ACA), yang memiliki kontrol stabilitas untuk mengurangi understeer saat dalam kondisi menikung.

Mobil ini dilengkapi standar sistem keamanan terbaru, yakni Toyota Safety Sense 2.0, rangkaian lengkap sistem keselamatan aktif yang mencakup Pre-Collision System with Daytime/Low-Light Vehicle and Pedestrian Detection, plus Daytime Bicycle Detection (PCS), Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert with Steering Assist (LDA w/SA), Automatic High Beams (AHB), Lane Tracing Assist (LTA) dan Road Sign Assist (RSA).

Menilik bagian interiornya, Toyota Venza 2021 menawarkan atap kaca panoramic Star GazeTM, yaitu teknologi kaca elektrokromik yang memungkinkan pengemudi untuk beralih dari mode transparan ke mode buram dengan menggunakan tombol ON / OFF. Di sisi hiburan, mobil ini memiiki konektivitas canggih melalui sistem audio Toyota yang intuitif dan serbaguna, melalui layar sentuh 8 inci yang telah dilengkapi Apple CarPlay, Android Auto, dan Amazon Alexa.

Kesenyapan kabin menjadi nilai jual tersendiri di kendaraan ini, dengan peningkatan kualitas low noise, vibration, and harshness (NVH) yang dibungkus dengan desain canggih. Mirip dengan Toyota Sienna, mobil ini pun memiliki empat mode mengemudi, NORMAL, ECO, SPORT dan EV. Untuk EV, memungkinkan penggerak khusus listrik dan hanya dapat digunakan pada kecepatan rendah untuk jarak pendek.

Sumber : Toyota

Load More Related Articles
Load More By Gatut Satrio
Load More In News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *