Home Otomotif Modifikasi Velg Khusus Porsche 911

Velg Khusus Porsche 911

3 min read

Velg yang terbuat dari bahan karbon.

Porsche menawarkan velg ringan khusus yang telah mengantomgi teknologi braided carbon fibre. Sekarang velg ini tersedia sebagai pilihan untuk Porsche 911 Turbo S Exclusive Series. Menurut Pabrikan, carbon tersebut dapat sepenuhnya memiliki kekuatan 20% yang lebih baik dari varian regular. Secara keseluruhan, velg ini berbobot sekitar 8,5 kilogram.

Dengan bobot yang berkurang, roda dapat berputar di atas permukaan jalan lebih baik dan velg ini juga dioptimalkan untuk menyalurkan energi longitudinal dan lateral. Dengan massa perputaran lebih rendah, artinya respon ban akan meningkat, baik saat melaju cepat ataupun pada saat mengerem. Hal ini kata Porsche membuat kenikmatan dan dinamika berkendara meningkat.

Velg ini diproduksi seluruhnya dari Carbon Fibre Reinforced Polymer (CFRP) yang terrdiri dari dua komponen. Pertama, bagian tengah velg terbuat dari serat karbon. Hal ini melibatkan pemotongan dan perakitan lebih dari 200 komponen individual. Komponen kedua adalah rim base yang terbuat dari carbon fibre yang di rajut (braided) dengan carbon fibre braiding machine terbesar di dunia, berupa diameter sekitar sembilan meter.

Bagian tengah velg kemudian di rajut pada rim base. Velg yang telah dirakit kemudian dipadatkan dengan resin dan dikeraskan dalam tekanan dan suhu yang tinggi. Velg yang telah selesai dikeraskan pada suhu tinggi tersebut kemudian dilanjutkan ke proses pendinginan dengan durasi yang lama. Sebagai sentuhan akhir, vernis bening dilaburkan agar tampilan semakin menarik.

Sekadar untuk diketahui, velg karbon terbaru ini terbuat dari serat karbon sepanjang 18 kilometer atau setara dengan carbon fibre fabric seluas delapan meter persegi. Rencananya akan tersedia pada awal 2018, velg karbon ini akan tersedia sebagai pilihan untuk 911 Turbo S Exclusive Series dalam dimensi 9 J x 20 untuk roda depan dan 11,5 J x 20 untuk roda belakang.

Load More Related Articles
Load More By Octo Budhiarto
Load More In Modifikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *