Home Otomotif Motorsport Uji Coba Prototype Xpander AP4 Berjalan Sukses di Kejurnas Sprint Rally Putaran 1

Uji Coba Prototype Xpander AP4 Berjalan Sukses di Kejurnas Sprint Rally Putaran 1

4 min read

Prototype Mitsubishi Xpander AP4 telah sukses diuji coba dalam ajang Kejurnas Sprint Rally putaran pertama dan mampu melewati berbagai tantangan medan meski bodinya yang terhitung besar.

Drive and Hype – Ajang Kejurnas Sprint Rally putaran pertama yang digelar pada Sabtu dan Minggu, 7-8 Spetember 2019 lalu di sirkuit Tembong Jaya, Serang, Banten tak hanya menjadi ajang balap biasa, melainkan juga menjadi momen dimana prototype Mitsubishi Xpander AP4 diuji coba. Momen uji coba ini merupakan kerja sama antara XRT dengan RFT Motorsport demi melakukan riset dan pengembangan terhadap komponen balap yang akan digunakan pada Mitsubishi XPANDER AP4 sesungguhnya. Adapun komponen-komponen tersebut diuji coba langsung oleh Manajer XRT, Julian Johan, yang juga dikenal sebagai pereli Tanah Air. Ia dinavigatori oleh Recky Resanto.

Jeje, sapaan akrab Julian, memberikan komentar terkait hasil uji coba prototype XPANDER AP4. “Pertama yang kami tes adalah body kit dan kami sudah mendapatkan input yang bagus. Kami sudah mengetahui ground clearance dari desain body kit XPANDER AP4 ini sudah optimal sehingga tidak ada masalah,” terang Jeje.

Selanjutnya yang menjadi bahan uji coba adalah urusan aerodinamika yang dinilai Jeje juga sudah optimal. Down force yang dirasakan dari sayap belakang sudah cukup memberikan traksi yang maksimal untuk mobil XPANDER AP4.

Jeje bersama navigatornya Recky juga melakukan pengetesan terhadap ukuran bodi XPANDER AP4. “Banyak yang mengira mobil ini terlalu besar sehingga mempertanyakan kecocokannya untuk digunakan di reli. Saya sudah melakukan testing dan hasilnya sangat postiif. Di trek Tembong Jaya, Serang yang obstacle-nya sangat lengkap saja; di mana ada bagian yang sangat sempit, XPANDER AP4 tetap dapat melewatinya dengan baik sehingga mobil ini dari segi ukuran sudah proporsional,” tambah Jeje.

Rifat selaku penggawa utama XRT melanjutkan, “Dengan dilakukannya uji coba tahap satu 1, harapannya adalah agar semua komponen yang sudah terasa tepat dapat segera dicocokkan dengan kendaraan sesungguhnya sebelum dikirim dari Ralliart Selandia Baru menuju Indonesia agar dapat mengikuti kompetisi.”

Untuk selanjutnya, XRT masih akan melakukan uji coba terhadap prototype XPANDER AP4 di Kejurnas Sprint Rally putaran 2, Meikarta, Bekasi yang berbasis aspal. “Masih ada satu uji coba lagi yang perlu kami lalui. Setelah sukses uji coba di tanah, kami akan bawa prototype XPANDER AP4 ini untuk di jalan aspal. Baru setelah itu kami benar-benar mendapatkan feedback yang maksimal,” pungkas Rifat.

Load More Related Articles
Load More By Titis Wasilia
Load More In Motorsport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *