Home Otomotif Motorsport Wakili Indonesia, Rifat Sungkar Siap Berkompetisi di Ajang Reli Selandia Baru

Wakili Indonesia, Rifat Sungkar Siap Berkompetisi di Ajang Reli Selandia Baru

3 min read

Setelah vakum cukup lama dari dunia balap reli, Rifat Sungkar akhirnya kembali ke lintasan bersama dengan Xpander Rally Team untuk mewakili Indonesia di ajang NZRC Goldrush Rally of Coromanderl 2019 yang digelar di Selandia Baru.

Drive and Hype – Kembali mewakili Indonesia di ajang reli Internasional, Rifat Sungkar sedang bersiap diri untuk berkompetisi dalam NZRC Goldrush Rally of Coromandel yang akan digelar di Moewai Park, Selandia Baru. Bersama Xpander Rally Team, Rifat Sungkar akan beraksi tepat di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019 mendatang.

Keikutsertaan Rifat Sungkar dalam ajang balap reli di Selandia Baru ini merupakan comeback-nya sebagai atlet reli tanah air sejak terakhir kali pada tahun 2013 silam di Amerika. “Ini merupakan kali pertamanya saya mengikuti ajang internasional setelah terakhir di tahun 2013. Bertepatan pula dengan HUT RI ke-74 saya rasa ini adalah waktu yang tepat untuk kembali membuktikan kualitas Indonesia di mata dunia,” ungkap Rifat.

Kendati kompetisi baru akan dimulai pada tanggal 17 Agustus mendatang, Rifat bersama Xpander Rally Team harus bertolak ke Selandia Baru lebih cepat pada 11 Agustus untuk mengecek kondisi serta melakukan penelitian dan pengembangan tahap akhir terhadap mobil Xpander AP4 yang akan digunakan.

Xpander AP4 sendiri adalah mobil MPV pertama yang digunakan di ajang reli. Konstruksinya pun berbeda dengan mobil-mobil AP4 pada umumnya yang berbasis mobil hatchback. “Secara dimensi, struktur suspensi, rasio girboks, hingga aerodinamikanya merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan demi menunjang keselamatan—sebagai faktor terpenting di dalam kancah olahraga otomotif.”ujar Rifat.

Xpander Rally Team pun telah menyiapkan rencana cadangan apabila ternyata mereka membutuhkan waktu yang lebih lama untuk meneliti serta mengembangkan mobil AP4 untuk berlaga dalam ajang ini. Sementara itu, persiapan juga dilakukan oleh navigator M. Redwan yang di ajang reli Selandia Baru ini merupakan kali pertama ia terjun di ajang internasional. “Konsentrasi sangat dibutuhkan karena pacenote yang digunakan sangat berbeda dengan off-road dan sprint rally yang sudah sering saya jalani. Di reli Selandia Baru ini, saya mempersiapkan banyak hal terutama melakukan penyesuaian dengan pacenote yang lebih kompleks dan juga iklim dingin,” pungkas Redwan

 

 

Load More Related Articles
Load More By Titis Wasilia
Load More In Motorsport

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *