Home Gears Ujet, Skuter Listrik Jaman ‘Now’

Ujet, Skuter Listrik Jaman ‘Now’

5 min read

Tidak hanya tampilannya bikin penasaran, tapi juga pada performanya dengan desain dan teknologi terkini. Tidak heran kalau disebut, inilah scooter listrik jaman ‘now’.

Ingin berkendara dengan gaya menarik di tengah belantara lalu lintas kota? Mungkin produk terbaru dari Ujet, sebuah perusahaan asal Luxemburg ini bisa menjadi pilihan menarik. Pasalnya, di ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018 awal tahun ini di Las Vegas, Amerika Serikat, mereka menampilkan skuter listrik dengan konsep desain modern dan teknologi terkini.

Dengan bobot hanya 108 kg, Ujet memiliki desain konstruksi yang ringan, mudah dilipat, dan kuat membopong bobot pengendaranya. Bentuk bodi skuter listrik ini mengandalkan rangka dengan sudut asimetris. Untuk kekuatannya, material rangka terbuat dari bahan komposit serat karbon. Ujet ini bisa dilipat, lalu jok yang menyatu dengan baterai dibawahnya juga mudah dilepas-pasang. Cukup unik dan tidak biasa, namun kesan modern tetap terlihat.

Hal menarik lainnya, aplikasi velg dengan model orbital, sehingga roda berputar seperti tanpa lengan ayun, berbeda dengan layaknya motor biasa.  Untuk baterainya, ada dua model. Baterai yang lebih ringkas mampu membawa Ujet sejauh 112 km. Sedangkan model baterai lainnya mampu menempuh jarak sekitar 144 km.

Bagi yang mobilitasnya tinggi, tak perlu khawatir. Pasalnya tersedia pula opsi charger pengisian cepat yang mampu mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 2 jam saja. Untuk pengisian dengan charger standar, waktu pengisian hingga penuh bisa memakan waktu 6 jam. Semuanya bisa dilakukan dengan stop kontak yang berada di rumah atau di lokasi apa saja yang memiliki stop kontak listrik AC biasa.

Motor dinamo Ujet berkekuatan 5,44 hp dengan torsi maksimum 89,7 Nm. Oiya, jarak tempuh Ujet juga bisa diatur sesuai kebutuhan, sesuai besaran kekuatan baterai terpasang dan cara pengendaraannya. Estimasi mampu menempuh jarak rata-rata 70 km hingga paling jauh 150 km. Tak perlu kawatir ‘kehabisan bensin’ karena tinggal mencari colokan listrik rumah atau lokasi setopan pada umumnya.

Pangsa pasar skuter listrik Ujet memang fokus di kota-kota besar yang masyarakatnya menginginkan kepraktisan pemakaian namun tetap mengusung teknologi. Berbagai fitur terkini dan banyak teknologi built-in seperti GPS, Bluetooth, dual-port USB, hingga dashcam disematkan ke Ujet. Ada juga WiFi berkonektivitas 4G, SIM card,  dan aplikasi telematika untuk pengoperasian Ujet, memantau tingkat penyimpanan baterai, memantau posisi skuter, bahkan menonaktifkan skuter jika ada seseorang mencuri dan membawanya.

Ada lima warna ditawarkan Ujet. Tersedia pula dua desain jok yang berbeda tinggi dan kemampuan menyimpan baterai. Hebatnya lagi, motor ini mampu membaca kondisi kesehatan motor ini sendiri. Terdapat report atau statistik pemakaian dan kerja dinamo yang muncul di display speedometer digital. Motor pintar ini akan memberi sinyal bila kesehatannya ‘terganggu’, butuh perawatan, pengisian baterai, penggantian suku cadang, serta menginformasikan apakah kiranya masalah yang muncul ini butuh perlakuan khusus atau tidak. Kesemuanya ini muncul komplit di layar display speedometer digital dan panel kontrol di setang. Caranya mudah, tinggal tekan tombol menu, maka muncul semua status dan informasi lengkap kondisi motor berikut profil pemiliknya.

Dalam waktu dekat, Ujet akan dipasarkan di wilayah Eropa terlebih dahulu, lalu berlanjut Amerika Serikat, dan menyusul wilayah Asia pada kwartal kedua 2018. Lalu, kira-kira berapa harga Ujet ini? Pembuatnya sudah memberi bocoran resmi. Ujet dengan baterai ukuran baterai terkecil dijual hampir Rp 120 juta-an. Sedangkan untuk versi baterai besar, dimahar sekitar Rp 130 juta-an. Masih berminat?

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Gears

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *